10 Film yang Paling Cepat Raup USD1 Miliar di Box Office

Kamis, 23 Februari 2023 - 09:24 WIB
loading...
10 Film yang Paling Cepat Raup USD1 Miliar di Box Office
Banyak film blockbuster yang mencapai USD1 miliar di box office. Tapi, tidak banyak yang berhasil mencapai angka tersebut dalam waktu di bawah 20 hari tayang. (Foto: CinemaBlend)
A A A
Banyak film blockbuster yang berhasil mencapai USD1 miliar (Rp 15 triliun) di box office. Angka itu adalah pencapaian yang luar biasa. Menurut data Box Office Mojo, sampai saat ini, baru 51 film yang sukses meraup pendapatan sebesar itu. Namun, jumlah ini tentu akan bertambah seiring berjalannya waktu.

Meski begitu, dari 51 film itu, tidak semuanya mampu meraup USD1 miliar dalam waktu cepat. Semuanya mengalami proses untuk bisa mencapai batasan luar biasa tersebut. Tentu saja, ada film yang mampu memecahkan rekor sebagai film tercepat yang meraup angka tersebut di box office.

Yang menarik, lima film yang berhasil meraup USD1 miliar di box office juga tercatat sebagai film terlaris sepanjang masa. Bahkan, salah satu film itu mampu mendapatkan USD1 miliar hanya dalam waktu kurang dari sepekan! Luar biasa, bukan? Nah, film apa saja yang paling cepat meraup USD1 miliar di box office? Mengutip Screen Rant, berikut ulasannya!



10. Avatar

10 Film yang Paling Cepat Raup USD1 Miliar di Box Office

Foto: The National

Meskipun Avatar masih memegang titel film terlaris sepanjang masa, film besutan James Cameron itu tidak meraup USD1 miliar secepat sekuelnya. Film yang dirilis pada 2009 itu baru mencapai USD1 miliar di box office selah tayang selama 19 hari di bioskop.

Pada akhir hari ke-19 tayang di bioskop, Avatar meraup USD1,02 miliar. Sejak saat itu, pendapatan film itu terus meningkat. Meski bukanlah salah satu film paling cepat laris, sulit mengalahkan pendapatan box office Avatar hingga saat ini. Avatar masih kokoh sebagai film terlaris sepanjang masa dengan USD2,922 miliar. Avatar bisa ditonton di Disney+ Hotstar.

9. Star Wars: The Last Jedi

10 Film yang Paling Cepat Raup USD1 Miliar di Box Office

Foto: Vox

Sementara kontroversial secara kritis, Star Wars: The Last Jedi jelas merupakan kesuksesan besar di box office. Film ini menjadi film kesembilan tercepat yang meraih pendapatan USD1 miliar di box office. Seperti Avatar, Episode VIII itu melintasi angka USD1 miliar dalam waktu 19 hari di bioskop.

Meski begitu, pendapatan The Last Jedi ini agak lebih banyak dari Avatar. Pada akhir hari ke-19, Star Wars: The Last Jedi meraup USD1,04 miliar, lebih banyak ketimbang Avatar. Sementara, Star Wars: The Last Jedi bukanlah film terlaris Star Wars, terutama ketika disesuaikan dengan inflasi, film ini adalah salah satu film paling cepat laris dari franchise sci-fi buatan George Lucas itu. Star Wars: The Last Jedi bisa ditonton di Disney+ Hotstar.

8. The Fate of the Furious

10 Film yang Paling Cepat Raup USD1 Miliar di Box Office

Foto: Den of Geek

Film Fast & Furious selalu sukses secara finansial, terutama dengan seri barunya. The Fate of the Furious adalah film kedelapan di franchise ini. Film ini juga menjadi film kedelapan yang mampu meraup USD1 miliar dalam waktu cepat.

Pencapaian The Fast of the Furious itu dibuat hanya dalam waktu 18 hari tayang di bioskop, dengan meraup USD1,06 miliar. Pada akhir penayangannya di bioskop, The Fate and the Furious meraup USD1,236 miliar. Ini menunjukkan pendapatan film itu melambat setelah akhir pekan ketiganya. The Fate of the Furious bisa ditonton di HBO Go.

7. Furious 7

10 Film yang Paling Cepat Raup USD1 Miliar di Box Office

Foto: Vanity Fair

Sementara The Fate of the Furious cepat, pendahulunya, Furious 7 lebih cepat. Film itu menjadi film ketujuh tercepat yang mendaptkan USD1 miliar. Furious 7 mencapai prestasi itu dalam 17 hari setelah dirilis, hanya selisih sedikit dengan film setelahnya.

Pada akhir hari ke-17, Furious 7 meraup USD1,008 miliar. Ini menunjukkan kecepatan dan kesuksesan besar franchise itu di box office. Dengan masih ada film Fast & Furious yang akan dirilis, ada kemungkinan kalau daftar ini bisa berubah. Fast X yang dirilis tahun ini kemungkinan akan melampaui pendapatan akhir Furious 7 yang mencapai USD1,516 miliar. Furious 7 bisa ditonton di HBO Go.

6. Avatar: The Way of Water

10 Film yang Paling Cepat Raup USD1 Miliar di Box Office

Foto: The New York Times

Avatar: The Way of Water adalah film terbaru yang masuk daftar ini. Film ini meraup USD1 miliar di box office dalam waktu 14 hari. Sekuel Avatar ini mengakhiri pekan kedua penayangannya dengan USD1,029 miliar (Rp15,6 triliun).

Avatar: The Way of Water masih mendaki chart box office. Saat ini, film itu duduk sebagai film terlaris ketiga sepanjang masa dengan pendapatan total USD2,244 miliar (Rp34,1 triliun). Dengan film itu masih tayang di bioskop dan pola James Cameron yang suka merilis ulang, Avatar: The Way of Water jelas masih akan terus meraup pendapatan.

5. Jurassic World

10 Film yang Paling Cepat Raup USD1 Miliar di Box Office

Foto: WBUR
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1921 seconds (0.1#10.140)