10 Superhero dengan Disabilitas yang Tampil di Film Marvel

Kamis, 25 November 2021 - 23:59 WIB
Superhero tak selamanya tampil dengan fisik sempurna. Sederet pahlawan di film Marvel merupakan penyandang disabilitas. Tapi, itu tidak menghalangi aksi mereka. (Foto: CBR)
Superhero dikenal sebagai sosok manusia dengan kekuatan dan kemampuan yang melebihi orang lain. Mereka selalu menolong orang yang lemah dan menegakkan keadilan. Namun, tak semua dari mereka tampil sempurna secara fisik.

Ada sejumlah superhero dari dunia Marvel yang muncul dengan fisik tidak sempurna. Mereka ada yang mengalami kehilangan pendengaran atau tunarungu, tunawicara, buta, kehilangan salah satu anggota tubuhnya atau bahkan lumpuh dan harus duduk di kursi roda. Namun, kekurangan itu tidak menghalangi mereka berbuat kebaikan.

Sederet film Marvel telah menampilkan para superhero yang memiliki disabilitas. Kekuatan mereka tak kalah dari yang lain. Bahkan, ada yang pemimpin kelompok superhero mereka. Ada yang telah teruji, tapi ada juga baru akan diperkenalkan.

Daftar ini hanya menampilkan karakter superhero dengan disabilitas yang masih hidup. Jadi Tony Stark yang mengalami masalah dengan jantungnya dan Odin tidak dimasukkan karena mereka sudah tiada. Lantas siapa saja mereka? Berikut ulasannya!





10. Maya Lopez/Echo



Episode 2 serial Hawkeye yang tayang di Disney+ Hotstar menawarkan sedikit penampakan Maya Lopez. Diperankan Alaqua Cox, Maya nantinya akan menjelma sebagai superhero bernama Echo. Dia mampu menggemakan dan menirukan gerakan orang lain. Dia adalah keturunan Native-America dan menderita tunarungu atau tuli. Belum diketahui seperti apa nanti aksinya di MCU. Yang jelas, pemerannya, Alaqua, juga seorang tunarungu seperti Maya. Selain itu, Alaqua juga mengalami amputasi di salah satu anggota tubuhnya.

9. Nick Fury



Mata-mata super dari SHIELD ini diperkenalkan sejak Iron Man (2008) dengan penampilan khasnya. Dia mengenakan penutup untuk salah satu matanya. Berbeda dengan di komik, MCU menjelaskan jika Nick kehilangan matanya akibat cakaran kucing bernama Goose di Captain Marvel (2019). Kucing yang mencakarnya itu bukan kucing sembarangan. Dia adalah perwujudan alien.

Meski kehilangan satu matanya, Nick tetap tampil garang. Dia tidak menganggap kekurangannya itu sebagai penghambat dirinya untuk mengungkap kejahatan. Dia masih menjadi kekuatan di balik terbentuknya Avengers dan terlihat dihormati banyak orang di SHIELD dan anggota Avengers.

8. Clint Barton/Hawkeye



Di komik, Clint Barton adalah superhero yang menderita tunarungu. Tapi, aspek ini belum ada di MCU hingga serial Hawkeye tayang di Disney+ Hotstar. Di episode 1 serial itu, Clint terlihat mengenakan alat bantu pendengaran di telinga kirinya. Ini mengindikasikan jika Hawkeye telah kehilangan pendengarannya.

Belum dijelaskan secara eksplisit penyebab Clint kehilangan pendengarannya di MCU. Namun, penyebab hilangnya pendengaran Clint itu dikenal sebagai kehilangan pendengaran akibat kebisingan (NIHL), yang sering bisa diikuti oleh tinnitus yang ekstrem. Ini bisa terjadi pada mantan tentara yang berkali-kali beraksi tanpa perlindungan telinga. Hilangnya pendengaran Clint ini, sebagaimana dikutip dari Screen Rant, adalah akibat dari dampak akumulasi trauma.

7. Bucky Barnes



Ketika muncul kali pertama di Captain America: The First Avenger, Bucky Barnes tampil dengan fisik yang utuh. Namun, di film itu, dia kemudian jatuh dari kereta. Akibatnya, dia kehilangan lengan kirinya. Lengan itu terpaksa diamputasi. Hydra mengganti tangannya itu dengan lengan prostetik buatan mereka.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More