Fishbone Diagram, Teknik Pemecahan Masalah untuk Cegah Kegagalan sejak Dini

Senin, 21 Oktober 2024 - 14:54 WIB
Fishborne Diagram adalah teknik pemecahan masalah yang bisa dipakai untuk mencegah kegagalan sejak dini. Foto/6Sigma
JAKARTA - Dalam kehidupan, baik di kampus, organisasi, atau dunia kerja, pasti kita sering menghadapi tantangan dan masalah. Agar tidak semakin membesar dan menimbulkan kegagalan, kita perlu cara berpikir yang terstruktur serta teknik pemecahan masalah yang tepat.

Salah satu metode yang dapat kamu gunakan adalah Fishbone Diagram atau yang dikenal dengan diagram tulang ikan.

Dengan Fishbone Diagram, kita bisa mencari tahu penyebab masalah lebih awal sebelum menjadi suatu kegagalan. Langkah preventif ini dilakukan berdasarkan analisis matang dan lebih efektif.





Mengenal Fishbone Diagram



Fishbone Diagram merupakan alat bantu untuk menganalisis penyebab-penyebab dari suatu masalah, dalam bentuk diagram visual. Tujuan dari penggunaanya adalah untuk mengidentifikasi asal mula suatu masalah, sehingga kita bisa mencegah atau memperbaikinya sebelum masalah tersebut berkembang menjadi lebih besar.

Dikutip dari Journal of Medical Case Reports yang berjudul Using An Ishikawa Diagram As A Tool To Assist Memory And Retrieval Of Relevant Medical Cases From The Medical Literature karya Kam Cheong Wong, diagram ini pertama kali diperkenalkan oleh Kaoru Ishikawa, seorang ahli manajemen kualitas asal Jepang.



Foto: Toolshero

Kemudian, Fishbone Diagram juga dikenal dengan sebutan Ishikawa Diagram. Disebut fishbone karena bentuk diagram ini menyerupai tulang ikan. Ada kepala ikan berupa masalah utama, sedangkan cabang-cabang tulang belakang mewakili faktor-faktor yang menjadi pemicu masalah tersebut.

Cara Membuat Fishbone Diagram



Kamu bisa menggunakan Fishbone Diagram dengan beberapa langkah berikut, yang akan membantu mengenali sumber masalah lebih mudah dan efektif.

1. Tentukan Masalah Utama



Langkah pertama adalah menentukan masalah utama yang ingin diselesaikan. Tuliskan masalah ini di bagian kepala diagram, misalnya sering terlambat mengirim tugas atau tugas kelompok sering tidak selesai tepat waktu.



Foto: Pexels

2. Kategorikan Faktor Utama Masalah



Selanjutnya, buat cabang-cabang utama atau tulangnya yang mewakili kategori umum dari kemungkinan penyebab masalah. Faktor utama ini biasanya mencakup elemen seperti manusia, metode (cara kerja), material (bahan atau alat), mesin (teknologi), dan lingkungan.

Selain hal tersebut, kategori ini dapat kamu sesuaikan lagi dan cabangnya tak terbatas.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More