Profil Lengkap 10+ Karakter Utama Anime Bungou Stray Dogs

Rabu, 04 Januari 2023 - 21:21 WIB
Ada banyak karakter menarik di Bungou Stray Dogs yang penting bagi jalan cerita serial tersebut. Mereka punya kemampuan supranatural yang membuat mereka kuat. (Foto: Amazon)
Bungou Stray Dogs punya sederet karakter unik dengan desain yang stylish. Seluruh karakternya, baik mayor atau minor, protagonis dan antagonisnya, memakai nama sastrawan terkenal. Sastrawan ini ada yang berasal dari Jepang dan luar Jepang.

Kreator serial ini, Kafka Asagiri, bahkan melangkah lebih jauh. Dia menjadikan karya para sastrawan itu sebagai nama kemampuan yang dipunyai para karakternya. Selain itu, sejumlah karakter di serial ini juga punya sifat atau perilaku yang mirip dengan para sastrawan itu di dunia nyata.

Di Bungou Stray Dogs, ada berbagai macam organisasi jahat dan baik yang beroperasi di Yokohama. Masing-masing organisasi itu punya anggota yang berkemampuan khusus yang tidak bisa diremehkan. Di antara banyaknya organisasi itu, ada tiga yang paling penting di serial ini, yaitu Agensi Detektif Bersenjata (ADA), Port Mafia, dan pemerintah.

Seiring berjalannya cerita, organisasi ini mencari keberadaan Buku (Hon). Hon adalah buku supranatural yang diburu pada pengguna kemampuan. Keberadaannya tidak diketahui. Tapi, pengguna kemampuan dengan ketrampilan prekognitif melihat buku itu disegel di Yokohama. Satu halaman buku itu dikuasai pemimpin Decay of Angel, Kamui.

Buku itu sebenarnya adalah sebuah novel dengan semua halamannya kosong. Apa pun yang tertulis di dalamnya akan jadi kenayataan. Hanya ada satu Buku di dunia Bungou Stray Dogs dan tahan terhadap segala jenis api atau kemampuan khusus. Satu halaman dari buku itu diambil untuk tujuan riset. Halaman itu juga bekerja sebaik Buku yang disegel itu.



Meski terlihat beroperasi sendiri-sendiri, organisasi-organisasi ini saling terkait satu sama lain. Mereka mungkin tidak selalu bekerja sama dan malah bermusuhan. Tapi, ada kalanya mereka akan menyingkirkan perbedaan demi perdamaian Yokohama. Ada banyak karakter penting di masing-masing organsasi itu. Siapa saja karakter penting di Bungou Stray Dogs? Simak ulasannya berikut ini!



A. Agensi Detektif Bersenjata (ADA)



Foto: Reddit

Agensi Detektif Bersenjata (ADA) adalah organisasi protagonis di Bungou Stray Dogs. Grup ini didirikan Yukichi Fukuzawa sekitar 10 tahun lalu setelah dia bertemu Ranpo Edogawa. Mereka adalah kelompok yang berfokus pada penyelesaian masalah yang dianggap terlalu keras atau sulit diatasi polisi metropolitan. Sering kali, kejahatan itu ada kaitannya dengan hal-hal supranatural.

Hampir semua detektif di organisasi ini punya kekuatan khusus yang dikenal sebagai kemampuan. Agensi ini juga punya banyak koneksi dengan agensi pemerintah dan personel militer. Mereka menangani banyak informasi rahasia karena sifat pekerjaan mereka.

Staf agensi itu diberi otoritas seperti polisi. Makanya, mereka berwenang membawa pistol dan pisau dengan syarat tertentu. Mereka juga bisa menarik catatan dari polisi yang membuat mereka bisa melakukan tindakan tidak etis kalau mereka mau. Ini termasuk mencampuri investigasi otoritas, memalsukan informasi, dan bahkan menyadap atau secara diam-diam merekam fasilitas kunci.

1. Atsushi Nakajima



Foto: Looper

Umur: 18 Tahun

Tinggi: 170 cm

Kemampuan: Beast Beneath the Moonlight

Atsushi Nakajima adalah protagonis serial ini yang namanya diambil dari seorang penulis kondang di Jepang. Dia adalah remaja yatim piatu berusia 18 tahun yang diusir dari panti asuhan tempatnya hidup selama ini. Atsushi mengalami trauma dan menderita PTSD karena terus menerus dirundung dengan disebut tidak berharga.

Dia kemudian bertemu Osamu Dazai dan direkrut ke ADA. Atsushi punya kemampuan bernama Beast Beneath the Moonlight yang membuatnya bisa berubah menjadi harimau putih besar sehingga dia punya kemampuan fisik yang luar biasa. Dia kemudian bisa mengendalikan kekuatannya itu. Dia punya hati baik dan berjuang melindungi orang lain.

2. Osamu Dazai



Foto: Anime Corner

Umur: 22 Tahun

Tinggi: 181 cm

Kemampuan: No Longer Human

Di dunia nyata, Osamu Dazai adalah seorang penulis kondang di era Perang Dunia II di Jepang. Di Bungou Stray Dogs, Dazai adalah anggota ADA dengan masa lalu yang misterius. Dia juga merupakan salah satu karakter paling populer di serial ini, bahkan lebih populer ketimbang Atsushi. Dia dikenal sebagai maniak bunuh diri karena terus menerus berusaha bunuh diri dan ingin mati dengan damai, terutama bersama seorang wanita cantik.

Di balik sikapnya yang cuek dan rileks, Dazai sebenarnya sangat licik, cerdas, terampil, dan brutal. Dia adalah mantan eksekutif yang ditakuti di Port Mafia. Kemampuannya, No Longer Human, membuatnya bisa benar-benar membatalkan kemampuan supranatural apa pun hanya dengan sentuhan. Tak seperti kemampuan lain di serial ini, kemampuan Dazai selalu aktif.

3. Doppo Kunikida



Foto: CBR

Umur: 22 Tahun

Tinggi: 189 cm

Kemampuan: Lone Poet

Doppo Kunikida adalah mitra Dazai. Dia dikenal atas sifatnya yang sangat cermat dalam membuat rencana, rapi, dan perfeksionis. Karenanya, dia jadi mudah menjadi korban keisengan Dazai. Sebelum bergabung dengan ADA, Kunikida adalah guru matematika. Ini membuat Atsushi paham mengapa Kunikida sangat galak dan disiplin.

Kunikida punya kebiasaan menulis dan merencanakan semuanya di buku catatannya. Sampul buku itu dilabeli sebagai Ideal. Buku tulis itu punya kaitan dengan kemampuannya, Lone Poet, yang membuatnya bisa menghadirkan obyek apa pun yang dia tulis di buku itu, selama tidak lebih besar dari buku itu sendiri.

4. Jun’ichirou Tanizaki



Foto: Twitter

Umur: 18 Tahun

Tinggi: 174 cm

Kemampuan: Light Snow

Karakter ini diberi nama seperti penulis Jepang, Jun’ichirou Tanizaki. Dia bukanlah anggota ADA untuk pertarungan. Peran Tanizaki di agensi itu adalah asisten yang terutama berfokus untuk mengumpulkan informasi. Kemampuannya, Light Snow, membuatnya bisa memproyeksikan ilusi di area tertentu, yang sangat tidak cocok untuk bertarung. Dia tinggal bersama adiknya, Naomi, dan sangat menyayanginya.

5. Ranpo Edogawa



Foto: CBR

Umur: 26 Tahun

Tinggi: 168 cm

Kemampuan: -

Diberi nama seperti penulis misteri dan thriller kondang Jepang, Ranpo Edogawa adalah satu-satunya anggota ADA yang tidak punya kemampuan supranatural. Dia juga mendeklarasikan dirinya sebagai detektif hebat. Meskipun menjadi yang paling tua di kantor, Ranpo sama sekali tidak tahu keterampilan harian yang paling dasar. Dia lebih suka fokus pada kecerdasannya untuk menyelesaikan kasus. Keterampilan observasi dan deduksinya disebut Super Deduction. Kemampuan ini diklaim Ranpo bisa aktif ketika dia memakai kacamatanya.

6. Akiko Yosano



Foto: Bungou Stray Dogs

Umur: 25 Tahun

Tinggi: 166 cm

Kemampuan: Thou Shalt Not Die

Yosano adalah tenaga medis di ADA. Dia ditakuti karena perawatannya yang kejam. Kemampuannya, Thou Shalt Not Die, membuatnya bisa menyembuhkan luka apa pun. Tapi, ini hanya bisa dilakukan selama pasiennya hampir mati. Ini membuatnya sering melukai pasiennya sebelum menyembuhkannya. Kemampuan Yosano ini tidak bisa dipakai pada Dazai. Makanya, Dazai lebih sering mendapatkan perawatan di rumah sakit biasa ketimbang dari Yosano.

7. Kenji Miyazawa



Foto: Twitter

Umur: 14 Tahun

Tinggi: 158 cm

Kemampuan: Undefeated by the Rain

Bernama seperti novelis Jepang, Kenji Miyazawa adalah salah satu anggota paling muda di ADA. Cowok berusia 14 tahun itu selalu optimistis dan cuek. Dia berasal dari pedesaan dan sangat populer di antara warga Yokohama karena kejujuran dan sikapnya yang ceria. Ini membuatnya menjadi pengumpul data utama dari saksi mata untuk ADA. Kemampuannya, Undefeated by the Rain, memberinya kekuatan manusia super ketika dia lapar.

8. Kyouka Izumi



Foto: Bungou Stray Dogs Wiki – Fandom

Umur: 14 Tahun

Tinggi: 148 cm

Kemampuan: Demon Snow

Kyouka Izumi adalah anggota terbaru dan paling muda di ADA. Sebelum bergabung dengan ADA, dia direkrut Port Mafia dan menjadi pembunuh paling muda di organisasi itu. Kemampuannya, Demon Snow, mematerialisasikan Iblis Salju, arwah penghunus pedang kejam yang hanya mengikuti perintah dari telepon seluler tuanya. Dulunya, Ryuunosuke Akutagawa dari Port Mafia yang mengendalikan kemampuan Kyouka ini.

Orang tua Kyouka dulunya adalah pembunuh sampai kemudian seorang musuh berusaha menggunakan kemampuan manipulasi tubuh terhadap mereka. Ibu Kyouka, yang saat itu mempunyai Iblis Salju, membunuh suaminya dan dirinya sendiri karena dia secara pelan-pelan menyerah kepada kemampuan itu. Kata-kata terakhirnya sebelum mengembuskan napas terakhir adalah memerintahkan arwah itu untuk melindungi anaknya dan mewariskan kemampuan ini. Tapi, teknik ini tidak lengkap, sehingga Iblis Salju hanya mendengar perintah dari telepon.

9. Yukichi Fukuzawa



Foto: Tumblr

Umur: 45 Tahun

Tinggi: 186 cm

Kemampuan: All Men Are Equal

Yukichi Fukuzawa adalah Presiden ADA dan juga mentor Kunikida. Kemampuannya, All Men Are Equal, membuatnya bisa mengendalikan kemampuan anak-anak buahnya. Kemampuannya ini terutama berguna bagi mereka yang tidak bisa mengendalikan kemampuan mereka seperti Atsushi dan Kyouka.

Fukuzawa adalah sosok yang cukup terkenal di Yokohama. Sepak terjangnya dalam memberantas kejahatan dan hubungannya dengan berbagai macam organisasi yang terlibat membuat Fukuzawa punya banyak musuh. Season 4 akan menguak lebih lanjut masa lalu Fukuzawa sebelum dia mendirikan ADA.

B. Port Mafia



Foto: Twitter

Port Mafia adalah organisasi kriminal utama di Bungou Stray Dogs. Organisasi ini sudah berjalan lama dan sekarang dikepalai Ogai Mori. Dalam operasi sehari-hari, Mori dibantu lima orang eksekutif. Port Mafia juga punya banyak unit di dalamnya dengan fungsi yang berbeda-beda. Mereka punya izin bisnis terampil yang membuat mereka bisa melakukan aktivitasnya dengan cara yang sah. Port Mafia juga dikenal sebagai “Sipir Malam” Yokohama.

1. Ryuunosuke Akutagawa



Foto: Reddit

Umur: 20 Tahun

Tinggi: 172 cm

Kemampuan: Rashomon

Ryuunosuke Akutagawa adalah anggota Port Mafia. Dia adalah kepala Unit Komando di organisasi itu. Sebelum menjadi kepala, Akutagawa menjadi anak buah Osamu Dazai di Port Mafia. Akutagawa sangat membuktikan kepada Dazai kalau dia sudah kuat. Ini membuat Akutagawa sangat membenci Atsushi, yang menjadi anak buah Dazai di ADA.

Akutagawa punya kemampuan bernama Rashomon. Kemampuan ini membuatnya bisa mengubah mantel hitamnya berubah menjadi makhluk buas hitam yang bisa merobek apa pun, termasuk antariksa. Meski kuat, Akutagawa sakit-sakitan. Adiknya, Gin Akutagawa, juga menjadi anggota Port Mafia sebagai anggota unit Kadal Hitam.

2. Chuuya Nakahara



Foto: Twitter

Umur: 22 Tahun

Tinggi: 160 cm

Kemampuan: Upon the Tainted Sorrow

Chuuya Nakahara adalah eksekutif Port Mafia. Dia merupakan salah satu karakter paling populer di Bungou Stray Dogs. Bersama Osama Dazai, mereka dulu dikenal sebagai Soukoku (Duo Hitam) di Port Mafia. Chuuya bertubuh pendek, dia setinggi Levi Ackerman dari Attack on Titan. Chuuya selalu kesal kalau ada orang yang menyinggung tubuhnya itu, terutama Dazai.

Kemampuan Chuuya, For the Tainted Sorrow, membuatnya bisa memanipulasi vektor gravitasi obyek yang bersentuhan secara fisik dengannya. Tapi, kemampuan terkuatnya adalah Corruption. Tapi, dia tidak bisa mengendalikan kemampuan ini sehingga dia hanya bisa melakukannya kalau ada Dazai di sampingnya. Meski agak bersumbu pendek dan kejam, Chuuya masih bisa diajak kompromi karena dia tahu pentingnya berkompromi dan rasionalitas.

3. Kouyou Ozaki



Foto: Bungou Stray Dogs Wiki – Fandom

Umur: 26 Tahun

Tinggi: 171 cm

Kemampuan: Golden Demon

Kouyou adalah eksekutif Port Mafia dengan kemampuan bernama Golden Demon. Dia bisa melepas arwah penghunus pedang seperti Kyouya dan memberikan perintah. Kouyou sangat peduli pada Kyouya dan ingin agar cewek itu bahagia. Ketika dia berusia 19 tahun, Mori menugaskannya untuk menjadi pengawas Chuuya. Meski dia sangat memegang teguh martabat dan keanggunan, Kouyou tidak menyembunyikan sifat gelapnya.

4. Ougai Mori



Foto: YouTube

Umur: 40 Tahun

Tinggi: 175 cm

Kemampuan: Vita Sexualis

Ougai Mori adalah pemimpin saat ini Port Mafia. Meski menjadi bos mafia, dia bertindak seperti seorang gentleman, sopan pada sekutu dan musuhnya. Sebagai mantan dokter, dia bisa sangat berbahaya dalam pertarungan. Dia pragmatis dan matematis dalam pikirannya, dengan sering kali mengutip ahli logika dan statistik.

Kemampuannya, Vita Sexualis, membuatnya bisa mengonfigurasikan aksi dan mood Elise—cewek ABG yang dirawat Mori, di alam nyata, Elise adalah karakter di Dancing Girl karya Ougai Mori. Ini membuatnya bisa bertidak sebagai pengalih perhatian atau pelindungnya dengan kemampuan manusia super. Mori dulunya adalah mantan partner Fukuzawa.

C. Guild



Foto: WordPress.com

Guild adalah Masyarakat Rahasia Pengguna Kemampuan dari Amerika Utara yang dipimpin Francis Scott Key Fitzgerald. Para anggota Guild ini punya level Otoritas Diplomat sehingga bisa menekan pemerintah lewat diplomasi. Mereka menikmati hak di luar wilayah Amerika Utara. Bahkan undang-undang Jepang tak bisa membuat mereka ditahan.

Setiap anggota punya identitas sendiri di luar organisasinya. Setelah season 2, Guild terpecah jadi dua. Ada Guild yang dipimpin Fitzgerald dan Pasukan Guild Penyintas yang dipimpin John Steinback. Karena Steinbeck ingin balas dendam, anggota grup itu jadi saling bermusuhan.

1. Francis Scott Key Fitzgerald

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More