6 Daerah dengan Tradisi Unik Rayakan Kemerdekaan Indonesia

Sabtu, 13 Agustus 2022 - 06:57 WIB


Foto:Toiskandar/iNews

Ada yang tidak biasa dari pertandingan sepak bola yang diadakan di Cirebon untuk merayakan hari kemerdekaan. Bola yang digunakan bukan bola biasa, melainkan bola api. Karena terbilang ekstrem, peserta yang akan mengikuti pertandingan sepak bola api diwajibkan untuk berpuasa selama 21 hari. Selain diadakan pada hari kemerdekaan, warga Cirebon juga mengadakan sepak bola api ketika bulan Ramadan.

5. Tradisi Barikan – Malang



Foto: Dok. Kemenag

Tradisi Barikan dilakukan oleh masyarakat Malang setiap malam 17 Agustus. Pelaksanaan tradisi ini diisi dengan menyanyikan lagu kebangsaan, renungan kemerdekaan, makan bersama, serta doa bersama. Selain sebagai ajang mempererat persaudaraan, Barikan diadakan sebagai rasa syukur atas kemerdekaan yang diraih bangsa Indonesia.

Baca Juga: 7 Drama Korea yang Diadaptasi Menjadi Webtoon

6. Lomba Dayung – Banjarmasin



Foto: indonesiaheritage-cities.org

Tidak kalah dengan daerah lainnya, Banjarmasin memiliki tradisi unik merayakan HUT RI berupa perlombaan Dayung Perahu Naga yang diselenggarakan di Sungai Martapura. Perlombaan ini tidak hanya diikuti oleh warga lokal saja, banyak warga dari daerah lain juga mengikuti lomba ini. Selain itu, perlombaan ini juga digunakan sebagai ajang untuk mencari bibit atlet dayung andal.

GenSINDO

Deva Yohana

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
(ita)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More