11 Franchise Film Action Terbaik Sepanjang Masa, Mana Favoritmu?

Kamis, 02 Maret 2023 - 10:40 WIB
loading...
11 Franchise Film Action Terbaik Sepanjang Masa, Mana Favoritmu?
Franchise film action terus memberikan tontonan terbaik yang mendorong adrenalin penonton dengan rangkaian adegan-adegan seru dan juga maut yang mendebarkan. (Foto: The Atlantis)
A A A
Action adalah salah satu genre paling populer di dunia film . Tahun ini, ada banyak film action baru, sekuel atau seri pertama, dari franchise terkenal akan dirilis. Film-film ini menjanjikan aksi seru dan menantang maut yang pastinya membuat jantung penonton berdebar-debar dan adrenalin terus bergejolak di sepanjang film tersebut.

Film action yang dianggap terbaik dan mengesankan tidak hanya menawarkan adegan baku hantam dan baku tembak di dalamnya. Cerita dan plot solid serta karakter kuat dan ikonis di dalamnya pun menjadi faktor penentu sukses atau tidaknya film tersebut. Ketika film pertamanya sukses, sudah bukan rahasia lagi kalau produser akan membuat sekuelnya dan franchise pun lahir.

Film action, baik action murni atau superhero, selalu menjadi tontonan yang menghibur. Orang benar-benar menonton film jenis ini untuk menghabiskan waktu dan menikmati tontonan dengan adegan-adegan menarik dan karakter yang membekas di benak mereka. Franchise film action juga menjadi franchise paling cuan di box office. Apa saja franchise film action terbaik sepanjang masa? MovieWeb punya daftar peringkatnya!



11. John Wick

11 Franchise Film Action Terbaik Sepanjang Masa, Mana Favoritmu?

Foto: Yardbarker.com

Franchise John Wick yang dipimpin Keanu Reeves adalah fenomena yang relatif baru. Tapi, dampak dan warisannya terasa seolah franchise itusudah lama. Ketika film pertama John Wick tayang di bioskop pada 2014, dunia terbuai dengan kekerasan yang sangat bergaya dan adegan action terkoreografi yang menampilkan banyak baku tembak, seni bela diri, dan pembunuhan lingkungan.

Sejak saat itu, sudah ada dua sekuel lagi yang memberikan peluang bagi franchise itu melepas dunia tempat John Wick beroperasi. Selain itu, mereka juga terus menjadi salah satu franchise action dengan korban jiwa paling banyak. Angkanya akan terus bertambah dengan sekuel baru dan dua spinoff yang akan dirilis. Seri John Wick bisa ditonton di Netflix.

10. Batman

11 Franchise Film Action Terbaik Sepanjang Masa, Mana Favoritmu?

Foto: Lifestyle Asia Hong Kong

Di luar konten DCEU, bisa dikatakan kalau Batman, secara keseluruhan, adalah franchise action superhero solid yang membuka jalan bagi banyak film superhero setelahnya. Ini dalam artian nada dan tema. Batman bukanlah franchise yang sempurna dan banyak ganjalan di perjalanannya.

Namun, franchise ini telah melahirkan banyak karakter memorable di genre action seperti Penguin, Bane, dan Joker. Belum lagi penampilan para aktor yang memerankan Batman dan penjahatnya yang begitu membekas di benak penggemarnya. Selain itu, score epiknya telah menjadi ikon tersendiri di dunia film. Seluruh seri Batman bisa ditonton di HBO Go.

9. Mad Max

11 Franchise Film Action Terbaik Sepanjang Masa, Mana Favoritmu?

Foto: YouTube

Mad Max adalah film paling penting dalam masa booming film pascaperang Australia. Kesuksesan film itu membuka pasar global ke film-film New Wave Australia. Di saat franchise itu terus sukses, begitu juga dana produksinya. Fury Road memakan biaya produksi USD170 juta pada 2015. Mad Max pertama disutradarai George Miller dan dibintangi Mel Gibson yang waktu itu belum terkenal.

Di film itu, Mel memerankan “Mad” Max Rockatansky, seorang polisi yang menjadi vigilante di kawasan pembuangan sampah Australia di masa dystopian. Action-nya secara mengejutkan mengesankan, dengan mempertimbangkan dana dan teknologi yang dipakai saat itu. Meski kurang set piece action mahal, film itu menutupinya dengan atmosfir dan ketegangan. Mel membintangi dua sekuel lagi. Lalu, franchise itu hiatus selama 30 tahun sampai dihidupkan lagi lewat Fury Road dengan Tom Hardy dan Charlize Theron sebagai pemeran utamanya. Sekuelnya, Furiosais, akan dirilis tahun ini. Chris Hemsworth dan Anya Taylor-Joy menggantikan Tom dan Charlize.

8. Die Hard

11 Franchise Film Action Terbaik Sepanjang Masa, Mana Favoritmu?

Foto: Digital Spy

Film asli Die Hard dianggap sebagai salah satu film action terbaik sepanjang masa. Karakter yang diperankan Bruce Willis, John McClane, dan kaus dalam putihnya telah menjadi ikonis. Penggambaran antagonis film itu, Hans Gruber, oleh Alan Rickman juga telah masuk sejarah sebagai salah satu penjahat terbaik genre ini. Film itu diikuti sekuelnya, Die Hard 2 alias Die Harder, dua tahun kemudian.

Film itu sukses di box office dan mendapatkan respons positif. Franchise itu berlanjut merilis film dalam beberapa tahun secara sporadis dengan seri ketiga dirilis pada 1994 dan seri keempatnya pada 2007. Keduanya sama-sama kuat di box office dan kritik. Tapi, seri kelimanya yang dirilis pada 2013 dicaci maki kritikus karena tidak ada jiwanya dan umum. Padahal, film itu sukses di box office dan menjadi pamitan Bruce pada karakter legendaris tersebut. Seluruh seri Die Hard bisa ditonton di Disney+ Hotstar.

7. Mission: Impossible

11 Franchise Film Action Terbaik Sepanjang Masa, Mana Favoritmu?

Foto: Architectural Digest

Mission: Impossible adalah serial thriller mata-mata action 1960-an yang kemudian dihidupkan kembali pada 1980-an untuk dua season. Sebuah film berbasis serial asli itu dirilis pada 1968 dengan sedikit laba di luar Eropa dan Australia. Baru pada 1996, serial ini meledak menjadi franchise miliaran dolar seperti yang dikenal saat ini. Disutradarai Brian De Palma dengan Tom Cruise sebagai produser dan bintang utamanya, film itu sukses secara kritik dan komersial.

Selama puluhan tahun sejak itu, film itu pun terus membaik. Fokus terhadap perkembangan karakter yang diperankan Tom yang dikombinasikan dengan teknologi special effect dan stunt paling gila di film, film ini terus mendapatkan peningkatan. Bagian pertama film kedelapan di franchise ini akan dirilis pada tahun ini, dengan bagian keduanya diluncurkan tahun depan. Keduanya menjanjikan petualangan padat aksi tergila yang pernah ada di layar bioskop. Mission: Impossible bisa ditonton di Netflix.

6. Terminator

11 Franchise Film Action Terbaik Sepanjang Masa, Mana Favoritmu?

Foto: Ultimate Classic Rock
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2098 seconds (0.1#10.140)