10 Film Ini Dibenci Sutradaranya Sendiri, Kebanyakan Superhero

Minggu, 29 Januari 2023 - 10:56 WIB
loading...
10 Film Ini Dibenci Sutradaranya Sendiri, Kebanyakan Superhero
Sejumlah sutradara dengan terang-terangan mengaku membenci film yang mereka produksi. Masalah dengan produksi dan studio menjadi alasan utama kebencian mereka. (Foto: CNN)
A A A
Sutradara adalah nakhoda kapal selama produksi film . Dia bertanggung jawab menghidupkan visi kreatif mereka. Tapi, mereka bisa dengan mudah dilangkahi produser dan mereka yang mendanai film itu. Inlah yang disebut intervensi studio.

Intervensi itu sering kali menciptakan friksi antara sutradara dan studionya. Dalam banyak kasus, itu bisa menyebabkan sutradaranya ngambek dan benar-benar meninggalkan film tersebut. Akibatnya, film itu pun tidak punya hasil yang memuaskan.

Ada banyak peristiwa di mana perseteruan itu didokumentasikan dengan baik. Sutradaranya kemudian membicarakan hal negatif terhadap kreasi mereka itu. Yang menarik, ada juga ketika sutradara itu punya kendali total dan membuat film klasik. Tapi, selama bertahun-tahun, dia malah bertanya-tanya mengapa orang menyukainya. Film apa saja yang dibenci sutradaranya sendiri? Mengutip Screen Rant, berikut ulasannya!



10. Joss Whedon — Avengers: Age of Ultron

10 Film Ini Dibenci Sutradaranya Sendiri, Kebanyakan Superhero

Foto: Slash Film

Film Avengers pertama menampilkan sekelompok superhero bersama-sama. Pada prosesnya, film itu meraup USD1 miliar di box office. Menyeimbangkan semua karakter itu sulit. Dan, datanglah sekuelnya, Age of Ultron. Sutradara, Joss Whedon, tidak menyukai film itu. Dia bahkan tidak bisa menonton seluruh film itu setelahn selesai.

Joss mengatakan, dia terikat dan mengalami waktu yang sulit. Menurut dia, selama proses pembuatan film itu, dia tertekan. Salah satunya adalah konflik dengan Marvel, yang tidak bisa dihindari. Semua tentang film itu adalah pekerjaannya sendiri dan dia sangat lelah. Meski begitu, dia tetap “bangga” pada film tersebut. Meskipun, ada banyak hal yang sangat membuatnya frustrasi.

9. David O Russell — Accidental Love

10 Film Ini Dibenci Sutradaranya Sendiri, Kebanyakan Superhero

Foto: Letterboxd

David O Russell adalah salah satu sutradara yang dihormati sampai saat ini. Tapi, itu tidak selalu begitu. Sementra dia konsisten merilis satu film yang masuk nominasi Oscar, butuh waktu baginya untuk menemukan suaranya pada 2000-an. Accidental Love adalah contoh sempurnanya. Meskipun ulasan buruk film itu tidak seluruhnya adalah kesalahannya.

Menurut The Guardian, David mengerjakan film itu pada 2008, yang saat itu diberi judul Nailed. Film itu adalah tentang seorang politikus yang jatuh cinta pada seorang pelayan dengan paku tertancap di kepalanya. Sutradara itu muak dengan masalah produksinya, seperti pendanaan dan krunya tidak dibayar. Dia kemudian benar-benar meninggalkan proyek itu. Film itu akhirnya selesai tanpa input sutradaranya pada 2015. Film itu diakreditasikan kepada Stephen Greene, nama palsu yang digunakan sutradara yang ingin menjauhkan diri mereka dari film.

8. David Fincher — Alien 3

10 Film Ini Dibenci Sutradaranya Sendiri, Kebanyakan Superhero

Foto: Vox

Setelah dua film pertama di serial ini jadi klasik, franchise itu diserahkan kepada sutradara visioner David Fincher. Tapi, dia adalah sutradara baru waktu itu. David sudah sangat vokal dengan pengalamannya dalam sistem menyiksa studio selama produksi. Dalam wawancara dengan The Guardian, David menyebutkan, dia tiga kali dipecat dan harus berjuang untuk apa saja. Dia mengatakan, sampai sekarang, tidak ada orang yang lebih membenci film itu ketimbang dirinya.

Film itu punya banyak penggemar. Film itu pun tidak seburuk yang diduga David. Ada kesempatan film itu dipulihkan ke visi asli sutradaranya. Tapi, David sama sekali sudah tidak tertarik melihat lagi apa yang terasa seperti neraka baginya. Meski penggemar tidak akan pernah melihat director’s cut, ada Assembly Cut Alien 3 yang dekat dengan visi asli David.

7. Michael Bay — Transformers: Revenge of the Fallen

10 Film Ini Dibenci Sutradaranya Sendiri, Kebanyakan Superhero

Foto: The Cinemaholic

Mengejutkan kalau Michael Bay membenci sebuah film Transformers. Franchise itu sudah menjadi makanan harian sutradara itu. Dia bahkan sendirian mengubah banyak mainan menjadi serial film yang meraup total USD4 miliar. Di atas semua itu, dia bahkan mau menyutradarai dua film lagi di serial itu setelah pengalaman buruknya dalam membuat Revenge of the Fallen.

Meski begitu, menurut The Hollywood Reporter, sementara film itu dikritik habis-habisan, Michael adalah orang pertama yang mengecam film tersebut. Dia menyebut proyeknya sendiri itu sebagai “sampah”. Sutradara itu menyalahkan Mogok Masal Penulis pada 2008 sebagai alasan kegagalan film tersebut. Dia menjelaskan kalau mulai memproduksi film itu ketika dia hanya punya 14 halaman ceritanya.

6. Joel Schumacher — Batman and Robin

10 Film Ini Dibenci Sutradaranya Sendiri, Kebanyakan Superhero

Foto: The Hollywood Reporter

Joel Schumacher berkali-kali meminta maaf atas Batman and Robin yang dibenci orang. Yang terbaru dalam wawancaranya dengan Vice. Sutradara itu bahkan mau menyutradarai film lanjutannya pada 1997 sebagai cara menebus dirinya sendiri dan memberikan film yang benar-benar disukai orang.

Tapi, di antara pembangunan dan penghormatan terhadap Batman asli Adam West, ada alasan mengapa Batman and Robin underrated. Tidak hanya itu, tapi, film sebelumnya, Batman Forever, yang juga disutradarai Joel, adalah subyek intervensi studio. Padahal, ada banyak adegan dihapus yang mengagumkan.

5. Tony Kaye — American History X

10 Film Ini Dibenci Sutradaranya Sendiri, Kebanyakan Superhero

Foto: Den of Geek
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3403 seconds (0.1#10.140)