8 Anime dengan Twist Paling Mengejutkan di Episode 1

Jum'at, 20 Januari 2023 - 06:30 WIB
loading...
8 Anime dengan Twist Paling Mengejutkan di Episode 1
Sejumlah anime hadir dengan episode 1 yang mengandung twist mengejutkan. Twist ini mengubah keseluruhan premis cerita serial itu dan membawa nada yang gelap. (Foto: IMDb)
A A A
Sebagian besar anime memanfaatkan episode 1 mereka untuk memperkenalkan karakter dan latar cerita mereka. Dari sini, penonton akan diperkenalkan dengan karakter utama, dasar konflik, dan, terkadang, calon antagonisnya. Tapi, ada juga serial yang tidak mau menunggu lama untuk memberikan kejutan kepada penontonnya.

Sejumlah anime langsung memberikan twist di episode pertamanya yang bisa mengubah harapan penontonnya. Premis yang awalnya sederhana akhirnya berubah menjadi sesuatu yang lebih gelap. Sebagian besar penonton biasanya tidak mengantisipasi hal ini terjadi.

Berbeda dengan twist anime isekai yang sudah bisa ditebak dari awal, sejumlah anime ini tidak memberikan harapan apa pun kepada penontonnya, terutama yang tidak membaca manga-nya. Kejutan akan datang di ujung episode 1. Penonton pun akan semakin bersemangat menonton kelanjutan serial ini. Apa saja anime dengan twist paling mengejutkan di episode 1? Simak ulasannya berikut ini!



8. Bungou Stray Dogs

8 Anime dengan Twist Paling Mengejutkan di Episode 1

Foto: Reddit

Bungou Stray Dogs dimulai dengan premis yang sangat sederhana. Episode 1-nya memperkenalkan protagonisnya, Atsushi Nakajima, yang kelaparan di pinggir sungai. Dia kemudian menyelamatkan seorang pria aneh yang tenggelam. Pria itu adalah Osamu Dazai, seorang anggota Agensi Detektif Bersenjata. Ketika diajak makan di sebuah restoran, Atsushi bercerita kalau dia sebenarnya ketakutan karena merasa dirinya selalu diikuti seekor harimau yang sangat besar.

Dazai dan Doppo Kunikida mengatakan mereka bisa membantu Atsushi lepas dari harimau itu. Di menit-menit akhir episode 1 terungkap kalau harimau itu sebenarnya adalah Atsushi. Cowok itu tidak tau kalau dirinya punya kekuatan supranatural. Dari sinilah penonton akhirnya dibawa ke sebuah dunia di mana kekuatan supranatural dimanfaatkan untuk menyelesaikan atau memicu konflik dengan nada gelap dan juga twist yang mencengangkan. Bungou Stray Dogs bisa ditonton di Netflix (season 1-3), Bstation (season 3-4) dan iQIYI (season 4).

7. Code Geass

8 Anime dengan Twist Paling Mengejutkan di Episode 1

Foto: VRV

Code Geass dikenal atas ending-nya yang bagus. Tapi, episode 1-nya pun tak kalah seru. Episode itu awalnya terlihat seperti tipikal episode perkenalan anime. Banyak karakter dimunculkan, didampingi visual yang mengagumkan dan lagu pembuka yang fantastis. Tapi, tidak ada yang menyangka apa yang terjadi di ujung episode itu.

Protagonisnya, Lelouch, terjebak pertempuran antara pasukan penjajah dengan teroris. Meski berstatus bangsawan, tapi orang-orang yang terlibat pertempuran itu tidak mempedulikannya dan nasibnya sudah di ujung tanduk. Ketika Lelouch sudah pasrah dengan hidupnya, seorang cewek misterius bernama CC, menawarinya kontrak yang tidak bisa ditolaknya. Pertemuan Lelouch dengan CC langsung mengubah apa pun yang terjadi di serial ini. Code Geass bisa ditonton di channel Ani-One Asia di YouTube.

6. The Promised Neverland

8 Anime dengan Twist Paling Mengejutkan di Episode 1

Foto: The Promised Neverland Wiki – Fandom

Season 2 The Promised Neverland dicaci maki penggemarnya. Tapi, episode 1 serial ini adalah salah satu dengan twist yang paling mengejutkan di anime. Emma hidup bahagia di Panti Asuhan Grace Field bersama teman-temannya. Sementara sedih ketika ada yang diadopsi, anak-anak itu berharap kalau mereka akan mendapatkan keluarga angkat yang bahagia.

Bahkan, penggemar yang menebak kalau ada yang janggal dengan Grace Fielad atau kalau anak-anak yang diadopsi itu dibunuh, tidak akan mengantisipasi apa yang ditemukan Emma dan Norman secara tidak sengaja. Mereka melihat teman mereka Connie, kehabisan darah, dengan ekspresi ketakutan di wajahnya. Grace Field adalah sebuah ladang bagi iblis yang hanya makan daging manusia. Suspense-nya segera melejit begitu anak-anak itu sadar kalau mereka hanya punya sedikit waktu untuk kabur. The Promised Neverland bisa ditonton di Disney+ Hotstar.

5. Fruits Basket

8 Anime dengan Twist Paling Mengejutkan di Episode 1

Foto: Anime Ukiyo

Sekilas, tidak ada indikasi kalau Fruits Basket punya elemen fantasi sama sekali. Episode pertamanya, I’m Going, mengisahkan tentang Tohru Honda, seorang anak yatim, hidup dalam tenda. Dia kemudian berteman dengan Yuki Sohma yang misterius ketika ternyata tendanya ada di tanah milik keluarga Sohma yng kaya raya. Ini mengindikasikan adanya kisah cinta yang romantis.

Ketika Yuki mengimplikasikan kalau dia bisa mengendalikan tikus, penonton mendapatkan petunjuk atas apa yang terjadi. Tapi, tidak ada yang menyangka kalau Tohru secara tidak sengaja memeluk Yuki dan sepupunya, yang menyebabkan mereka berubah menjadi hewan. Terungkapnya kutukan turun temurun itu tidak hanya membuat serial ini berubah menjadi sebuah fantasi. Tapi, kutukan itu segera mengubah nada serial itu dari shoujo ringan mejnjadi drama berat. Fruits Basket bisa ditonton di Netflix dan Bstation.

4. Tokyo Ghoul

8 Anime dengan Twist Paling Mengejutkan di Episode 1

Foto: WordPress.com

Banyak anime supranatural yang menampilkan seorang manusia terjerat ke dunia monster dan makhluk lain yang lebih kuat dan menakutkan darinya. Episode pertama Tokyo Ghoul, Tragedy, sepertinya menuju ke arah itu. Ketika Ken Kaneki pergi berkencan dengan Rize, dia tidak tahu kalau cewek itu sebenarnya adalah ghoul pemakan manusia.

Kaneki selamat dari usaha cewek itu memakannya setelah dokter mentransplantasikan organ cewek itu ke tubuhnya. Sisa episode itu menggambarkan perubahannya yang pelan dan menyakitkan sebagai ghoul. Premis sebenarnya serial ini adalah Kaneki yang berusaha merekonsiliasi sisi manusia dan ghoul-nya. Itu adalah takdir yang lebih mengerikan dari yang harus dialami protagonis lain. Tokyo Ghoul bisa ditonton di Bstation.

3. Death Parade

8 Anime dengan Twist Paling Mengejutkan di Episode 1

Foto: Dailymotion

Judulnya mungkin mengindikasikan sifat asli serial ini. Tapi, setidaknya sejumlah penonton tertipu dengan episode pembukanya, Flyers. Seorang wanita bangun dan menemukan dirinya ada di Quindecim, sebuah bar di mana sejumlah orang amnesia muncul dan diperintahkan memainkan sejumlah game fantasi teraneh di anime.

Pelan-pelan, jadi lebih jelas apakah Quindecim dan pemiliknya yang aneh, Decim. Orang-orang itu sudah mati. Decim memutuskan siapa di antara mereka yang bisa bereinkarnasi dan siapa yang jiwanya dihancurkan. Pendamping barunya ada di sana untuk memberikan saran. Karena, kadang, Decim salah pilih. Itu adalah sebuah realisasi yang menakutkan dan membuat penonton bertanya-tanya seberapa jauh serial ini akan membawa premisnya.

2. Jujutsu Kaisen

8 Anime dengan Twist Paling Mengejutkan di Episode 1

Foto: YouTube

Jujutsu Kaisen mungkin lebih gelap dari rata-rata shounen. Tapi, episode pertamanya, Ryoumen Sukuna, sepertinya mengikuti struktur biasanya. Yuji Itadori, yang sudah kuat, cerdas, dan heroik, terjebak di sebuah pertarungan penyihir jujutsu. Dia kemudian melahap satu jari Raja Kutukan Sukuna. Dia pun mendapatkan kekuatan beasr dan membuatnya masuk dunia jujutsu.

Menit-menit terakhir episode 1 mengungkapkan kalau serial itu sebenarnya akan menuju ke arah yang sangat berbeda. Yuji sepakat untuk mengoleksi dan mengonsumsi semua jari Sukuna. Tapi, bukan karena dia ingin menjadi penyihir Jujutsu terkuat, alih-alih, dia ingin bisa dibunuh untuk menghancurkan semua bagian Sukuna sekali dan untuk selamanya. Ini mengubah harapan banyak penonton. Jujutsu Kaisen bisa ditonton di Netflix, Disney+ Hotstar, Bstation, dan Viu.



1. Monster

8 Anime dengan Twist Paling Mengejutkan di Episode 1

Foto: Together Price

Penggemar yang tidak tahu premisnya bisa dimaafkan kalau merasa judul serial ini metaforik, dengan apa yang harus dilalui dr. Kenzo Tenma di episode pertama. Tenma memilih menyelamatkan nyawa seorang bocah yang ditembak kepalanya alih-alih pendonor besar rumah sakit tempatnya bekerja. Kariernya pun kacau dan dia mengungkapkan isi hatinya di hadapan bocah yang sepertinya tidak sadar dengan mengatakan dia berharap semua dokter yang bertanggung jawab akan mati. Lalu, tiba-tiba, para dokter itu pun tewas.

Tapi, bocah itu, Johan Liebert, adalah salah satu anak paling mengerikan di anime. Dia tumbuh jadi lebih buruk. Ketika Tenma telah membangun ulang hidupnya, Johan membunuh salah satu pasiennya dan mengungkapkan kalau dialah yang membunuh semua dokter di rumah sakit untuk membalas budi kepada Tenma. Apa yang diyakini Tenma benar ternyata merupakan awal dari kehancuran dunia. Monster bisa ditonton di Netflix.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5313 seconds (0.1#10.140)