Disturbing, 10 Film Horor Ini Dilarang Tayang di Banyak Negara

Disturbing, 10 Film Horor Ini Dilarang Tayang di Banyak Negara
Sejumlah film horor yang dianggap melampaui batas kewajaran kekerasan dan kemanusiaan dilarang tayang di banyak negara. Di antaranya, ada franchise terkenal. (Foto: Texas Monthly)
Film horor adalah salah satu genre kesukaan penonton platform hiburan ini. Film horor favorit bisa menjadi tontonan yang membuat mereka terhanyut dengan ceritanya dan merasakan kehororan yang terjadi di dalamnya. Tapi, genre ini tak jarang mendorong batasannya.

Film horor tidak hanya menampilkan hantu atau monster. Sejumlah film horor dikenal karena teror berdarah di dalamnya yang dilakukan sesama manusia tanpa campur tangan unsur supranatural. Inilah yang membuat film itu jadi lebih menakutkan dan disturbing atau mengganggu.

Karena kekerasannya yang ekstrem, sejumlah film horor tidak bisa melenggang dengan tenang ke layar bioskop di dunia. Negara-negara dengan aturan tontonan yang lumayan ketat akan melakukan sensor berat terhadap film-film ini atau melarangnya tayang sama sekali. Kebanyakan, film-film yang dilarang ini sangat keras, kasar, berdarah-darah, dan tidak berperikemanusiaan. Apa saja film horor yang dilarang tayang di dunia? Simak ulasannya berikut ini!

Baca Juga: 10 Remake Film Horor Asing Buatan Hollywood Paling Jelek

10. Faces of Death

Disturbing, 10 Film Horor Ini Dilarang Tayang di Banyak Negara

Foto: The Guardian

Hollywood telah memproduksi banyak film tayangan cuplikan palsu. Film seri Faces of Death adalah salah satu moyang genre ini. Dibuat sebagai cuplikan kematian yang kasar, film ini dilarang tayang di banyak negara meski sudah terbukti palsu.

Setidaknya, ada 46 negara yang dilaporkan melarang film ini tayang. Tapi, hanya beberapa yang secara resmi mengumumkan pelarangannya. Ini termasuk Australia, Finlandia, Inggris, Selandia Baru, Norwegia, dan Jerman. Mereka melarang film ini karena gore dan promosi kekerasan.

9. Grotesque

Disturbing, 10 Film Horor Ini Dilarang Tayang di Banyak Negara

Foto: Reelgood

Terinspirasi Saw dan Hostel, penulis-sutradara Kouji Shiraishi membuat film-film itu seperti film Disney dengan filmnya, Grotesque. Film itu dianggap sangat mengganggu. Film ini berkisah tentang sepasang kekasih yang diculik seorang “dokter” brutal dan dipaksa menjadi subyek serangkaian eksperimen yang menyiksa.

Grotesque dilarang seutuhnya di Inggris. Alasannya, audiens tidak mendapatkan apa pun dari skenario penghinaan dan brutalitas yang ‘nonstop dan ‘meningkat’. Judul film ini dengan tepat mendeskripsikan Grotesque, yang sangat mengganggu saat ditonton.

8. Saw VI dan Saw 3D

Disturbing, 10 Film Horor Ini Dilarang Tayang di Banyak Negara

Foto: IMDb

Film seri Saw telah menjadi klasik kultus. Film ini dikenal dengan atmosfirnya yang mencekam dan adegan berdarah-darah. Penonton diajak untuk merasakan teror yang ditebar di dalamnya. Meski begitu, bertahun-tahun, tidak ada masalah dengan film seri ini sampai Saw VI dan Saw 3D dirilis.

Untuk sejumlah alasan, Saw VI dan Saw 3D dilarang tayang di Thailand dan Jerman. Saw VI bahkan sempat dilarang di Spanyol dan diberikan rating Pelicula X yang biasanya diberikan untuk pornografi. Alasan untuk melarang film keenam itu masih menjadi misteri. Sementara, film setelahnya, Saw 3D atau Saw VII atau Saw: The Final Chapter, dilarang dipamerkan ke khalayak di Jerman atas kekerasannya.

7. Hostel I dan II

Disturbing, 10 Film Horor Ini Dilarang Tayang di Banyak Negara

Foto: Bloody Disgusting

Film-film ini terkenal karena tingkat kekerasan dan kebejatannya. Film ini juga bikin takut turis yang backpacking ke Eropa. Tidak heran kalau banyak negara di Eropa punya masalah dengan film ini. Film pertamanya dilarang di Ukraina. Sedangkan yang kedua dilarang di Selandia Baru dan Jerman.

Konten franchise ini benar-benar mengerikan dan disturbing. Karena seluruh alurnya berpusat pada penyiksaan dan orang-orang sinting yang mau mempertaruhkan apa pun demi mendapatkan peluang untuk mengendalikan dan menyakiti orang lain. Dengan banyaknya adegan menakutkan dan membuat mual, agak mengejutkan kalau tidak banyak negara yang melarang film ini.

6. The Texas Chainsaw Massacre

Disturbing, 10 Film Horor Ini Dilarang Tayang di Banyak Negara

Foto: IndieWire

Sekarang, film seperti ini tidak bakal bikin waspada. Tapi, ketika dirilis pada 1974, film itu memicu kemarahan atas kekerasan dan kengeriannya. Di titik berbeda, film itu dilarang tayang di Brazil, Chile, Finlandia, Prancis, Islandia, Irlandia, Norwegia, Singapura, Swedia, dan Ukraina.

The Texas Chainsaw Massacre memimpin era baru kekerasan di layar yang pada akhirnya membuat penonton terbiasa. Tapi, ketika dirilis, itu adalah pengalaman yang mengejutkan. Sekuelnya yang dirilis pada 1986 juga menghadapi sensor yang sulit. Di Australia, film itu dlilarang tayang selama 20 tahun. Bahkan, toko yang menjual kopian bootleg-nya digerebek pemerintah.

5. I Spit on Your Grave

Disturbing, 10 Film Horor Ini Dilarang Tayang di Banyak Negara

Foto: Certified Forgotten
halaman ke-1
Share: