8 Hokage yang Pernah Memerintah Konoha di Serial Naruto

Minggu, 09 Januari 2022 - 23:57 WIB
Sejauh ini ada 7 Hokage dan 1 kandidat Hokage yang pernah berkuasa di Desa Konoha di sepanjang serial Naruto dan kelanjutannya. Masing-masing punya prestasi. (Foto: Fiction Horizon)
Hokage adalah pemimpin politik utama di desa Konoha. Jabatan ini setara kepala desa (kades) dengan semua kekuasaan dan tanggung jawab yang dibawa posisi tersebut. Sejak awal, Naruto telah mengincar posisi tersebut dan dia berhasil mendapatkannya.

Sepanjang anime dan manga Naruto, serta kelanjutannya di Boruto, sudah ada total 7 Hokage resmi yang dirujuk di sejarah Konoha. Selain mereka, ada satu kandidat Hokage yang sempat menjabat secara singkat. Naruto mendapatkan jabatan Hokage justru di Boruto, bukan di serial aslinya.

Dari 7 Hokage yang dirujuk serial ini, 3 di antaranya sudah meninggal dunia sebelum serial ini dimulai. Meski begitu, mereka semua punya dampak besar terhadap cerita dan karakter Naruto. Mereka juga merupakan ninja mumpuni. Siapa saja Hokage di Konoha? Dikutip dari Screen Rant, berikut ulasannya!



1. Hashirama Senju — Hokage Pertama





Konoha didirikan oleh dua musuh yang berteman, Madara Uchiha dan Hashirama Senju. Hashirama kemudian menjadi Hokage Pertama dalam sejarah desa itu. Impian Hashirama tentang perdamaian dunia adalah prinsip pemandu di sepanjang sejarah Konoha. Posisi kekuasaannya muncul dari kekondangannya sebagai Dewa Shinobi, salah satu ninja terkuat di franchise ini.

Awalnya, Hashirama ingin agar Madara yang menjadi Hokage Pertama. Tapi adiknya, Tobirama Senju, menekankan pemilihan demokratis yang akhirnya membuat Hashirama terpilih sebagai Hokage Pertama. Meski punya banyak kemampuan, Hashirama dikenal dengan teknik Elemen Kayu yang membuatnya bisa memanipulasi kayu dan tanaman. Hashirama kemudian menunjuk adiknya, Tobirama, sebagai penggantinya sebelum dia mati. Dia kemudian dihidupkan lagi oleh Sasuke dan Orochimaru.

2. Tobirama Senju — Hokage Kedua



Menyusul kematian kakaknya, Tobirama diangkat menjadi Hokage Kedua dalam sejarah Konoha. Sebagai Hokage, Tobirama sangat transformatif. Dia menciptakan banyak institusi di desa itu, seperti Akademi dan skuad pasukan khusus Anbu. Sementara dia juga menempatkan tekanan pada kesetiaan pada desa di atas kesetiaan pada klan. Klan Uchiha menolak perubahan ideologi ini.

Perpecahan antara klan ini dan kepemimpinan Konoha pun terjadi. Nyaris sekuat kakaknya, Tobirama juga bisa menggunakan banyak teknik, tapi dia paling dikenal dengan teknik Elemen Air dan penemuannya atas Teknik Dewa Petir Terbang. Dia dihidupkan kembali bersama Hokage lain yang sudah meninggal di Perang Besar Shinobi Keempat.

3. Hiruzen Sarutobi — Hokage Ketiga



Sebagai murid dua Hokage sebelumnya, Hiruzen dikenal di seluruh dunia ninja karena kekuatan dan kemampuannya dengan tongkat khasnya. Dia mewarisi julukan Hashirama sebagai Dewa Shinobi. Hiruzen ditunjuk sebagai Hokage oleh Tobirama sebelum dia wafat. Hiruzen dikenal atas gaya kepemimpinannya yang lembut. Dia berusaha menyeimbangkan dengan membiarkan Danzo Shimura memimpin Root.

Sebagai Hokage, Hiruzen juga melatih Orochimaru, Jiraiya, dan Tsunade. Dia berharap Orochimaru bisa menggantikannya sebagai Hokage. Tapi, dia kemudian memutuskan untuk mewariskan jabatan itu kepada Minato Namikaze, murid Jiraiya, setelah dia pensiun. Setelah Minato mati, Hiruzen kembali ke kantor Hokage lagi. Dia sekarat dalam pertarungannya melawan Orochimaru. Dia kemudian dihidupkan lagi saat Perang Besar Shinobi Keempat.

4. Minato Namikaze — Hokage Keempat



Setelah Hiruzen pensiun, Minato Namikaze, murid Jiraiya dan guru Kakashi Hatake, Obito Uchiha, dan Rin Nohara, sebagai penggantinya. Saat menjadi Hokage, Minato dan istrinya, Kushina Uzumaki, punya anak yang dinamai Naruto Uzumaki. Anak itu lahir di malam yang sama ketika Kurama menyerang Konoha. Minato bertempur melawan Kyubi itu, yang sebelumnya tersegel di dalam diri Kushima.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More