Baterai Besar, USB-C, dan Kamera 13 MP, Simak Keunggulan Redmi 8A Pro

Senin, 04 Mei 2020 - 16:22 WIB
LAYAR



Kombinasi layar IPS 6,22 inci, resolusi HD+ 720 x 1520 piksel (bukan 1280 piksel), dengan rasio 19:9 telah dilindungi Corning Gorilla Glass 5. Ketajamannya terbilang sangat baik, misalnya untuk menonton video YouTube ataupun gim yang mengedepankan grafis seperti Call of Duty: Mobile (CoDM).

KAMERA



Dengan harganya, wajar jika Redmi 8A Pro hanya mengusung dua kamera. Yakni 13 MP, f/2.2 dan 2 MP, f/2.4. Tapi, di luar dugaan, kualitas kameranya cukup apik. Di pencahayaan minim, misalnya, foto yang diambil memang ada noise. Namun, relatif masih bisa digunakan.

Karena memang dibantu oleh AI. Kita juga bisa mengoptimalkan hasil foto dengan mengaktifkan fitur HDR dan Portrait untuk subyek manusia. Hasilnya lebih bagus. Kualitas rekam video 1080p/30 fps juga cukup baik. Untuk kamera selfie memakai 8 MP, f/2.0.

PERFORMA



Walau dirancang untuk ponsel entry level, tapi performa system on chip (SoC) Snapdragon 439 (12 nm) bisa mendekati model lama Snapdragon 625. Karenanya, lebih ideal melebur Redmi 8A Pro dengan opsi RAM 3 GB (ditunjang kartu grafis Adreno 505).

Saya mencobanya untuk bermain Call of Duty Mobile yang terbilang berat, dan hasilnya sangat baik. Cukup responsif. Siapa sangka ponsel dibawah Rp2 juta bisa memainkan gim-gim dengan grafis tinggi. Opsi internal memori memang hanya 32 GB, tapi bisa ditambah hingga 512 GB memakai kartu microSD.

MIUI 11

Penyegaran di MIUI 11 (berbasis Android 9.0 Pie) membuat Redmi 8A Pro lebih nyaman dinavigasikan. Misalnya fitur gim booster Game Turbo. Tidak hanya kinerja smartphone di dorong lebih tinggi saat aplikasi gim dijalankan, tapi juga ada Game Space yang memudahkan memilih gim yang ingin dimainkan.

Optimalkan pula fitur Second Space, yang seolah dalam 1 ponsel ada 2 pengguna. Misalnya untuk bermain dan bekerja. Manfaatkan juga Digital Wellbeing untuk memantau konsumsi digital kita.

BATERAI JUMBO & USB-C



Di bawah Rp2 jutaan, kekuatan Redmi 8A Pro tentu saja baterai jumbo berkapasitas 5.000 mAh. Memang ukurannya sedikit lebih tebal. Tapi sekali lagi, tetap nyaman digenggam. Dampaknya, daya tahan ponsel ini lama sekali. Ideal untuk kebutuhan kuliah, bekerja, dan lainnya.

Hal lain yang saya suka adalah dukungan USB Type-C. Ini berdampak selain lebih cepat mentransfer file, lebih cepat pula saat mengisi daya (di dukung Quick Charge 3.0 berdaya 18 Watt). Inilah kombinasi ideal di entery level, karena baterai di atas 4.000 mAh dan micro USB butuh waktu yang sangat lama untuk mengisi penuh.

KESIMPULAN

Jika memiliki bujet Rp1,5 jutaan, menurut saya Redmi 8A Pro 3 GB/32 GB adalah opsi terbaik. Karena desainnya baru, kamera lebih mumpuni, serta harga sangat kompetitif.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More