Fishbone Diagram, Teknik Pemecahan Masalah untuk Cegah Kegagalan sejak Dini

Senin, 21 Oktober 2024 - 14:54 WIB

3. Rincikan Penyebab Spesifik dari Setiap Faktor



Dari setiap cabang utama tadi, buat subcabang yang lebih spesifik. Misalnya, pada faktor manusia, kamu bisa menambahkan penyebab spesifik di bawahnya, seperti kurangnya disiplin atau motivasi rendah.

Begitu juga dengan faktor lainnya. Pastikan kamu menggali sedalam mungkin hingga menemukan sumber masalah dari setiap faktor.



4. Analisis dan Temukan Solusi



Setelah diagram selesai, lakukan analisis latar belakang yang paling mungkin menjadi akar masalah dan tentukan langkah-langkah yang perlu diambil untuk memperbaikinya. Di sini, kamu harus memprioritaskan sumber masalah yang memiliki dampak terbesar terhadap masalah utama.

Kalau kamu masih bingung memprioritaskannya, gunakan teknik "5 Whys". Ajukan pertanyaan "mengapa?" berulang sebanyak lima kali.



Foto: YouTube Velaction Videos

Fishbone Diagram cocok digunakan untuk berbagai situasi saat kamu perlu mengidentifikasi alasan utama dari timbulnya suatu masalah yang rumit, termasuk akademis, organisasi, maupun dunia kerja. Dengan diagram ini, kita bisa memetakan pusat suatu masalah dengan lebih terstruktur, sehingga solusi yang diambil lebih tepat sasaran dan kegagalan bisa dicegah sejak awal.

Afniar Risma Nurhidayah

Kontributor GenSINDO

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Instagram: @afniarrsma_
(ita)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More