Seluk-Beluk Jadi Penyiar Radio, Apakah Masih Bisa Eksis di Mata Gen Z?

Kamis, 24 Oktober 2024 - 15:26 WIB
Pada umumnya, media bekerja 24 jam. Setiap jam harus ada karyawan yang masuk, bahkan mengisi program ketika sedang libur.

Karena jam kerja yang tidak umum, maka waktu bersosialisasi seorang penyiar dengan teman-temannya juga bisa berkurang.

"Awalnya pasti kaget, tapi lambat laun pasti akan terbiasa. Inilah tantangan jam shift kerja pada program di industri media dari dulu sampai sekarang," ujarnya.

Tips and Trik Menjadi Penyiar Radio



Ita membagikan beberapa hal yang perlu disiapkan untuk menjadi seorang penyiar radio. Tipsnya yaitu melatih kualitas suara, intonasi, dan suara perut. Kalau sudah merasa cantik dan pintar saja, itu tidak cukup dan belum tentu langsung bisa.

Tips lainnya adalah menambah ilmu lebih banyak dengan mengikutiworkshop, dan tidak sombong hanya karena merasa sudah punya banyak pengetahuan. Tempa mentalnya dan jangan menjadi generasi stroberi yang cantik di luar tapi mudah hancur.

"Apakah kalian generasi mangga? Mesti dikerok dulu baru manis? Kalau mau stroberi, anggapannya walau manis dan asam tapi ketika di-blend bisa menyehatkan orang lain," katanya.



Harapan pada Generasi Muda untuk Industri Radio



Ita berharap generasi muda tidak meninggalkan radio. Mereka harus mencoba mendengarkan dan menikmati radio terlebih dahulu.

"Walau tidak ada visual dan grafik, tapi dengar radio dapat menambah ilmu, wawasan dan infotainment. Kenal dulu, baru bisa jatuh cinta," ujarnya mengakhiri obrolan.

Florencia Karuna Suherman

Kontributor GenSINDO

Universitas Bunda Mulia Serpong

Instagram: @florenciakaruna
(ita)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More