CERMIN: Detektif, Tersangka, dan Obsesi di Antara Keduanya

Sabtu, 18 Maret 2023 - 07:19 WIB
loading...
CERMIN: Detektif, Tersangka, dan Obsesi di Antara Keduanya
Decision to Leave adalah kisah cinta berbalut misteri antara seorang detektif dan tersangka dari kasus yang ditanganinya. Foto/CJ Entertainment
A A A
JAKARTA - Tahun 1962. Untuk pertama kalinya Korea Selatan mengirim film secara resmi ke Academy Awards dan butuh 57 tahun hingga akhirnya film dari Negeri Ginseng itu berhasil meraih penghargaan tertinggi dalam industri film, Piala Oscar.

Dalam penyelenggaraan Academy Awards yang ke-35, Korea Selatan untuk pertama kalinya mengirim film berjudul My Mother and the Roomerkarya Shin Sang-Ok. Filmnya bercerita tentang seorang seniman dari Seoul yang mengunjungi janda almarhum temannya di pedesaan.

Hubungan antara istri teman, ibunya, dan si seniman digambarkan dengan mengacu pada kekhawatiran mereka tentang ketidaksetujuan sosial. Setelah tahun 2000, Korea Selatan mengirimkan film secara rutin setiap tahunnya ke Academy Awards untuk berkompetisi dalam kategori Best International Feature Film.

Barulah pada 2018 atau 56 tahun sejak pengiriman pertama, Korea Selatan berhasil masuk dalam daftar pendek. Setahun setelahnya Parasitemembuat sejarah dengan menjadi film Korea Selatan pertama yang didaulat sebagai Film Terbaik Academy Awards.

Decision to Leavemencoba meneruskan tradisi tersebut. Meski hanya berhasil sampai pada daftar pendek Academy Awards, setidaknya karya Park Chan-wook tersebut kembali mengukuhkan kecemerlangan sinema Korea Selatan. Decision to Leaveberjaya di Cannes Film Festival, Critics Choice Awards, Golden Globe, dan BAFTA Awards.

CERMIN: Detektif, Tersangka, dan Obsesi di Antara Keduanya

Foto: CJ Entertainment

Dalam beberapa tahun terakhir, kita diserbu budaya populer dari Korea Selatan dengan sangat agresif. Dari musik, kuliner, hingga film. Dari BTS, restoran Korea yang merajalela, hingga film/drama Korea yang membius. Penyerbuan itu terkalkulasi dan direncanakan dengan matang. Butuh waktu puluhan tahun dan dengan kesabaran dan kesungguhan hingga akhirnya sukses itu datang.

Decision to Leaveyang bisa ditonton di Vidio ini menyajikan sinema Korea yang khas. Drama sederhana, tak neko-neko tapi dibalut dengan penceritaan matang dan pendekatan menarik. Jika biasanya kita menyaksikan crime thriller yang berfokus pada upaya pengungkapan tersangka, maka di sini Chan-wook mengajak kita memasuki labirin obsesi berbalut nafsu dari tokoh utamanya, Hae-joon.



Ia adalah seorang polisi yang bertugas sebagai detektif yang mengungkap kasus pembunuhan. Ketelatenannya mengagumkan, kesabarannya mengungkap fakta demi fakta tak tertandingi hingga ia berurusan dengan satu hal yang ia kenali tapi selalu datang tak terduga: CINTA.

Maka urusan mengungkap sebuah kasus yang diyakini sebagai pembunuhan, bukannya bunuh diri, malah menjadi pelik. Dan tak sesederhana yang dibayangkannya. Hae-joon membiarkan dirinya masuk ke dalam sarang' milik Seo-rae, si tersangka.

Ia adalah seorang perempuan cantik yang berprofesi sebagai perawat yang welas asih. Tapi ia juga istri yang tersakiti, yang sering menerima pukulan demi pukulan dari suaminya. Hingga suaminya meninggal terjatuh dari ketinggian ketika sedang mendaki bukit.

CERMIN: Detektif, Tersangka, dan Obsesi di Antara Keduanya

Foto: CJ Entertainment

Hae-joon melakukan kewajibannya sebagai detektif dengan penuh integritas. Ia berpatokan pada pakem yang berlaku dalam banyak kasus: biasanya pada kasus pembunuhan, tersangka adalah orang terdekat.

Dalam serial The Staircaseyang tayang di HBO Go, ketika sang istri meregang nyawa di dekat tangga, maka polisi memutuskan bahwa tersangka utama adalah sang suami, Michael Peterson. Ia justru menjadi orang yang melaporkan bahwa istrinya mengalami kecelakaan di rumahnya sendiri.

Tapi Decision to Leavetak sesederhana itu. Karena ketika cinta terlibat, semuanya kadang menjadi kabur dan rumit. Hae-joon yang mati-matian membuat teori demi teori tentang Seo-rae sebagai tersangka justru membiarkan dirinya terlibat dalam permainan berbahaya.

Ia terperangkap di dalamnya dan nyaris tak bisa keluar. Hingga ia memutuskan untuk memulai karier dan hidupnya di kota baru.

Hae-joon pun menjadi tak bahagia karenanya. Ia susah tidur. Hidupnya tak bergairah. Hingga Seo-rae masuk kembali ke dalam kehidupannya, juga melalui kasus pembunuhan.

Kali ini suaminya ditemukan tergeletak tak bernyawa di dasar kolam renang yang sudah dikuras. Hae-joon tak percaya dengan kebetulan. Tapi ia masih tak bisa keluar dari lingkaran obsesi dan nafsunya kepada perempuan itu.

CERMIN: Detektif, Tersangka, dan Obsesi di Antara Keduanya

Foto:CJ Entertainment
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6225 seconds (0.1#10.140)