10 Mangaka yang Diduga Menjadi yang Terkaya di Jepang

Selasa, 26 Oktober 2021 - 18:04 WIB
Mangaka adalah salah satu profesi keren yang tidak hanya mendatangkan ketenaran, tapi juga uang. Di Jepang, ada sederet mangaka yang diduga menjadi yang terkaya. (Ilustrasi/Foto Ilustrasi: SINDOMedia/Adi Wicaksono)
Menjadi mangaka atau penulis manga memang terdengar keren. Kemampuan untuk menciptakan dunia dan karakter yang disukai penggemar adalah sebuah imbalan. Tambah keren lagi, profesi ini juga mendatangkan banyak uang dari penjualan judul yang benar-benar jadi hit. Tak heran jika para penggemar manga suka mengidolakan mangaka terkenal dan kaya.

Namun, untuk menentukan siapa mangaka terkaya bisa jadi sulit. Tidak semua mangaka mengakui berapa banyak kekayaan yang mereka dapatkan. Tapi, informasi yang ada adalah jumlah penjualan volume manga dan jika dikombinasikan dengan sumber yang membahas tenang kekayaan mangaka seharusnya memberikan sekilas pemandangan jumlah uang yang dihasilkan mangaka terbesar Jepang.

Yang harus dipertimbangkan adalah warisan. Seorang kreator mungkin sudah tiada di dunia ini. Tapi, kreasi mereka masih sangat bisa menghasilkan uang untuk estate mereka. Dikutip dari CBR, berikut ranking mangaka terkaya di Jepang yang hanya memasukkan mangaka yang masih aktif! Daftar ini hanya melibatkan mangaka tunggal, bukan tim.



10. George Morikawa — Hajime no Ippo





Hajime no Ippo adalah manga tinju yang berjalan dengan baik selama 20 tahun. Manga ini masih digambar George Morikawa. Serial ini dimulai pada 1989 dan belum terlihat bakal berakhir dalam waktu dekat. Itu artinya lebih banyak uang dan penjualan buat Morikawa. Serial ini mendekati penjualan 100 juta volume. Kekayaan Morikawa diperkirakan sudah ada di separuh jalan menuju USD1 juta (Rp 14,1 miliar). Ini memang terlihat sangat rendah. Tapi, sepertinya kekayaan Morikawa jauh lebih tinggi, mencapai angka dua digit.

9. Keisuke Itagaki — Baki the Grappler



Baki the Grappler mengisahkan tentang seorang petarung remaja di serangkaian kompetisi tarung maut. Serial ini punya banyak sekuel dan masih sangat aktif sampai sekarang. Manga tarung memang sangat populer dan Baki adalah salah satu yang terbesar. Bisa menjadi catatan, putri Itagaki, pencipta Beastars, jelas mengikuti jejak ayahnya. Berbagai koleksi Baki telah terjual sekitar 75-80 juta. Kekakayaan Itagaki sangat sulit untuk diverifikasi. Perkiraan terbaiknya mungkin di antara USD1—5 juta (Rp14,1—70,7 miliar).

8. Yōichi Takahashi — Captain Tsubasa



Captain Tsubasa adalah salah satu manga olahraga terbesar yang pernah dibuat. Manga ini disukai di seluruh Jepang atas karakternya yang menarik dan aksi olahraganya. Serial ini benar-benar menyebabkan booming fandom sepakbola di Jepang. Penjualan Captain Tsubasa, termasuk semua spinoff-nya, mencapai 80 juta. Kekayaan Takahashi diperkirakan antara USD1—5 juta. Tapi, dampaknya pada fandom sepakbola di Jepang jelas merupakan bonus besar.

7. Hirohiko Araki — JoJo’s Bizarre Adventure



JoJo’s Bizarre Adventure adalah salah manga paling stylish dan disukai sampai sekarang. Manga ini pun berjalan baik bagi penciptanya, Hirohiko Araki. Serial ini mengisahkan tentang sejumlah anggota Jostar. Manga ini dikenal atas posenya yang konyol. Serial ini juga dikenal atas konsep Stand atau semacam proyeksi cenayang untuk tujuan bertarung. JoJo telah terjual setidakya 100 juta volume. Kekayaan Araki diperkirakan mencapai USD6—13 juta (Rp84,7 miliar—183,6 miliar). Tapi angka ini terlihat terlalu rendah.

6. Masashi Kishimoto — Naruto



MasashiKishimoto dikenal atas karyanya, Naruto. Serial ini mengisahkan tentang seorang remaja yang ingin menjadi ninja. Manga yang sangat populer ini kemudian diikuti dengan Boruto, anak Naruto dari seri aslinya. Serial itu, termasuk Boruto, adalah franchise manga terlaris dalam sejarah yang terjual hingga sekitar 250 juta eksemplar. Meskipun serialnya sukses luar biasa, kekayaan Kishimoto diperkirakan hanya mencapai sekitar USD20—25 juta (Rp282,6—353,2 miliar). Tentu saja, itu uang yang sangat besar. Tapi, dengan dampak karyanya, angka itu jugua termasuk kecil.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More