10 Film Paling Membingungkan, Bikin Pusing dan Gagal Paham

Jum'at, 17 Februari 2023 - 10:54 WIB
loading...
A A A
Di Annihilation, Natalie Portman berperan sebagai Lena. Dia merupakan veteran angkatan darat dan biolog yang menerima kabar kalau sebuah anomali yang dikenal sebagai The Shimmer telah muncul di bumi. Suaminya adalah satu dari sedikit orang yang dikirim ke The Shimmer dan satu-satunya yang kembali. Sayang, dia kembali dalam kondisi koma dan tidak bisa memberikan keterangan apa pun dari apa yang dia lihat.

Lena kemudian memimpin sebuah tim ke wilayah misterius itu untuk mencari ekspedisi yang hilang itu. Di The Shimmer, kehidupan hewan yang bermutasi, dan waktu tidak mengalir secara normal. Semuanya jadi aneh ketika Lena tiba di sumber The Shimmer, yang ketika terungkap tidak seperti apa yang terlihat. Sifat anomali itu adalah sesuatu yang lain, begitu lain sampai bisa dengan sempurna menyalin bentuk kehidupan apa pun. Ini memunculkan pertanyaan siapa yang nyata di film itu dan siapa yang merupakan penirunya. Annihilation bisa ditonton di Netflix.

4. Everything Everywhere All at Once

10 Film Paling Membingungkan, Bikin Pusing dan Gagal Paham

Foto: NPR

Everything Everywhere All at Once menjadi buah bibir setelah mendapatkan sejumlah nominasi Oscar tahun ini, termasuk untuk Aktris Terbaik. Film drama komedi absurd ini berkisah tentang Evelyn Quan Wang yang diperankan Michelle Yeoh. Dia seorang wanita paruh baya yang berjuang dengan bisnisnya yang sibuk, pernikahannya yang gagal, dan, yang paling penting, hubungannya yang kacau dengan putrinya. Ketika dia tahu klaau dia adalah satu-satunya versi dirinya di multiverse yang bisa menyelamatkan dunia dari kehancuran, itu adalah hal terakhir yang dia butuhkan.

Aneh, lucu, emosional, dan secara mengejutkan filosofis, film ini akan bikin penontonnya pusing karena sejumlah alasan. Film ini berhasil menyampaikan segudang gaya seni, karakter yang ditulis dengan baik, dan pesan kuat tentang nihilisme optimistisk. Semuanya itu menuntut lebih dari sekali tonton. Everything Everywhere All at Once bisa ditonton di HBO Go.

3. Arrival

10 Film Paling Membingungkan, Bikin Pusing dan Gagal Paham

Foto: Microsoft

Arrival dibintangi Amy Adams sebagai ahli bahasa bernama Louise Banks. Film drama sci-fi yang disutradarai Denis Villeneuve ini berpusat pada cara pakar dan pemerintah dunia merespons pesawat antariksa misterius yang mendarat di seluruh dunia. Peran Louise cukup penting. Dia bertanggung jawab untuk memahami bahasa kompleks makhluk luar angkasa itu dan mencari tahu apa yang mereka mau.

Twist cerdas ini pada akhirnya mengungkapkan kalau flashback yang sering dialami Louise di film alien ini punya makna yang lebih mendalam. Flashback itu punya kaitan dengan apa alasan para alien itu datang ke bumi. Plot yang bikin bulu kuduk berdiri itu mengubah semuanya tentang film ini, dengan membuatnya harus ditonton berkali-kali dengan konteks baru dalam pikiran. Arrival bisa ditonton di Netflix.

2. Tenet

10 Film Paling Membingungkan, Bikin Pusing dan Gagal Paham

Foto: The Good 5 Cents Cigar

Sutradara Christopher Nolan menyajikan filmnya yang paling memecah dan membingungkan lewat Tenet. Film membingungkan itu mengikuti sesosok karakter yang hanya dikenal sebagai Protagonis yang diperankan John David Washington. Dia menavigasikan dunia mata-mata internasional berbahaya dengan peralatan yang digunakan musuhnya dengan baik, bukan perjalanan waktu, tapi “inversi”.

Penjelasan tentang apa itu inversi dan bagaimana inversi itu bekerja sudah cukup bikin pusing penontonnya. Film itu hanya menjadi lebih rumit lagi ketika Protagonis menyandarai kalau dia sudah memerankan peranan lebih besar dalam pertarungan demi kelangsungan hidup manusia dari yang awalnya dia kira. Ini jelas film yang harus ditonton lebih dari satu kali untuk benar-benar bisa dipahami. Tenet bisa ditonton di HBO Go.



1. Inception

10 Film Paling Membingungkan, Bikin Pusing dan Gagal Paham

Foto: Hollywood Outbreak

Lagi-lagi Christopher Nolan menelurkan karya pembelok pikiran di dunia sinema. Inception dibintangi Leonardo DiCaprio yang berperan sebagai seorang periset mimpi. Plot Inception berputar di sekitar kajian dan potensi mimpi yang belum diketuk. Seperti film lain yang menampilkan realitas alternatif, film ini berakhir dengan cara yang membuat penontonnya garuk-garuk kepala. Mereka bertanya-tanya apakah yang mereka tonton barusan itu nyata atau hanyalah sebuah mimpi.

Ini semakin dibuat berbelit-belit dengan fakta kalau lewat jarigan lini plot kompleks film itu, mimpi yang tampil di dalamnya bisa terjadi di dalam mimpi lain. Itu menjadi kekacauan mimpi yang terjadi rangkaian mimpi orang lain hingga ke poin di mana realitas itu sendiri dipertanyakan. Bahkan, setelah bertahun-tahun, Leonardo DiCaprio pun tidak tahu apa maksud film yang dia bintangi ini. Inception bisa ditonton di Netflix.
(alv)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1870 seconds (0.1#10.140)