10 Lagu Tercepat Raih Posisi 1 Melon Top 100 Sepanjang Masa, Boy Group Ada 3

Kamis, 05 September 2024 - 15:09 WIB
loading...
10 Lagu Tercepat Raih...
Lagu milik BTS jadi yang tercepat raih nomor 1 di Melon Top 100 sepanjang sejarah. Foto/Vogue Korea
A A A
JAKARTA - Chart Melon Top 100 dikelola oleh Melon dan Kakao, yang merupakan layanan streaming musik terbesar di Korea Selatan bersama YouTube Music.

Meski angka jumlah pendengar harian Melon kini kalah dari YouTube Music di Korea Selatan, tapi Melon masih jadi patokan utama untuk mengukur kesuksesan atau kepopuleran sebuah lagu. Tangga lagu Melon Top 100 harian jadi yang paling dijadikan patokan untuk melihat tren musik K-pop.

Tentu saja, mencapai posisi nomor satu di Melon Top 100 bukanlah tugas yang mudah. Oleh karena itu jika ada penyanyi atau grup yang berhasil menempatkan lagunya dengan cepat di posisi puncak setelah dirilis, tentu itu hal yang luar biasa.



Berikut ini 10 lagu yang tercepat duduki posisi nomor 1 Melon Top 100 harian sepanjang sejarah.

Daftar Lagu Tercepat Duduki Nomor 1 Melon Top 100 Sepanjang Sejarah


1. Yet to Come - BTS





Yet to Comehanya butuh waktu satu jam untuk duduk di posisi puncak Melon Top 100. Lagu yang dirilis pada 10 Juni 2022 ini masuk dalam album antologi BTS, PROOF, setelah dua tahun grup internasional itu tak mengeluarkan album.

Yet to Come juga debut di posisi 3 di Spotify Global dengan lebih dari tujuh juta stream pada hari pertama, memecahkan rekor mereka sendiri untuk lagu berbahasa Korea di Spotify.

Adapun di tangga lagu Billboard Global Excl. U.S lagunya debut di posisi puncak, serta di peringkat 13 di Billboard Hot 100.

Prestasi ini semakin mengukuhkan dominasi BTS, yang juga berhasil meraih nominasi Grammy Awards 2023 untuk Best Pop Duo/Group Performance dan Best Music Video untuk Yet to Come, menjadikannya lagu berbahasa Korea pertama yang dinominasikan di Grammy.

2. Love Wins All - IU



IU dikenal sebagai ratu musik Korea, jadi tak heran ia dengan mudah menduduki posisi nomor 1 di Melon. Untuk lagu Love Wins All, ia juga hanya butuh waktu satu jam untuk meraihnya.

Lagu yang dirilis pada 4 Januari 2024 ini juga meraih perfect all-kill (PAK) yang menandakan lagunya menduduki posisi pertama di empat chart terbesar di Korea selama seminggu penuh.

Lagu ini juga menduduki peringkat satu di chart iTunes Top Song di 23 negara, termasuk Kamboja, Indonesia, Arab Saudi, Thailand, dan Finlandia.

Video musiknya, yang menampilkan V dari BTS dan disutradarai oleh Um Tae-hwa, sutradara film Concrete Utopia (2023), juga langsung menduduki peringkat satu di daftar trending YouTube Korea saat dirilis.

3. Ditto - NewJeans



Sukses besar NewJeans pada debutnya membawa lagu berikutnya, Ditto menjadi dinanti-nanti penggemar musik. Terbukti lagunya langsung menduduki posisi satu Melon hanya dalam waktu dua jam saja.

Tak cuma itu, Ditto yang dirilis pada 19 Desember 2022 ini juga memegang rekor lagu dengan PAK terbanyak sepanjang sejarah, yaitu hingga 655 jam, menyingkirkan Dynamite milik BTS. Lagunya juga menjadiSong of the Year dari Mnet Asian Music Awards 2023 dan Best Song of the Year dari Melon Music Awards.

Ditto juga meraih posisi nomor 4 di Billboard Global Excl. US dan nomor 8 di Global 200 pada Januari 2023, serta debut di posisi nomor 96 di Billboard Hot 100, menjadikannya entri tercepat oleh grup K-pop sejak debut.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1447 seconds (0.1#10.140)