8 Rekomendasi Anime Terbaik dari Urban Legend Jepang

Senin, 07 November 2022 - 09:09 WIB
Foto: IMDb

Sebelum TV mengambil alih, anak-anak dan keluarga di Jepang dihibur dengan kamishibai. Itu adalah sebuah bentuk teater jalanan di mana seorang pria akan bercerita dengan kerangka kayu berjalan di mana mereka akan menggeser gambar masuk dan keluar. Yamishibai pada dasarnya adalah serial tentang itu, di saat sosok bertopeng aneh muncul dengan kiosnya untuk menceritakan cerita horor pendek. Serial itu kini punya 10 season dan terus bertambah. Setiap season terdiri atas episode sepanjang kurang lebih 5 menit.

Sebagian besar ceritanya menggunakan urban legend sebagai basis plotnya atau menggunakan sosok asli dari dongeng rakyat sebagai inspirasi. Misalnya, episode Dewi Payung di season pertama didasarkan pada Hachishakusama, seorang wanita setinggi 2,5 meter yang memburu anak-anak. Anime ini bisa ditemukan di Crunchyroll.

3. Ghost Stories



Foto: Amazon

Serial anime 2000 ini dimulai sebagai serangkaian novel hantu yang ditulis Toru Tsunemitsu. Mereka bahkan punya tetralogi film dan sebuah serial televisi sebelum ADV Films membuat animenya. Serial ini berkisah tentang Hajime dan teman-temannya yang bertemu sejumlah tokoh dari urban legend Jepang.

Dalam perjalanan, mereka bertemu sosok seperti Akagami Aogami, sosok berjubah yang bersembunyi di kamar mandi dan mengancam mencekik mangsanya sampai mati atau membuat mereka kehabisan darah. Yang paling terkenal, episode ketiganya yang seharusnya menampilkan Kuchisake Onna, Wanita Bermulut Terbelah. Tapi, tidak jadi karena banyaknya keluhan. Anime ini bisa ditemukan di Amazon Prime dan Crunchyroll.

2. Toilet-Bound Hanako-kun



Foto: Anime Trending

Salah satu urban legend Jepang yang lebih gigih adalah tentang Hanako-san, hantu seorang cewek yang mati di toilet umum. Seperti Bloody Mary, dia bisa dipanggil dengan cara mengetuk pintu bilik ketiga toilet umum dan bertanya apakah Hanako ada di sana. Kalau mereka mendapatkan respons, pemanggil itu akan melihat sebuah tangan berdarah yang akan menarik mereka ke dalam bilik dan membuat mereka menghadapi nasib yang lebih buruk dari kematian.

Cerita lainnya menampilkan Hanako versi cowok atau sosok baik yang bisa mewujudkan keinginan. Toilet-Bound Hanako melakukan keduanya. Di dalamnya, seorang siswa bernama Nene memanggil Hanako dan berharap bisa punya pacar. Alih-alih, dia malah terikat secara spiritual dengan Hanako-kun, hantu seorang cowok yang mempertahankan keseimbangan antara dunia manusia dan roh dengan mengatasi ancaman dan rumor paranormal. Season pertamanya bisa ditemukan di Crunchyroll dan Funimation.



1. GeGeGe no Kitaro



Foto: SyFy

GeGeGe no Kitaro sebenarnya dimulai sebagai cerita kamishibai yang disebut sebagai Kitaro dari Kuburan, yaitu tentang seorang bocah laki-laki cacat yang tinggal di pemakaman lokal. Ini juga menginspirasi The Candy Buying Ghost, sebuah dongeng tentang seorang pria yang menemukan bayi di pemakaman setelah hantu ibunya mengunjunginya dan meminta permen. Serial modern ini diangkat dari manga karya Shigeru Mizuki pada 1960. Cerita ini sudah diadaptasi menjadi anime sebanyak 6 kali antara 1968—2020.

Anime-anime ini umumnya adalah tentang Kitaro dan teman-temannya yang bertemu berbagai macam sosok dari dongeng rakyat Jepang dan Barat. Episode 10 dari season terakhir menampilkan semua dari cerita kondang Jepang, 7 Misteri Sekolah. Di episode itu, semuanya ada, dari Hantu Toilet Hanako dan versi cowoknya, Yosuke, hingga anjing berwajah manusia yang disebut Jinmenken dan patung bergerak Kinjiro Ninomiya. Sejauh urban legend berjalan, sulit menemukan anime yang lebih padat dari ini. Anime ini bisa ditemukan di Bstation.
(alv)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More