Gegara Fans Toksik, 10 Film Populer Ini Jadi Kurang Asyik

Selasa, 28 Maret 2023 - 10:55 WIB
loading...
Gegara Fans Toksik, 10 Film Populer Ini Jadi Kurang Asyik
Kadang, orang membenci sebuah film bukan karena filmnya itu sendiri, tapi karena penggemarnya. Para penggemar toksik ini bikin orang jadi malas menonton film. (Foto: The Atlantic)
A A A
Setiap film populer akan mendatangkan penggemar baru. Meskipun ini bagus bagi film tersebut, kehadiran penggemar itu juga menimbulkan masalah tersendiri. Para penggemar berat atau obsesif cenderung toksik dan membuat orang lain jadi alergi pada film tersebut.

Faktanya, sejumlah film jadi begitu bersinonim dengan fandom toksik mereka sehingga orang lain jadi malas untuk menonton film tersebut. Kehadiran mereka sering tidak membuat nyaman dan aktivitas menonton pun jadi kurang asyik. Padahal, film itu seharusnya menghibur dan tidak bikin beban.

Para penggemar toksik ini kebanyakan antikritik dan merasa merekalah “pemilik” film itu. Sejumlah fandom dikenal sangat suka spoiler dan itu tentu bikin jengkel orang lain. Mereka juga tak jarang berusaha mempengaruhi orang lain dengan obsesi toksik mereka ini. Film apa saja yang jadi kurang asyik karena perilaku penggemar toksik? Mengutip MovieWeb, simak ulasannya berikut!



10. Twilight — 2008

Gegara Fans Toksik, 10 Film Populer Ini Jadi Kurang Asyik

Foto: IMDb

Sutradara: Catherine Hardwicke
Pemain: Robert Pattinson, Kristen Stewart, Taylor Lautner, dll
Tayang: Netflix

Twilight diangkat dari novel karya Stephanie Meyer dan berkisah tentang seorang siswi SMA bernama Belle yang harus beradaptasi dengan kehidupan kota kecil. Dia lalu bertemu vampir bernama Edward. Vampir itu lantas memperkenalkan Belle ke dunia bawah tanah makhluk supranatural itu. Twilight pun segera populer dan menarik banyak penggemar baru. Sayang, banyak penggemar baru itu yang memperkuat elemen toksik fan base.

Twilight menjadi fandom online utama, dengan banyak penggemar mengangap detail cerita itu dengan sangat serius. Ada grup penggemar yang terpecah karena karakter yang mereka inginkan jadian dengan Belle. Mereka juga selalu menolak kritikan dari penonton film itu. Para penggemar obsesif itu dikenal sebagai Twihards yang menyebabkan perpecahan di antara penggemar film itu. Penggemar ini juga menyebabkan orang jadi benci pada serial itu.

9. Star Wars: Episode 1 - The Phantom Menace — 1999

Gegara Fans Toksik, 10 Film Populer Ini Jadi Kurang Asyik

Foto: SciFiNow

Sutradara: George Lucas
Pemain: Ewan McGregor, Liam Neeson, Nathalie Portman, dll
Tayang: Disney+ Hotstar

Stars Wars: Episode 1 - The Phantom Menace adalah film pertama dari trilogi prekuel Star Wars. Film ini punya ekspektasi tinggi dari penggemar sebagai film pertama Star Wars yang dirilis sejak 1983. Dengan tingginya harapan ini, maka kekecewaan ketika film itu tidak memenuhi harapan itu pun tidak terhindarkan. Film itu adalah titik balik ketika fandom Star Wars terpecah dengan bagaimana menanggapi serial itu.

Banyak keputusan pembuatan film, seperti mengandalkan CGI dan memasukkan elemen lebih ramah anak, tidak diterima baik oleh penggemar. Mereka pun melancarkan perang terhadap film baru Star Wars di online selama memungkinkan. Sementara banyak poin penggemar ini sah, faktanya pengaruh penggemar ini membayangi film itu, yang sering membuatnya menjadi film terjelek Star Wars.

8. Fight Club — 1999

Gegara Fans Toksik, 10 Film Populer Ini Jadi Kurang Asyik

Foto: The Ringer

Sutradara: David Fincher
Pemain: Brad Pitt, Edward Norton, dll
Tayang: Disney+ Hotstar

Fight Club mengisahkan tentang seorang pegawai kantoran stres yang membentuk klub bertarung dengan rekan sekerjanya demi merasakan kesenangan dalam hidupnya. Setelah beberapa saat, terungkap kalau banyak peristiwa di film itu hanya terjadi di kepala sang protagonis, yang menyebabkan film itu menyelam ke wilayah surreal. Awalnya, film itu tidak laku di bioskop. Tapi, berkat penjualan DVD, film itu segera populer.

Terlepas dari sifat komedi gelapnya dan tema memabukkan, banyak penggemar melewatkan tema utama film itu dan menerima elemen parodi hyper-masculine di film itu. Banyak penggemar baru beresonasi pada desakan bagi pria untuk bertarung yang dicela di film ini. Ini menyebabkan banyak penggemar merangkul pesan berseberangan film itu. Penggemar ini sering mengutip dialog dari film itu dan mencederai persepsi film itu kepada orang lain.

7. Harry Potter and the Sorcerer's Stone — 2001

Gegara Fans Toksik, 10 Film Populer Ini Jadi Kurang Asyik

Foto: Academy Museum

Sutradara: Chris Columbus
Pemain: Daniel Radcliffe, Emma Watson, Rupert Grint, Alan Rickman, dll
Tayang: HBO Go

Harry Potter and the Sorcerer’s Stone adalah film pertama dari franchise Harry Potter. Film ini mengikuti kisah seorang bocah bernama Harry Potter yang menemukan dunia ajaib Penyihir dan takdirnya. Film ini menjadi sukses besar dan merevolusi pop culture di seluruh dunia.

Dengan banyaknya penggemar baru, maka muncullah masalah. Sejumlah penggemar film ini akan membocorkan film itu kepada orang yang belum menontonnya. Terutama, dalam kasus sekuelnya. Ada video populer yang memperlihatkan orang pergi ke toko buku dan meneriakkan bocoran novel itu kepada orang-orang yang sedang mengantre.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1868 seconds (0.1#10.140)