Ini Sebenarnya Jumlah Teman yang Kamu Butuhkan Menurut Para Ahli

Rabu, 14 Oktober 2020 - 20:00 WIB
Penelitian tim Oxford University menemukan bahwa semakin besar atau kompleks suatu kelompok, maka semakin besar pula ukuran otaknya.

Jadi, menurut Dunbar, “Jumlah individu yang bisa mempertahankan hubungan dekat dengan seseorang dibatasi oleh pemrograman otak.”



Foto: Helena Lopes/Unsplash

Lalu, gimana dengan dengan orang yang punya banyak teman di media sosial ? Hasil dari penelitian mengungkapkan bahwa sebagian besar hubungan tersebut sangat dangkal.

Bruno Goncalves dan rekannya di Indiana University meneliti penggunaan Twitter di antara 1,7 juta orang dan menemukan bahwa pengguna cuma bisa menikmati maksimal 100-200 hubungan yang stabil, hal ini sesuai dengan teori Dunbar.

Peneliti Michigan State University juga menemukan bahwa di antara pengguna Facebook, jumlah hubungan dekat jauh lebih sedikit dari jumlah total teman di platform. ( )

Dengan adanya media sosial, hubungan pertemanan dan persahabatan kita memang ikut berubah. Tapi, hal tersebut gak bisa menggantikan interaksi tatap muka untuk menciptakan hubungan dekat.

Maria Konnikova mengatakan di The New Yorker, bahwa tanpa menginvestasikan waktu tatap muka, maka kita bakal kehilangan hubungan yang lebih dalam dengan mereka.

Waktu yang kita pakai untuk melakukan hubungan dangkal juga bakal mengorbankan hubungan yang lebih mendalam.

Vica Nurul Aini

Kontributor GenSINDO

Politeknik Negeri Jakarta

Instagram: @vicaaan
(it)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More