10 Film Paling Membingungkan, Bikin Pusing dan Gagal Paham

Jum'at, 17 Februari 2023 - 10:54 WIB
loading...
10 Film Paling Membingungkan, Bikin Pusing dan Gagal Paham
Sejumlah film yang mendapatkan cap oke ternyata sulit dipahami ketika baru sekali ditonton. Film itu sangat membingungkan dan harus ditonton lebih dari sekali. (Foto: Every Movie Has Its Lesson)
A A A
Film seharusnya menjadi sarana hiburan yang membuat penontonnya terhibur. Ketika mereka keluar dari bioskop atau selesai streaming, pikiran merka bisa segar dan santai. Tapi, tidak semua film membiarkan penontonnya pergi tanpa memberikan ukiran pertanyaan di kepala mereka.

Ada banyak film yang memutuskan untuk tidak mengambil rute yang mudah. Mau itu karena kesukaan penulisnya memainkan audiens mereka atau karena pilihan stylistic, ada sejumlah film yang sering punya alur cerita yang sulit untuk diikuti sehingga butuh lebih dari sekali menontonnya. Tapi, ini tidak berarti kalau film itu jelek.

Faktanya, film-film yang bikin penontonnya bingung dan sulit dipahami ini punya cerita yang kuat dan plot yang menarik untuk diikuti. Semakin mengikutinya, orang bisa tambah pusing. Tapi, kalau mereka punya waktu untuk menontonnya kembali, mereka akan menemukan banyak elemen yang terlewat dan bisa menyatukannya untuk lebih memahami film tersebut. Film-film ini cocok ditonton buat yang gabut di akhir pekan. Apa saja film yang paling membingungkan penonton? Simak ulasannya berikut ini!



10. Life of Pi

10 Film Paling Membingungkan, Bikin Pusing dan Gagal Paham

Foto: Slash Film

Life of Pi cukup lurus dan terus terang pada penampakan awalnya. Tapi, menontonnya untuk kedua kali akan melihatnya jadi rumit. Film yang dibesut Ang Lee ini menampilkan seorang pemuda yang terombang ambing di tengah laut bersama seekor orangutan, zebra, hyena, dan macan. Film itu terlihat seperti dongeng survival di kondisi mustahil yang polos dan menegangkan.

Twist ending di film ini adalah hewan-hewan itu tidak pernah ada di sana sama sekali. Karakter utamanya, Pi, memberikan dua cerita yang sangat berbeda kepada penyelamatnya, yang keduanya sama-sama masuk akal. Awalnya, Pi mengatakan kalau hewan-hewan itu ada di sana. Tapi, ketika tidak ada yang mempercayainya, dia mengatakan kalau hewan-hewan itu sebenarnya adalah ibunya, seorang pelaut, dan seorang koki. Sampai sekarang, banyak masih memperdebatkan keterangan mana yang nyata karena itu tidak pernah dijelaskan secara eksplisit. Film ini membiarkan penontonnya memilih mana yang nyata. Life of Pi bisa ditonton di HBO Go.

9. Shutter Island

10 Film Paling Membingungkan, Bikin Pusing dan Gagal Paham

Foto: No Film School

Shutter Island adalah sebuah film misteri besutan Martin Scorsese yang berfokus pada sebuah rumah sakit jiwa yang lepas pantai New England. Film ini dibintangi Leonardo DiCaprio. Dia memerankan karkater bernama Teddy, seorang detektif bermasalah yang dikirim untuk menginvestigasi pulau itu untuk mencari seorang pasien kabur yang ternyata adalah seorang pembunuh.

Film ini berakhir, seperti sebagian besar film rumit, dengan pengungkapan kalau semua yang diketahui penonton di sepanjang film ini adalah sebuah kebohongan. Ending-nya terlihat relatif lurus dan langsung. Tapi, ada banyak yang diimplikasikan dalam detail halus itu. Ini membuat ending-nya jadi cukup ambigu dan mengaburkan detail film itu. Shutter Island bisa ditonton di Netflix.

8. Oblivion

10 Film Paling Membingungkan, Bikin Pusing dan Gagal Paham

Foto: Den of Geek

Oblivion dibintangi Tom Cruise. Dia memerankan Jack Harper, salah satu orang terakhir di bumi setelah invasi alien membuat planet ini tidak bisa dihuni. Pekerjaannya adalah memperbaiki drone rusak sehingga bisa melindungi pertanian air dan memburu alien tersisa yang masih berkeliaran di tempat pembuangan. Dia dibantu istrinya, Vika, yang menjadi petugas komunikasinya. Mereka melapor ke seseorang bernama Sally, manusia yang kabarnya berada di stasiun antariksa yang mengorbit bumi yang dipenuhi manusia lain.

Jack kemudian menemukan sebuah pesawat antariksa jatuh dan semua dunianya berubah. Wanita yang selamat dari peristiwa itu mengklaim sebagai istrinya yang asli. Kenangan pun kembali membanjiri Jack. Di sepanjang film itu, setiap kebenaran yang dibangun tersobek-sobek, satu demi satu. Kebenaran baru terungkap, dan semuanya jadi sangat membingungkan di tengah-tengahnya. Ini adalah film sci-fi solid, tapi butuh dua kali menonton agar benar-benar memahaminya. Film ini sama sekali tidak sesederhana penampakannya. Oblivion bisa ditonton di Netflix.

7. Interstellar

10 Film Paling Membingungkan, Bikin Pusing dan Gagal Paham

Foto: Time

Interstellar menjadi film pertama Christopher Nolan yang masuk daftar ini. Film ini menceritakan tentang masa depan suram manusia di saat badai pasir menyerang bumi dan membuat planet ini tidak bisa dihuni. Dengan misi menemukan tempat baru untuk ditinggali, sekelompok astronot melakukan perjalanan ke jantungn terdalam antariksa untuk mencari planet yang cocok untuk ditinggali manusia.

Bersama dengan perjalanan menembus bahaya di antariksa grup itu, aliran waktu jadi terganggu dan melompat maju mundur selama puluhan tahun dalam sekali waktu. Pada akhirnya, waktu jadi lingkaran utuh, kembali ke awal, sebelum akhirnya maju ke satu abad di masa depan. Meski film ini memang menjelaskan bagaimana itu terjadi, tidak mudah untuk bisa memahaminya saat pertama menonton film ini. Interstellar bisa ditonton di Netflix.

6. Memento

10 Film Paling Membingungkan, Bikin Pusing dan Gagal Paham

Foto: NME

Memento adalah film yang juga dibesut Christopher Nolan. Film itu dibintangi Guy Pearce sebagai seorang duda yang berusaha mencari orang yang telah membunuh istrinya. Meski terlihat seperti film misteri yang terlihat sederhana, fakta kalau kronologinya ada di mana-mana tidak membuatnya jadi mudah untuk diikuti saat kali pertama ditonton.

Tentu saja, pembunuhnya tidaklah seperti yang diduga penonton. Identitasnya hanya diungkapkan menjelang akhir film itu. Sayangnya, film ini sangat membingungkan bagi mereka yang baru nonton sekali. Kalau ada orang yang menontonnya untuk kali kedua karena tahu twist ending-nya, mereka akan memahami lebih banyak tentang film itu dan lebih mengapresiasinya.

5. Annihilation

10 Film Paling Membingungkan, Bikin Pusing dan Gagal Paham

Foto: Vanity Fair
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3304 seconds (0.1#10.140)