8 Aktor Ini Mengira Film Mereka Zonk, eh, Ternyata Cuan Gede!

Kamis, 09 Maret 2023 - 10:46 WIB
loading...
8 Aktor Ini Mengira Film Mereka Zonk, eh, Ternyata Cuan Gede!
Tidak semua film populer langsung terlihat akan menjadi hit dari awal. Bahkan, aktor pemerannya tidak yakin kalau film itu akan meledak karena sejumlah faktor. (Foto: IGN Latin America)
A A A
Tidak ada formula pasti untuk membuat film sukses di Hollywood. Perbedaan antara film bagus dan jelek diputuskan banyak faktor termasuk skrip, sutradara, editing, dan pemeran yang tepat di waktu dan cara yang tepat. Tapi, pada akhirnya, penonton jugalah yang menentukannya. Bahkan, banyak film yang dari awal dikira tidak akan jadi hit, tapi malah meledak begitu tayang di bioskop.

Ketidakpastian ini berarti kalau aktor yang dikontrak untuk film-film itu jarang yang 100% yakin kalau produk akhirnya akan jadi bagus atau jelek. Faktanya, banyak aktor yang membintangi film yang mereka rasa akan jadi bencana, tapi, malah sukses. Motivasi awal mereka untuk menerima peran itu meski merasa kalau film itu akan jelek pun beragam.

Yang jelas, para aktor dan aktris ini sama sekali tidak yakin dengan film mereka berdasarkan skrip, dana, masalah di lokasi syuting, sampai ide cerita yang awalnya mereka anggap konyol. Sejumlah aktor ini bahkan skeptis sejak mereka mendapatkan skrip film tersebut. Tapi, tentu saja, mereka tidak menyangka kalau film itu malah meledak dan membuat mereka mendapatkan bayaran lumayan. Siapa saja aktor dan aktris yang tidak yakin dengan film mereka sendiri yang akhirnya jadi hit? Mengutip MovieWeb, simak ulasannya berikut ini!



8. Arnold Schwarzenegger — The Terminator

8 Aktor Ini Mengira Film Mereka Zonk, eh, Ternyata Cuan Gede!

Foto: Encyclopedia Britannia

Hanya sedikit franchise action di Hollywood yang menikmati reputasi bintang seperti serial Terminator besutan James Cameron. James membuat The Terminator pada 1984 dengan dana yang sangat minim dengan sumber daya terbatas, karena studionya pun tak yakin dengan film tersebut. James lantas membuat cerita tentang Sarah Connor, yang diburu mesin dari masa depan yang dikirim ke masa lalu untuk membunuh ibu pemimpin manusia di masa depan itu.

Film itu mengombinasikan aspek terbaik sci-fi dan tema thriller, yang dengan baik dijahir James. Tapi, pemeran antagonis film itu, Arnold Schwarzenegger benar-benar tidak yakin dengan kelangsungan hidup film itu. Bahkan, agennya pun sempat melarang Arnold mengambil peran tersebut.

Salah satu teman Arnold mengungkapkan kalau aktor itu menyebut The Terminator sebagai “film sampah” yang sedang dia kerjakan selama beberapa pekan. Arnold juga pernah mengatakan kalau awalnya, dia audisi untuk peran Kyle Reese, jagoan di film itu, tapi malah tertarik ke karakter Terminator-nya. The Terminator meraup USD78,3 juta dari dana pembuatan USD6,4 juta.

7. Keira Knightley — Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl

8 Aktor Ini Mengira Film Mereka Zonk, eh, Ternyata Cuan Gede!

Foto: People.com

Hollywood sering melihat buku, komik dan video game untuk inspirasi. Tapi, Disney melangkah lebih jauh ketika memutuskan membuat film beranggaran besar yang mengadaptasi sebuah wahana di Disneyland. Dari situ, lahirlah ide untuk Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl.

Film yang membingungkan tapi mengasyikkan itu melampaui semua ekspektasi sehingga menjadi salah satu franchise paling populer dalam sejarah Hollywood saat dirilis pada 2003. Tapi, kesuksesan The Curse of the Black Pearl tidak selalu dilihat sebagai kepastian. Faktanya, sampai saat itu, film tentang bajak laut sangat dikenal selalu gagal total di box office.

Bahkan, ketika Keira Knightley muncul di proyek itu sebagai Elizabeth Swann, dia merasa sejarah akan berulang. “Saya kira itu tidak akan berhasil. Itu film bajak laut dan mereka selalu gagal,” ucap Kiera kepada seorang temannya. Tapi, keraguannya tidak terbukti. Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl meraup USD654,3 juta di box office.

6. Richard Dreyfuss — Jaws

8 Aktor Ini Mengira Film Mereka Zonk, eh, Ternyata Cuan Gede!

Foto: NZ Herald

Sekarang, Jaws diingat tidak hanya sebagai film klasik, tapi kepingan penting dalam sejarah Hollywood. Film ini sering diakreditasi sebagai pencetus tren blockbuster musim panas Hollywood. Kepiawaian sutradara Steven Spielberg bertanggung jawab dalam membuat film tentang serangan hiu itu dengan sangat minim kehadiran hiu betulan di film itu menjadi salah satu film paling emosional dan menegangkan.

Sementara hiu mistis itu menjadi bintang utama film ini, proyek itu juga menampilkan bintang aktor manusia. Namun, tidak semua aktor itu yakin kalau Jaws bakal jadi sesuatu yang istimewa. Richard Dreyfuss mengakui kalau dia tidak melihat adanya keistimewaan itu ketika sedang syuting.

“Semua orang merasa kalau mereka menemukan emas (dengan Jaws). Dan saya bilang, ‘Apa yang kalian bicarakan? Ini cuma film kecil,” kata Richard. Namun, pasar berkata lain. Film itu meraup USD476,5 juta dari anggaran Rp9 juta ketika dirilis pada 1975.

5. Betsy Palmer — Friday the 13th

8 Aktor Ini Mengira Film Mereka Zonk, eh, Ternyata Cuan Gede!

Foto: Friday the 13th Wiki – Fandom

Genre horor slasher sering diremehkan kritikus dan penonton Hollywood. Tapi, genre ini sudah memberikan sejumlah film paling diingat dalam sejarah film. Salah satunya adalah Friday the 13th yang dirilis pada 1980.

Film itu diingat sebagai film yang memperkenalkan pembunuh pengunus golok, Jason Voorhees. Tapi, Jason hanya pernah disebut di film itu dalam masa lampau, dan penjahat sebenanrya adalah ibu Jason, Pamela. Karakter itu diperankan aktris veteran Betsy Palmer. Motivasinya mengambil peran itu adalah ingin membeli mobil baru.

“Skripnya datang dan saya membacanya, lalu saya bilang ‘Jelek banget.’ Tidak akan ada orang yang mau menonton ini. Film itu akan datang dan segera pergi,” ujar dia. Tapi, Betsy salah. Film yang dibuat dengan dana USD650.000 itu meraup USD59,8 juta. Cukup untuk Betsy membeli mobil baru.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4204 seconds (0.1#10.140)