5 Kasus Putusnya Jaringan Internet yang Bikin Heboh Seluruh Dunia

Rabu, 06 Oktober 2021 - 21:51 WIB
4. Kesalahan konfigurasi Verizon — 2019



Pada 24 Juni 2019, Amerika Serikat (AS) mengalami hilangnya akses internet. Peristiwa ini disebabkan karena kesalahan konfigurasi yang dilakukan oleh perusahaan telekomunikasi Verizon. Akibatnya, koneksi internet kacau dan menyebabkan hilangnya akses internet. Insiden ini berlangsung selama 3 jam.

Verizon mengatakan mereka secara tidak sengaja me-reroute paket IP setelah salah menerima konfigurasi salah sebuah jaringan dari ISP kecil di Pennsylvania. Menurut Register, akibatnya, sistem di planet ini secara otomatis terbarui. Sementara, koneksi ke Facebook, Cloudflare, dan lain-lain berakhir melintasi DQE dan Allegheny, yang tertekan. Akibatnya, traffic pun menghilang ke lubang hitam.



5. Putusnya akses Facebook, Instagram dan WhatsApp— 2021



Awal pekan ini, Facebook dan aplikasi lain di bawah naungannya, seperti Instagram dan WhatsApp, menghebohkan dunia. Pada Senin (4/10) malam sampai Selasa (5/10) pagi waktu Indonesia, selama 6 jam, media sosial itu tidak bisa diakses. Netizen pun heboh.

Mengutip BBC, penyebab tidak bisa diaksesnya ketiga media sosial di atas adalah karena kesalahan yang terjadi pada router Border Gateway Protocol (BGP) milik mereka. Akibatnya, perangkat pengguna tidak berhasil mengakses IP DNS milik ketiga media sosial itu. Gangguan ini berdampak pada sekitar 2 miliar lebih pengguna mereka di seluruh dunia.

Burhanuddin Robbany

Kontributor GenSINDO

UIN Walisongo Semarang

Instagram: burhanuddin_robbany
(alv)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More