10 Kasus Artis SM Entertainment Paling Kontroversial, Terbaru Seunghan

Rabu, 16 Oktober 2024 - 09:12 WIB
Kris Wu pernah terlibat kasus kekerasan seksual. Kasus ini bermula ketika Du Meizhu, seorang mahasiswa China berusia 19 tahun membuat sebuah unggahan di akun Weibo miliknya pada 8 Juli 2021. Di situ, ia menuduh Kris Wu memerkosanya dan 30 perempuan lainnya (termasuk anak di bawah umur).

Perkiraan tentang jumlah korban kemudian diubah menjadi 24 dan akhirnya menjadi 8 dalam unggahan berikutnya.Namun hal ini dibantah oleh Kris.

Pada 31 Juli 2021, Kris Wu ditahan oleh polisi Beijing atas dugaan pemerkosaan. Lalu pada 25 November 2022, Kris divonis bersalah di pengadilan China atas dua dakwaan, yaitu memperkosa "tiga perempuan mabuk" di rumahnya pada November dan Desember 2020. Kedua, melakukan hubungan seksual secara berkelompok, dengan dua perempuan lain di rumahnya pada tanggal 1 Juli 2018.

Pengadilan menjatuhkan hukuman tetap selama 13 tahun setelah mempertimbangkan 11,5 tahun penjara untuk dakwaan pertama, dan 1 tahun 10 bulan untuk dakwaan kedua, yang diikuti dengan deportasi dari China.

Ia juga didenda 600 juta yuan (Rp1,3 triliun) karena penggelapan pajak. Kris Wu sempat mengajukan banding di pengadilan. Namun, pada 24 November 2023, bandingnya ditolak.

8. Onew - SHINee





Foto:SM Entertainment

Onew juga pernah terseret dalam kasus pelecehan seksual. Pada Agustus 2017, Onew dituduh melakukan pelecehan seksual. Korban menyatakan bahwa pada 12 Agustus di sebuah klub malam di Gangnam, Onew, yang mabuk, menyentuh kakinya dua atau tiga kali saat dia mencoba berdiri.

Hal ini terjadi kira-kira selama dua jam saat dia menari di salah satu dari beberapa panggung dansa klub yang berdekatan dengan tempat Onew duduk. Namun, pada akhirnya ia mencabut dakwaan tersebut meskipun tetap bersikukuh bahwa pelecehan memang terjadi.

Kasus tersebut tetap diteruskan ke jaksa penuntut sebagai rekomendasi untuk dakwaan tanpa penahanan. Setelah jeda empat bulan, Onew mengunggah surat permintaan maaf, yang diterima secara luas untuk para penggemarnya.

Namun, ada juga beberapa penggemar yang menyerukan agar dia mengundurkan diri dari SHINee. Pada 5 April 2018, SM Entertainment mengumumkan bahwa tuduhan terhadap Onew telah dibatalkan oleh jaksa penuntut.

9. Taeil - Mantan Member NCT





Foto:SM Entertainment

Taeil dikeluarkan dari NCT karena keterlibatannya dalam kasus kekerasan seksual. Ia mendapat tuduhan memperkosa perempuan yang dalam kondisi mabuk, bersama dua orang temannya, pada Juni 2024.

Kasus ini menjadi kasus yang sangat serius, karena termasuk ke dalam kasus pemerkosaan khusus. Hal yang dimaksudkan adalah saat pelaku menggunakan senjata, atau jika dua orang atau lebih bekerja sama untuk memerkosa seseorang yang tidak sadarkan diri atau tidak memiliki cara untuk membalas.

Hingga saat ini, Taeil masih dalam status pemeriksaan oleh pihak yang berwajib dan belum ada keterangan lebih lanjut. Meski dikeluarkan dari NCT, tapi kontrak Taeil di SM Entertainment masih berlaku.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More