10 Mangaka yang Diduga Menjadi yang Terkaya di Jepang

Selasa, 26 Oktober 2021 - 18:04 WIB
5. Yoshihiro Togashi — Hunter x Hunter



Hunter x Hunter mengisahkan tentang seorang remaja bernama Gon yang tahu kalau ayahnya adalah seorang pemburu yang terkenal, semacam petualang di manga ini. Serial ini sangat populer dan dikenal atas artefak serta makhluk-makhluk aneh. Manga ini juga menjelma menjadi kerajaan media kecil. Saat ini, penjualan manga ini mencapai sekitar 80 juta eksemplar. Sementara, kekayaan Togashi diduga mencapai sekitar USD25 juta (Rp353,2 miliar) atau lebih.

4. Hajime Isayama — Attack on Titan



Pencipta Attack on Titan dan mangaka Hajime Isayama tidak hanya menggambar raksasa, tapi juga punya koleksi penjualan raksasa dan uang yang sangat besar. Attack on Titan mengikuti sebuah masyarakat yang dikacaukan sekelompok humanoid raksasa bernama Titan. Serial ini pun telah menjadi sangat populer. Saking populernya, penjualan manga ini mencapai lebih dari 100 juta volume. Kekayaan Isayama diperkirakan mencapai antara USD45—50 juta (Rp635,9—706,5 miliar).

3. Gosho Aoyama — Detective Conan



Gosho Aoyama adalah otak di balik manga yang sangat populer, Detective Conan. Manga ini mengisahkan tentang detektif remaja yang terjebak di tubuh bocah berusia 7 tahun yang menyelesaikan banyak misteri. Serial ini sudah terjual sekitar 230 juta volume, tapi mungkin angkanya jauh lebih tinggi. Kekayaan Aoyama diperkirakan mencapai USD50 juta (Rp706,5 miliar). Level kesuksesannya jelas bukan level anak-anak.

2. Akira Toriyama — Dragon Ball



Menyebut Akira Toriyama sebagai salah satu mangaka paling berpengaruh di Jepang itu meremehkan. Dengan penjualan berbagai serial Dragon Ball-nya yang naik mencapai 300 juta volume, Toriyama jelas adalah ikon manga. Toriyama juga punya perbedaan dalam meluncurkan Dragon Ball Z. Dan, ini bukan satu-satunya sumber uangnya. Dia juga bertanggung jawab atas desain karakter serial video game Dragon Quest. Meskipun dampak dan pengaruhnya sangat luar biasa, kekayaaan Toriyama disebut mencapai USD45—50 juta (Rp635,9—706,5 miliar). Angka yang kecil bagi pencipta Dragon Ball. Tapi, kadang, orang tidak dibayar sesuai nilai mereka.



1. Eiichiro Oda — One Piece



Bukan sebuah kejutan kalau Eiichiro Oda, otak di balik manga terlaris sepanjang masa, One Piece, juga merupakan mangaka terkaya di Jepang. Sejak petualangan Topi Jerami diperkenalkan pada 1997, serial ini sudah terjual hingga 500 juta volume. Angka ini jelas mengungguli hampir semua manga terlaris dan terbesar saat ini. Banyak yang memperkirakan kalau kekayaan Oda mencapai USD200 juta (Rp2,8 triliun). Tapi, ada juga yang memperkirakan kekayaannya mencapai USD230 juta (Rp3,2 triliun). Ini jelas tidak hanya membuat Oda sebagai mangaka yang masih bekerja terkaya tapi juga yang terkaya di sepanjang sejarah.
(alv)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More