7 Lagu Paling Galau Dewa 19, Bisa Bikin Pecah Konser

Senin, 06 Februari 2023 - 22:40 WIB
loading...
7 Lagu Paling Galau Dewa 19, Bisa Bikin Pecah Konser
Sejumlah lagu paling galau milik Dewa 19 pasti membuat konser mereka pecah begitu dibawakan. Penonton akan nyanyi bareng tanpa diminta dan larut dalam emosi. (Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/tom)
A A A
Dewa 19 punya banyak lagu galau yang pastinya pecah ketika dibawakan di konser. Tanpa diaba-aba, penonton akan koor dan nyanyi bareng. Lagu-lagu galau Dewa 19 ini dikenal puitis dan sangat emosional. Musik yang mengiringinya kian menambah nuansa galau di lagu tersebut.

Sebagian besar lirik dan musik lagu-lagu Dewa 19 ini dibuat Ahmad Dhani. Tak bisa dimungkiri kalau Dhani adalah salah satu musikus paling berbakat yang pernah ada di Indonesia. Dia dengan cerdas meramu kata-kata dan membalutnya dengan musik yang pas.

Lagu galau Dewa 19 ini juga termasuk legendaris di negeri ini. Jarang ada orang yang tidak mengenal lagu-lagu itu karena sering wara wiri di radio dan mungkin sekarang masuk playlist layanan lagu streaming banyak orang. Rasanya jarang menemukan orang yang tidak suka lagu Dewa 19, meski hanya satu lagu saja. Apa saja lagu paling galau Dewa 19 yang bakal pecah kalau dibawakan di konser? Simak ulasannya berikut ini!


7. Aku Milikmu


Menurut AI ChatGPT, Aku Milikmu dari album Format Masa Depan ini adalah salah satu lagu galau paling underrated Dewa 19. Underrated atau tidak, lagu ini enak didengar dan terkesan galau karena reff-nya. Lewat vokal Ari Lasso, lagu ini mempertanyakan kesungguhan cinta seseorang kepada kekasihnya.

Meski kedua orang ini saling mencintai dan menjalani hubungan mereka dengan bahagia, suara-suara sumbang membuat keyakinan mereka goyah. Padahal, orang ini sudah sangat mencintai pasangannya dan tidak yakin akan menemukan cinta lain seperti yang dia jalani saat ini. Makanya, dia berusaha meyakinkan pasangannya agar yakin dalam hubungan mereka itu.

6. Separuh Nafas


Patah hati karena cinta tidak melulu harus diungkapkan dengan melodi mendayu-dayu nan sendu. Ada kalanya emosi akan lebih tercurah dengan irama yang lebih rancak atau nge-beat. Seperti di Separuh Napas ini. Lagu dari album Bintang Lima ini terdengar enak di telinga karena iramanya yang ceria. Padahal, lagunya galau habis.

Lagu ini berisi permohonan maaf karena kesalahan yang dilakukan membuat sang kekasih pergi. Kepergian sang pacar membuat orang ini jadi galau dan merasa kalau separuh jiwanya pun ikut pergi. Makanya, dia memohon-mohon agar si kekasih kembali ke pelukannya.

5. Cemburu


Tak hanya Separuh Napas, Dewa 19 juga punya lagu galau lain dengan irama yang nge-beat, yaitu Cemburu. Lagu ini pasti mengundang penonton untuk nyanyi bareng ketika ditampilkan di konser. Berirama rancak dan bikin goyang-goyang, lagu ini adalah ungkapan emosi kecemburuan seseorang yang jadi kekasih gelap.

Sebagai kekasih gelap, tentu saja, orang ini sering tidak dianggap. Acap kali, pacar gelap ini hanya dimanfaatkan. Dan, dialah yang paling menderita. Si kekasih gelap ini harus menahan emosi karena cemburu setiap kali pasangannya itu lagi bermesraan dengan pacar resminya. Tapi, dia tidak bisa apa-apa. Menyingkirkan pacar resmi dengan cara-cara jahat hanya akan membuatnya kehilangan segalanya. Cemburu masuk album Bintang Lima yang dirilis pada 2000.

4. Kangen


Lagu ini mengantarkan Dewa 19 menjadi salah satu band papan atas di Indonesia. Sampai saat ini, Kangen senantiasa mengisi setlist di setiap penampilan Dewa 19 di mana pun juga. Penonton akan langsung pecah dan nyanyi bareng tanpa diaba-aba begitu mendengar lagu ini. Meski secara teknologi sudah tidak relate lagi dengan zaman sekarang, tapi isi lagu inilah yang masih tetap relate dan menggetarkan jiwa ketika didengarkan.

Mau itu dengan vokal Ari Lasso atau Once, orang pasti punya preferensi dan tetap tidak membuat lagu ini kurang menarik. Kangen adalah lagu galau romantis tentang sebuah kerinduan bertemu secara langsung dengan sang pacar. Teknologi mungkin berkembang, tapi tidak ada yang bisa mengalahkan pertemuan langsung face to face dengan si dia.

3. Risalah Hati


Membuat seseorang menghargai dan membalas cinta itu sulit. Apa pun yang kamu lakukan demi membuatnya jatuh cinta kepada kamu terasa sia-sia. Tapi, lagu Risalah Hati sepertinya memberikan jalan lain agar seseorang itu bisa membalas rasa cinta itu meski tidak cinta. Apa itu?

Banyak teori mengatakan, lagu ini mengindikasikan cinta ditolak dukun bertindak. Kalau pun benar, jangan ditiru ya! Efeknya di masa depan tidak enak. Luluhkanlah hatinya dengan perbuatan dan kelembutan kamu. Semoga bisa merebut hatinya. Risalah Hati diambil dari album Bintang Lima yang dirilis pada 2000.

2. Pupus


Diambil dari album Cintailah Cinta yang dirilis pada 2002, begitu intro masuk, lagu ini segera mengundang koor dari penonton konser Dewa. Pupus adalah lagu yang sangat menyedihkan. Lagu ini bercerita tentang sakitnya seseorang ketika sadar kalau cintanya tidak terbalaskan. Sementara, dia sudah memberikan segalanya kepada orang yang dicintainya itu.

Tidak ada yang lebih menyakitkan ketika kalian sudah berkorban apa saja demi orang yang kalian kasihi dengan segenap hati dan cinta kalian, eh, orang itu tidak membalas perasaan itu. Solo gitar Andra jelang outro lagu itu membuat perasaan tambah seperti tercabik-cabik. Duh!



1. Cinta ‘kan Membawamu Kembali


Lagu ini dirilis pada 1995 dari album Terbaik Terbaik. Sampai saat ini, Cinta ‘kan Membawamu Kembali masih menjadi salah satu lagu galau terbaik dari Dewa 19. Lagu ini sangat emosional dan menyakitkan ketika didengar. Ini adalah curahan hati seseorang yang sedih ditinggal kekasihnya.

Dia masih belum bisa menerima perpisahan itu dan berharap kekasihnya itu akan kembali lagi ke pelukannya. Lagu gagal move on ini terasa begitu perih dengan hanya iringan piano Dhani dan vokal Ari yang melankolis. Rasa miris akan hadir di hati ketika mendengar lagu ini kala galau karena cinta. Lagu ini pernah di-cover Reza Artamevia.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1694 seconds (0.1#10.140)