8 Film Marvel di MCU Paling Enggak Perlu Ditonton, Skip Saja!

Jum'at, 03 Maret 2023 - 11:08 WIB
loading...
8 Film Marvel di MCU Paling Enggak Perlu Ditonton, Skip Saja!
Dengan 31 film yang sudah dirilis, tidak semua film di Marvel Cinematic Universe (MCU) ini perlu ditonton demi memahami cerita utuhnya. Ada yang bisa di-skip. (Foto: Marvel.com)
A A A
Hingga saat ini, Marvel Cinematic Universe (MCU) telah berjalan lebih dari 15 tahun sejak diperkenalkan pada 2008. Franchise ini total telah punya 31 film dengan 8 serial televisi—di luar serial Marvel yang tayang di Netflix atau ABC. Masing-masing film dan serial itu punya kaitan satu sama lain di sepanjang 5 fase yang dijalaninya.

Dengan demikian, banyak yang bisa dieksplorasi di semesta yang terus berkembang ini. Fase 5 baru saja dimulai dengan Ant-Man and the Wasp: Quantumania. Semesta Marvel pun akan terus berkembang dengan perkenalan karakter baru dan juga benang merah yang terus berlanjut.

Dengan banyaknya karakter, lini cerita, dan lini masa di MCU, banyak yang merasa ingin menonton ulang film-film MCU demi mengingat detail penting dan bersiap untuk film atau seri berikutnya. Tapi, menonton 31 film secara berurutan itu tentu butuh waktu dan juga tenaga. Meski begitu, tidak semua film itu harus ditonton demi memahami lebih banyak tentang MCU atau cerita yang akan ditampilkan.

Faktanya, sejumlah film MCU tidak punya kontribusi besar terhadap keseluruhan franchise itu. Sejumlah elemen di film itu juga diperkenalkan lagi di film selanjutnya. Jadi, tanpa harus menonton film aslinya pun, penonton pastinya akan tetap paham apa ceritanya. Jadi, film MCU apa saja yang tidak perlu ditonton? Simak ulasannya berikut ini!



8. Ant-Man

8 Film Marvel di MCU Paling Enggak Perlu Ditonton, Skip Saja!

Foto: British GQ

Sementara Scott Lang kali pertama diperkenalkan di film ini, dia kemudian tampil di Captain America: Civil War. Ant-Man mengungkap informasi tentang latar belakang hidup Scott dan bagaimana dia mendapatkan kostum Ant-Man. Ini menjadikan Ant-Man sebagai film yang menghibur. Tapi, ini kembali diceritakan di Civil War.

Meski begitu, Ant-Man memperkenalkan elemen seperti Dunia Kuantum, yang jadi penting di MCU. Meski begitu, pentingnya Dunia Kuantum kembali didetailkan di Ant-Man and the Wasp. Jadi, penonton bisa punya pemahaman lebih kokoh tentang dunia itu untuk film selanjutnya di MCU. Ant-Man bisa ditonton di Disney+ Hotstar.

7. Thor: The Dark World

8 Film Marvel di MCU Paling Enggak Perlu Ditonton, Skip Saja!

Foto: USA Today

Aspek paling penting Thor: The Dark World adalah memperkenalkan Batu Realitas dan kemampuannya. Batu Realitas jelas menjadi pemain integral dalam rencana Thanos di MCU. Tapi, batu itu muncul lagi di film lain. Ibu Thor, Frigga, tewas di film ini. Tapi, kematiannya diperlihatkan lagi di film lain. Film ini juga mempertemukan lagi Thor dan Jane Foster. Tapi, keduanya putus di antara film ini dan Avengers: Age of Ultron, jadi reuni mereka ini nyaris tidak ada artinya.

Thor melawan Peri Hitam, ras makhluk ajaib yang ingin menenggelamkan semesta ke kegelapan. Tapi, perang atau Peri Hitam itu tidak pernah disinggung lagi di MCU. Jane diseret ke lubang cacing ketika menginvestigasi anomali yang sama ke yang membawa Thor ke bumi. Tapi, ini tidak terkait apa pun di MCU, terutama dengan mempertimbangkan kalau Jane tidak lagi terlihat di MCU selama 9 tahun. Thor: The Dark World bisa ditonton di Disney+ Hotstar.

6. Spider-Man: Homecoming

8 Film Marvel di MCU Paling Enggak Perlu Ditonton, Skip Saja!

Foto: The Guardian

Spider-Man adalah karakter yang disukai penggemar Marvel, entah sudah berapa banyak aktor yang menggambarkannya di layar lebar. Siapa pun yang suka Spidey mungkin akan menonton film apa pun yang menampilkannya. Meski begitu, Spider-Man: Homecoming tidak perlu ditonton demi memahami keseluruhan cerita yang berusaha disampaikan MCU.

Peter Parker alias Spider-Man versi MCU kali pertama diperkenalkan di Captain America: Civil War. Dari perkenalan itu, diindikasikan kalau dia sudah menjadi superhero. Fondasi untuk hubungan guru dan murid antara Tony Stark dan Peter juga dibangun dengan baik dan diperluas di Homecoming. Busur karakter Peter tidak benar-benar maju sampai Spider-Man: Far from Home. Film itu terjadi setelah peristiwa jentikan jari Thanos dan Peter kehilangan Tony. Itulah di mana Peter mulai benar-benar tumbuh ke persona superhero-nya karena hidupnya dan kehilangannya. Spider-Man: Homecoming bisa ditonton di Disney+ Hotstar.

5. Doctor Strange

8 Film Marvel di MCU Paling Enggak Perlu Ditonton, Skip Saja!

Foto: Entertainment Weekly

Dokter bedah kelas dunia, Stephen Strange, harus menghadapi kenyataan kehilangan fungsi tangannya setelah mengalami kecelakaan mobil. Dia kemudian meminta bantuan kepada sekelompok orang misterius yang bisa sihir di Kamar-Taj untuk menyembuhkan dirinya setelah pengobatan modern gagal. Tapi, dia malah belajar menguasai sihir kuat dan harus memutuskan apakah dia mauh kembali ke kehidupan lamanya atau membela semesta sebagai penyihir kuat.

Itulah yang harus diketahui orang tentang Doctor Strange demi memahami karakternya di MCU. Itu adalah film pertama yang menampilkan Batu Waktu, tapi batu itu akan muncul lagi di film lain. Kemampuan sihir Strange dieksplorasi lebih lanjut di Infinity War. Bisa dikatakan, karakternya jadi lebih penting di film itu ketimbang di filmnya sendiri. Film keduanyalah, Doctor Strange in the Multiverse of Madness yang menjadi bagian integral MCU. Doctor Strange bisa ditonton di Disney+ Hotstar.

4. Captain Marvel

8 Film Marvel di MCU Paling Enggak Perlu Ditonton, Skip Saja!

Foto: The New York Times

Captain Marvel adalah entri yang menghibur dan memperkenalkan audiens kepada Carol Danvers yang keren. Ini juga menjadi film pertama MCU dengan karakter utama cewek. Film ini mengisahkan Nick Fury sebelum SHIELD menjadi organisasi besar. Selain itu, film itu juga mengisahkan bagaimana matanya terluka. Tapi, film itu tidak punya hubungan dekat dengan film lain MCU.

Carol muncul lagi di Avengers: Endgame, di mana kekuatan uniknya penting dalam melawan Thanos. Meski Carol menerima kekuatannya lewat Tesseract, kaitannya dengan Tesseract tidak punya korelasi dengan film lain yang juga menampilkan batu itu. Aspek paling penting film ini yang membangun kaitan langsung dengan MCU adalah konfirmasi keberadaan Skrull di MCU. Captain Marvel bisa ditonton di Disney+ Hotstar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1326 seconds (0.1#10.140)