CERMIN: Detektif, Tersangka, dan Obsesi di Antara Keduanya

Sabtu, 18 Maret 2023 - 07:19 WIB
loading...
A A A
Pandangannya kabur, penilaiannya semakin tak adil. Dan Seo-rae tahu dan memanfaatkan itu. Kita sebagai penonton sekali lagi dikejutkan dengan apa yang sesungguhnya menjadi inti pembicaraan Chan-wook kali ini. Karena ini bukan sekadar kisah cinta penuh obsesi dan nafsu.

Saya menyukai film Korea sejak menyaksikan Oasiskarya Lee Chang-dong di Jakarta International Film Festival(JIFFest) pada 2004. Waktu itu bahkan Chang-dong datang dan menjadi tamu istimewa dan berbagi pengalaman seputar kebangkitan sinema Korea. Seperti Decision to Leave, Oasisjuga tak bicara hal-hal besar.

Ia 'hanya' bercerita tentang cinta di antara dua manusia, si laki-laki ber-IQ rendah dan si perempuan penderita cerebral palsy. Lewat bahasa sinema, cinta itu diterjemahkan dengan menarik, memukau, dan mengelus hati.



Melalui film-film seperti Oasis, Parasite,hingga Decision to Leave, kita masih perlu belajar banyak hal dari sinema Korea Selatan tentang cara bercerita yang khas. Sebuah cerita boleh saja sederhana, tapi di tangan pencerita yang brilian, ia masih tetap bisa memukau.

Seperti Decision to Leaveyang sejatinya adalah kisah cinta nan tragis, tapi masih bisa dituturkan dari sudut pandang menarik dan berlapis-lapis oleh Chan-wook.


DECISION TO LEAVE
Produser: Park Chan-wook, Ko Dae-seok
Sutradara: Park Chan-wook
Penulis Skenario: Park Chan-wook, Chung Seo-kyung
Pemain: Park Hae-il, Tang Wei, Lee Jung-hyun


Ichwan Persada
Sutradara/produser/penulis skenario, pernah menjadi dosen di Universitas Padjajaran dan SAE Institute
(ita)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1416 seconds (0.1#10.140)