6 Permainan Seru untuk Keluarga yang Bisa Dicoba saat Lebaran

Sabtu, 15 April 2023 - 13:05 WIB
loading...
6 Permainan Seru untuk Keluarga yang Bisa Dicoba saat Lebaran
Beberapa ide permainan seru bisa dicoba saat kumpul keluarga kala Lebaran. Foto/Jack Hollingsworth, Photodisc, Getty Images
A A A
JAKARTA - Setidaknya ada lima ide permainan keluarga yang bisa dicoba saat perayaan Lebaran tiba. Permainan ini bisa menjadi opsi untuk dimainkan apabila ingin suasana Lebaran menjadi lebih meriah.

Saat ini, anak-anak yang berkumpul biasanya hanya suka bermain gim di gawai saja. Nah, acara kumpul bersama saat Lebaran bisa menjadi ajang mendekatkan diri bersama keluarga dengan melakukan permainan yang seru.

Berikut ini enam permainan keluarga yang bisa dimainkan saat Lebaran.



1. Menggulingkan Botol demi Mendapatkan Uang/Hadiah

6 Permainan Seru untuk Keluarga yang Bisa Dicoba saat Lebaran

Foto: Dok. pribadi

Permainan ini mudah dijalankan, tapi untuk mendapatkan hadiahnya bisa dibilang sulit. Inilah yang akan membuat permainannya jadi seru dan mengundang gelak tawa.

Cara menjalankan permainan ini adalah dengan menderetkan uang kertas, misalnya dengan membuat 10-15 kolom dan 3-4 baris uang. Nilai uangnya harus dibuat berbeda-beda, misalnya dari Rp2000 hingga Rp100 ribu.

Setelah uang disusun berdasarkan kolom dan baris tersebut, peserta diminta menggulingkan botol dari jarak tertentu.Jika botolnya berhenti di lembar uang tertentu, maka uang tersebut akan menjadi milik peserta itu. Kelucuan akan muncul jika botol bergerak melenceng dari posisi uang-uang tersebut.

2. Tebak Istilah Keluarga atau yang Lainnya

6 Permainan Seru untuk Keluarga yang Bisa Dicoba saat Lebaran

Foto: pngtree

Agar bisa lebih mengenal silsilah keluarga besar kamu, permainan tebak istilah keluarga ini bisa dicoba saat berkumpul dengan sanak saudara. Hanya bermodalkan pulpen dan kertas yang bertuliskan urutan keluarga, permainan ini bisa langsung dicoba.

Setiap orang yang berhasil menebak nama dan urutannya, dialah yang akan mendapatkan satu poin. Bagi yang berhasil mengumpulkan poin paling banyak, bisa diberikan hadiah.

Selain silsilah keluarga, tebak-tebakan ini juga bisa diganti dengan tema yang lain. Misalnya temanya peribahasa, lalu ada satu orang yang memberikan petunjuk lewat gerakan tubuh tanpa suara. Nantinya para peserta harus menebak peribahasa yang dimaksud berdasarkan petunjuk gerak tubuh itu.

3. Monopoli dan Sejenisnya

6 Permainan Seru untuk Keluarga yang Bisa Dicoba saat Lebaran

Foto: Shutterstock

Permainan monopoli, ular tangga, atau ludo menjadi ide yang menarik untuk dimainkan bersama keluarga. Sebab permainan ini sudah banyak yang mengenalnya dan bisa dimainkan oleh banyak orang.

Selain sebagai upaya merekatkan silaturahmi dengan keluarga, permainan monopoli bisa menjadi bahan edukasi bagi anak-anak karena dapat mengajarkan si kecil dalam mengatur keuangan.

4. Main Kartu

6 Permainan Seru untuk Keluarga yang Bisa Dicoba saat Lebaran

Foto:Meg MacDonald/The Spruce

Melakukan permainan kartu seperti UNO juga termasuk permainan yang populer dan bisa dimainkan oleh keluarga. Sebab permainan ini dapat dimainkan 2-10 orang, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Selain memiliki peraturan yang mudah, permainan kartu juga dapat mengasah kemampuan kognitif hingga mengasah ketajaman analisis otak.

5. Jenga

6 Permainan Seru untuk Keluarga yang Bisa Dicoba saat Lebaran

Foto: iStockphoto

Permainan penyusunan balok seperti jenga juga bisa menjadi alternatif ketika ingin mencoba sebuah permainan keluarga saat Lebaran tiba. Jenga menjadi permainan untuk mengasah kemampuan fisik, mental, dan juga strategi.

Cara bermain jenga hanyalah mengambil balok yang paling bawah dan diletakkan kembali di bagian yang paling atas. Apabila yang menjatuhkan tumpukan balok tersebut, dia jadi pihak yang kalah dalam permainan ini.


6. Membuat Album Keluarga

6 Permainan Seru untuk Keluarga yang Bisa Dicoba saat Lebaran

Foto: Martha Steward

Mengumpulkan foto keluarga dan menjadikan sebuah album juga menjadi salah satu hal yang menarik untuk dicoba. Terbaru, tren penyusunan foto menjadi scrapbook atau scrapframe juga bisa menjadi opsinya.

Meskipun pembuatan album ini sedikit lebih sulit, akan terasa lebih mudah jika saling membantu dan menyusun bersama dengan keluarga kamu.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2014 seconds (0.1#10.140)