Jurusan Kuliah Antimainstream yang Diminati, tapi Masih Langka

Sabtu, 02 April 2022 - 17:00 WIB
Beberapa jurusan kuliah mulai mendapatkan banyak peminat, tapi sayangnya hanya ada di beberapa kampus saja. Foto/Getty Images
JAKARTA - Beberapa jurusan kuliah yang tadinya kurang populer, perlahan mulai banyak diminati. Sayangnya, belum banyak perguruan tinggi yang membuka jurusan tersebut.

Dari jurusan terkait hukum dan psikologi hingga teknologi pertanian, berikut jurusan-jurusan tersebut.

1. Kriminologi



Foto: Pixabay



Jurusan yang mempelajari tentang kejahatan dan penyebabnya ini memang sangat langka, hanya tersedia di tiga kampus, yaitu UI, Universitas Budi Luhur, dan Universitas Islam Riau. Namun peminat jurusan ini tidak bisa dibilang sedikit.

Mengutip situs web SIMAK UI pada SNMPTN 2021, peminat jurusan ini mencapai 532 orang, sedangkan daya tampung untuk jalur SNMPTN hanya 18 orang.

2. Aktuaria



Foto: Pixabay

Jurusan ini mempunyai julukan “Matematika Asuransi”. Pemberian julukan ini bukan tanpa sebab karena mempelajari risiko industri perasuransian, dana pensiun, dan lainnya. Jurusan ini hanya menerima 60 orang mahasiswa baru pada 2022.

3. Astronomi



Foto: Pixabay

Secara umum, jurusan ini mempelajari penerapan ilmu matematika dan fisika agar tidak hanya dapat mengamati yang terjadi di ruang angkasa, tapi juga memodelkannya. Peminat jurusan bisa dibilang cukup banyak, tercatat pada 2020 ada 1.237 orang pendaftar.

Baca Juga: 8 Jurusan Kuliah Antimainstream di Indonesia, Prospeknya Bagus!

4. Ilmu Filsafat



Foto: Pixabay
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More