6 Kemampuan atau Skill yang Harus Dimiliki Gen Z dalam Persaingan Kerja

Senin, 13 November 2023 - 15:04 WIB
loading...
6 Kemampuan atau Skill yang Harus Dimiliki Gen Z dalam Persaingan Kerja
Gen Z membutuhkan banyak hard skill dan soft skill untuk bisa bersaing dalam dunia kerja. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Generasi Z harus memiliki kemampuan (skill) khusus untuk mencari pekerjaan dalam era persaingan yang makin ketat ini.

Oleh karena itu, sebelum memasuki dunia kerja profesional, kita harus mempersiapkan diri secara matang. Kemampun ini termasuk hard skill (keahlian teknis) maupun soft skill (kemampuan non-teknis) seperti kemampuan beradaptasi, bekerja dalam tim, dan kreativitas.

Berikut ini enam keahlian atau kemampuan yang wajib dimiliki Gen Z sebelum memasuki dunia kerja, mengutip dari Claire Madden.


1. Melek Teknologi

Era digital saat ini sangat dibutuhkan kemampuan menguasai atau melek teknologi. Poin khusus jika kamu menguasai teknologi yang sedang tren atau termutakhir. Kemampuan menguasai teknologi dapat membantu pekerjaan kita menjadi lebih efisien.

2. Kreativitas dan Berpikir Out of The Box

Agar kamu bisa memberikan ide-ide atau pemikiran yang inovatif di tempat kerja, maka kamu butuh soft skill yang membuatmu punya kreativitas. Hal ini bisa didapat dengan memperluas wawasan dalam berbagai bidang, juga melatih otak dalam berpikir.

6 Kemampuan atau Skill yang Harus Dimiliki Gen Z dalam Persaingan Kerja

Foto: iStock photo

3. Keterampilan Berkomunikasi

Keterampilan dalam berkomunikasi juga termasuk dalam soft skill. Keterampilan komunikasi yang baik tentu sangat dibutuhkan untuk membantu kamu dalam berbagai situasi. Komunikasi yang baik juga dapat membantu kamu memiliki hubungan sosial yang lebih baik dengan rekan kerja dan orang-orang di sekelilingmu.

4. Bisa Bahasa Asing

Kemampuan dalam berbahasa asing sangat penting dimiliki oleh siapa pun, termasuk Gen Z. Mempelajarinya bisa berperan dalam meningkatkan kemampuan kognitifmu.

Bahasa asing yang bisa kamu pertimbangkan untuk dipelajari misalnya adalah bahasa-bahasa resmi dalam forum internasional seperti PBB (Inggris, Mandarin, Arab, Prancis, Rusia, Spanyol). Atau bisa juga kamu mempelajari bahasa yang kini tengah tren, misalnya bahasa Korea.

5. Mudah Beradaptasi

Kembali ke kemampuan menguasai soft skill, kelihaian beradaptasi sangat dibutuhkan apalagi dalam dunia yang perubahannya semakin cepat berganti. Karena itulah, sangat penting untuk tetap mengetahui tren yang berlaku, terutama dalam bidang kerja yang kamu incar.


6. Keterampilan Belajar Mandiri

Dunia kerja profesional terkadang tidak memberikan pelatihan atau training untuk pegawai baru. Hal ini mengharuskan kita untuk bisa belajar secara mandiri agar tidak tertinggal dengan yang lainnya.

Keterampilan belajar mandiri juga dapat membantu kita dalam memupuk tanggung jawab, mengambil keputusan, berpikir kreatif dan kritis, meningkatkan percaya diri, serta mampu memecahkan masalah.

Itulah skill yang harus dimiliki oleh Gen Z, khususnya yang ingin terjun ke dunia kerja. Saat memiliki kemampuan di atas, tentunya akan menguntungkan dan membuatmu menonjol dalam dunia kerja.

MG/Vina Karlameta Suhandi
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1698 seconds (0.1#10.140)