Mengapa Satoru Gojo Memakai Penutup Mata di Jujutsu Kaisen?

Kamis, 16 Februari 2023 - 06:48 WIB
loading...
Mengapa Satoru Gojo Memakai Penutup Mata di Jujutsu Kaisen?
Satoru Gojo dari Jujutsu Kaisen selalu tampil dengan penutup mata atau kacamata hitam stylish. Tapi, itu bukanlah sekadar aksesori. Ada alasan lain di baliknya. (Foto: Game Rant)
A A A
Satoru Gojo menjadi salah satu karakter anime yang paling populer di tengah era pandemi setelah Jujutsu Kaisen dirilis pada 2020. Karakter ini punya banyak kualitas menarik untuk menjadi favorit penggemar dari desain karakter, penampakan, perilaku, sampai skill set. Dia adalah karakteroverpowered di dunianya sendiri dan anime secara keseluruhan.

Satoru bukanlah karakter utama (protagonis) atau pun deuteragonis di serial ini. Alih-alih, dia adalah karakter pendukung. Meski begitu, popularitasnya bahkan melebihi semua orang di Jujutsu Kaisen, termasuk protagonisnya, Yuji Itadori. Di sisi lain, dia adalah sosok yang masih diselimuti misteri.

Jujutsu Kaisen season 2 yang akan dirilis pada musim panas tahun ini akan menguak banyak tentang masa lalu Satoru. Tapi, baik di manga atau anime, ada satu aspek pada diri Satoru yang tidak pernah diberi penjelasan yang pas dan layak. Itu adalah mengapa dia memakai penutup mata.



Salah satu desain karakter paling menonjol dari Satoru adalah penutup matanya, selain rambut putihnya yang sering dibilang mirip Kakashi Hatake dari Naruto. Kalau dia tidak memakai penutup mata, dia akan memakai kacamata hitam. Di banyak kesempatan, Satoru selalu menyembunyikan matanya. Padahal, matanya adalah salah satu mata paling indah di anime.
Mengapa Satoru Gojo Memakai Penutup Mata di Jujutsu Kaisen?

Foto: Epicstream

Banyak penggemar yang mempertanyakan bagaimana Satoru bisa melihat ketika dia memakai penutup mata. Kalau dia memakai kacamata hitam, itu tidak butuh penjelasan karena banyak orang melakukannya. Berbeda ketika itu adalah penutup mata yang tidak punya lensa atau alat bantu penglihatan. Benda itu benar-benar menutup matanya secara total.

Satoru baru akan melepas penutup mata atau kacamata hitamnya ketika semuanya jadi serius di sekitarnya. Begitu penutup itu dibuka, sepasang mata birunya akan terlihat dan itu akan diikuti serangkaian serangan berbahaya. Matanya punya kaitan erat dengan skill set yang membuatnya overpowered.

Untuk memahami mengapa Satoru memakai penutup mata di Jujutsu Kaisen, penggemar harus benar-benar melihat semua tanda-tandanya secara mendalam atau membaca setiap spekulasi di setiap komunitas. Meskipun, itu tidak perlu. Kreator Jujutsu Kaisen, Gege Akutami, memberikan keterangan mengapa Satoru memakai penutup mata.
Mengapa Satoru Gojo Memakai Penutup Mata di Jujutsu Kaisen?

Foto: Manga Thrill

Pernyataan Gege terkait penutup mata Satoru itu ada di fanbook resmi Jujutsu Kaisen. Seorang pengguna Twitter dengan nama Shiro mengunggah pernyataan itu dalam terjemahan bahasa Inggris. Pernyataan aslinya ada dalam bahasa Jepang. Jadi, mungkin ada sedikit ketidakkonsistenan di sana.

“Jujur saja, Rikugan adalah mata yang memperlihatkan energi kutukan dengan sangat detail. Dia bahkan bisa melihat seperti thermografi resolusi tinggi ketika memakai penutup mata. Dia bahkan bisa mengenali benda-benda yang tidak punya energi kutukan, seperti gedung, melalui residu dan aliran energi kutukan. Di sisi lain, kalau dia tidak memakai penutup mata, dia akan dengan mudah lelah, meski dia menggunakan teknik kutukan terbalik untuk menjaga otaknya tetap segar. Kalau orang biasa memakai kacamata hitam Satoru, mereka tidak akan bisa melihat apa-apa selain kegelapan,” papar Gege.

Rikugan atau Enam Mata adalah kemampuan langka yang diturunkan di keluarga Gojo. Satoru adalah satu-satunya orang yang mewarisi kemampuan itu dalam 400 tahun dan itu langsung mengganggu keseimbangan dunia. Dia juga mewarisi teknik bawaan Mukagen.
Mengapa Satoru Gojo Memakai Penutup Mata di Jujutsu Kaisen?

Foto: Looper

Rikugan membuat penggunanya persepsi luas dan kekuatan pemprosesan otak yang besar. Ini membuat mereka bisa dengan tepat memanipulasi kekuatan teknik bawaan. Kekuatan ini adalah salah satu kemampuan terkuat di Jujutsu Kaisen. Tapi, menggunakan penglihatan secara terus menerus ini membuat Satoru dengan mudah lelah ketika dia tidak secara langsung menghalangan penglihatannya dengan sesuatu yang buram.

Dengan menggunakan penutup mata atau kacatama hitam, Satoru bisa menulikan banyak kekuatan dan intensitas kemampuan itu. Di sisi lain, Satoru bisa merasakan semuanya, bahkan di luar penutup matanya. Ini karena kekuatannya membuat indera dan persepsinya terasa seperti sesuatu yang mirip dengan thermografi.



Meski begitu, kelelahan tersebut tidak bisa disebut sebagai kelemahan Satoru. Sampai saat ini, Satoru belum benar-benar punya kelemahan spesifik. Dia memang pernah dikalahkan dengan Tombak Surga, senjata kutukan yang sangat kuat. Tali Hitam juga bisa melukainya. Tapi, itu bukan sesuatu yang bisa benar-benar bisa mengalahkannya.

Saat ini, di manga—dan segera di anime—Satoru sedang disegel di Dunia Penjara. Di tengah kian memuncaknya cerita di Jujutsu Kaisen, kehadirannya dibutuhkan. Tapi, belum ada yang tahu cara mengeluarkannya dari sana. Semua harapan itu sudah pupus dengan kondisi saat ini.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2089 seconds (0.1#10.140)