Seluk-Beluk Jadi Penyiar Radio, Apakah Masih Bisa Eksis di Mata Gen Z?

Kamis, 24 Oktober 2024 - 15:26 WIB
Para pendengar masih tahu batasan sehingga penyiar tetap merasa aman dan tidak risih dengan adanya keberadaan pengikut berat ini. Justru, pendengar dan penyiar radio semakin membangun kedekatan yang lebih khusus.

Apakah Teknologi itu Menakutkan bagi Industri Radio?



Perkembangan teknologi tidak membuat industri radio takut. Justru perasaan senang dan bangga itu semakin tinggi karena kegiatan penyiaran radio dapat melibatkan anak-anak muda.

Selain itu, teknologi telah memudahkan para pendengar dengan membuatnya menjadi digital. Kita dapat mendengarnya di mana saja dan kapan saja. Tidak terbatas waktu dan tempat.

"Perubahan dan perkembangan di industri radio itu ternyata banyak sekali sehingga menuntut kita untuk beradaptasi. Tapi adaptasi ini tak menghilangkan semangat kita untuk menjalaninya," ucap Ita antusias.



Foto:Getty Images

Ita masih terus melihat kemajuan Sonora FM sampai sekarang. Baginya, radio Sonora FM sudah berhasil mengikuti perkembangan zaman digital.

Personalisasi Radio menjadi Kunci Utama untuk Tetap Bertahan di Perubahan Zaman



Bagi Ita, mengetahui tipe pendengar radio yang ditargetkan adalah kunci utama, khususnya pada demografi. Radio Sonora FM menargetkan ibu rumah tangga, pebisnis, orang dewasa, tingkat senior, dan profesional.

Sonora FM dapat bertahan karena membuat program yang sesuai dengan demografi pendengarnya. Maka dari itu, para pendengar tersebut masih menyukai program-program yang disajikan radio Sonora FM dari dulu sampai sekarang.

Program unggulan menjadi aspek lain yang tak kalah penting. Seperti AMKM (Anda Meminta Kami Memutar) dari Sonora FM adalah programmeminta lagu sambil menyelipkan pesan-pesan khusus kepada para pendengar. Lagu-lagu tahun 1970 - 1990an masih menjadi nostalgia di hati pendengar.

Pesan lagu yang disampaikan oleh penyiar berhasil membuat kesan bahagia tersendiri dan menciptakan lingkungan yang spesial, memberi perhatian sampai ucapan manis sehingga para pendengar semakin semangat untuk beraktivitas.

Hoaks Mudah Tersebar di Masa Digital, Inilah Cara Industri Radio Melakukan Konfirmasi Berita



Ita mengatakan bahwa biasanya mereka mendapat tugas dari atasan untuk meliput. Oleh karena itu, mereka harus mengetahui informasi dari berbagai media.

Bila ada informasi yang berbeda, maka ia dan rekannya harus konfirmasi ke narasumber di lapangan. Mereka akan melakukan survei, penyesuaian data, dan merangkum beberapa poin penting.

"Apakah benar data yang didapatkan kita sebelumnya seperti ini? Filter itu, tidak hanya menelan bulat-bulat dari satu atau media besar yang kita percayai. Data tidak boleh terlalu jauh, konfirmasi ke narasumber dan teman-teman media di lapangan," jelas Ita.



Foto:Jessica Candra

Pembagian Shift Kerja Masih Menjadi Tantangan dalam Industri Media

Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More