Sukses Berkarier pada Usia Muda, Apa Modalnya?

Sabtu, 18 Juli 2020 - 08:59 WIB
loading...
A A A
"Walaupun kita kerjanya individu, tapi dalam perusahaan, kita juga pasti akan dihadapkan dengan situasi yang melibatkan banyak orang seperti ketemu klien, kerja sama proyek, dan lainnya," jelasnya.

Sukses Berkarier pada Usia Muda, Apa Modalnya?

Foto:Pressmaster/Fotolia

Saat ditanya tentang cara yang tepat untuk mengasah keterampilan nonteknis, Elvita bilang bahwa dia ikut banyak kegiatan sejak masih kuliah.

Mulai dari bergabung di beberapa komunitas, diskusi, sampai jadi tutor. Dari kegiatan tersebut, dia jadi banyak belajar soal leadership dan public speaking.

Nah terus apa yang perlu dilakukan para fresh graduate sebelum memulai berkarier? Kata Elvira, jangan langsung mematok untukbisadapat gaji yang terlalu tinggi.

“Cari kerja itu susah. Yang penting terus upgrade diri. Niatin belajar dan cari pengalaman dulu, jangan asal apply, harus lihat kualifikasi kerjanya seperti apa dan jangan lupa untuk rajin buka portal kerja,” saran Elvira.

Sementara Ahmad menekankan perlunya keahlian beradaptasi. “Itu pada tahun-tahun awal bekerja. Ini bisa dilatih dengan sebelumnya meningkatkan kemampuan, bisa dengan magang, kursus, atau kegiatan bermanfaat lainnya,” tutup Ahmad.

GenSINDO
Indah Lutfiyati|
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
(it)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2006 seconds (0.1#10.140)