Kamu Calon Mahasiswa Baru? Ini Kiat Memaksimalkan Potensi Diri saat Masa Kuliah

Senin, 26 April 2021 - 16:54 WIB
Foto: Freepik

Sebenarnya insecureatau rasa tidak percaya diri adalah hal yang normal dan sering dialami kebanyakan orang. Namun, jangan sampai malah menghambat kamu untuk berkembang.

Kalo lagi insecure, coba identifikasi penyebabnya apa. Kalo misalnya karena pendapat orang lain, faktanya yang saya baca dari buku ‘How to Win and Influence Friends’, orang lebih peduli sama dirinya sendiri dan gak terlalu peduli dengan orang lain,” ungkap Faisal.

Nah, kalau kamu tak percaya diri karena menganggap belum cukup jago, kamu harus mau belajar. Sekarang informasi sudah tersebar luas dan mudah untuk diakses, jadi tidak ada alasan lagi untuk mager, karena kuncinya punya niat dan mau memulai!

4. MEMBUAT PERENCANAAN DENGAN BAIK



Foto: Freepik

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, hukumnya wajib untuk memperhatikan waktu pengerjaan. Faisal berpendapat inti membagi waktu yang baik adalah perencanaan dengan memperhatikan kondisi tubuh.

“Untuk menghindari burn out,saya menerapkan teknik Pomodoro, 25 menit kerja diselingi 5 menit istirahat. Hasilnya produktivitas jadi meningkat,” kata Faisal. Kemudian kamu bisa banget memanfaatkan aplikasi planner seperti Trello atau Notion untuk membantu mengorganisasikan pekerjaanmu.

5. CARA MENGATASI KELEMAHAN DAN MENGHADAPI TANTANGAN



Foto: Shutterstock

Dalam mengatasi kelemahan diri, biasanya Faisal memulai dengan mengidentifikasi masalah. Kalau akar permasalahan sudah diketahui, tahapan selanjutnya adalah mencoba memecahkan permasalahan tersebut. Proses ini akan terus berulang sepanjang kita hidup seiring munculnya kelemahan lainnya. Nobody’s perfect!

Sedangkan ketika tantangan menghampiri, coba tanyakan ke diri sendiri alasan mengapa kamu memulai suatu hal agar memudahkan kita kembali pada tujuan awal, “Misalnya ketika lomba, nilai di tahap pertama jelek, saya coba mengingat kembali tujuan saya ikut lomba mau membawa medali ke ITB. And it keeps me going,” cerita Faisal.

Baca Juga: 10 Kalimat Bijak Suga BTS untuk Bantu Kamu Jalani Masa Muda

6. MENGIKUTI BANYAK PERLOMBAAN



Foto: Freepik

Siapa yang ikut lomba saja belum, tapi sudah nyerah duluan? Sayang banget, padahal ikut lomba bisa jadi salah satu ajang akselerasi dalam mengembangkan diri. Lomba acap kali memacu individu untuk berusaha secara maksimal dan terus menjadi lebih baik.

“Kalau di kuliah kan gak ada kompetisi secara langsung, nilai atau IPK, ya, balik ke masing-masing orang. Sedangkan lomba memberikan kompetisi secara langsung,” katanya.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More