10 Kasus Artis SM Entertainment Paling Kontroversial, Terbaru Seunghan

Rabu, 16 Oktober 2024 - 09:12 WIB
loading...
10 Kasus Artis SM Entertainment...
Seunghan mantan member NCT jadi salah satu kasus artis SM Entertainment yang paling kontroversial. Foto/SM Entertainment
A A A
JAKARTA - SM Entertainment belakangan ini ramai diperbincangkan oleh netizen karena kasus kontroversial yang melibatkan beberapa artisnya. Kasus paling terbaru adalah dikeluarkannya Seunghan dari RIIZE.

Sepanjang berdirinya, beberapa artis lain dari agensi SM Entertainment pernah terlibat sejumlah kasus yang kontroversial atau mengundang perdebatan. Bagi kamu yang penasaran, berikut adalah 10 kasus artis SM Entertainment paling kontroversial berdasarkan pilihan netizen di forum daring di Korea.


10 Kasus Artis SM Entertainment Paling Kontroversial


1. Irene - Red Velvet

10 Kasus Artis SM Entertainment Paling Kontroversial, Terbaru Seunghan

Foto: SM Entertainment

Irene member dari Red Velvet sebelumnya pernah terkena kasus yang cukup kontroversial mengenai sikapnya yang kurang baik. Pada saat itu, seorang stylish dan editor foto bernama Kang Kook-hwa menyindir seorang artis yang memiliki sikap yang buruk kepada mereka, tanpa menyebut nama.

Selain itu, Kook-hwa juga menyayangkan bahwa sikap artis ini malah menyerang dirinya secara verbal. Dari sini, nama Irene lantas disebut-sebut sebagai artis yang dimaksud.

Tak lama sejak kasus ini ramai diperbincangkan, akhirnya Irene Red Velvet meminta maaf melalui akun Instagram pribadinya. Ia mengaku bahwa artis yang diisukan oleh Kook-hwa dan stylish tersebut itu memanglah dirinya. Ia juga meminta maaf dengan tulus dan berjanji tidak mengulangi kesalahannya.

Namun, ternyata tak hanya itu, Irene Red Velvet juga pernah dituding bersikap kurang sopan terhadap seorang pramugari sebuah maskapai. Seorang pramugari ini diperlakukan seolah-olah mereka adalah pelayan oleh Irene, Joy, dan Yeri Red Velvet.

Akibat kasus yang melibatkan Kook-hwa, Irene sempat hiatus selama kurang lebih 10 bulan.

2. Yunho - TVXQ

10 Kasus Artis SM Entertainment Paling Kontroversial, Terbaru Seunghan

Foto:SM Entertainment

Pada Maret 2021, Yunho sempat terkena kasus saat masa pandemi Covid. Menurut keterangan, Yunho saat itu tengah diselidiki oleh polisi karena menginap di sebuah restoran di Gangnam hingga tengah malam pada akhir Februari.

Menurut peraturan jaga jarak sosial di Seoul saat itu, restoran harus tutup pada pukul 10 malam KST dan pelanggan harus pergi sebelum itu. Dilaporkan pula bahwa restoran yang dimaksud merupakan tempat hiburan dewasa yang tidak berizin.

Padabulan Mei, polisi meneruskan kasus tersebut ke kejaksaan. Pada 2 September, Kantor Kejaksaan Distrik Pusat Seoul menyatakan bahwa Yunho yang menginap di restoran melewati jam yang ditentukan merupakan pelanggaran peraturan jaga jarak sosial yang layak dikenai denda, tetapi bukan hukuman pidana.

Melalui kasus ini, akhirnya Yunho tetap dikenakan denda dan ia juga meminta maaf melalui akun media sosial pribadinya karena telah melanggar peraturan pemerintah yang saat itu sedang berlaku.

3. Park Yoo-chun - Mantan Member JYJ dan TVXQ

10 Kasus Artis SM Entertainment Paling Kontroversial, Terbaru Seunghan

Foto: via Allkpop

Park Yoo-chun pernah terlibat kasus kekerasan seksual yang melibatkan empat orang perempuan, yang terjadi antara tahun 2016 dan 2017. Walau begitu, ia tetap dibebaskan karena kurangnya bukti yang mendukung.

Namun, ia tetap harus membayar sejumlah uang kompensasi untuk gugatan perdatanya kepada salah satu penggugat.

Selanjutnya, pada April 2019, ia kembali ditangkap atas dugaan pembelian dan penggunaan metamfetamin, yang menyebabkan agensinya mengakhiri kontraknya, dan Yoo-chun mengumumkan pengunduran dirinya. Ia bahkan dilarang tampil di televisi untuk sementara waktu.

Namun, setelah mengakui tuduhan tersebut dan dijatuhi hukuman penjara 10 bulan yang ditangguhkan dan denda, ia menyelesaikan masa percobaannya tanpa pelanggaran, membuka jalan baginya untuk kembali tampil di depan publik.

4. Kang-in - Mantan Member Super Junior

10 Kasus Artis SM Entertainment Paling Kontroversial, Terbaru Seunghan

Foto:Han Myung-gu/Getty Images

Kang-in pernah terlibat sejumlah kasus. Pertama, ia terlibat dalam kasus perkelahian yang terjadi pada 16 September 2009 di sebuah bar di Nonhyeon-dong, Gangnam-gu, Seoul. Namun beberapa keterangan saksi ada yang mengatakan bahwa Kang-In berusaha melerai perkelahian yang ada.

Kang-in dibawa untuk diinterogasi untuk membantu penyelidikan bersama dengan empat tersangka lainnya. Salah satu tersangka bersikeras bahwa Kang-in menyerangnya, tetapi kemudian terbukti bahwa Kang-in hanya bereaksi untuk membela diri. Akibat pertengkaran ini, Kang-in dicoret dari daftar model utama peragaan busana Andre Kim.

Selanjutnya, pada 16 Oktober 2009, tepatnya pukul 3 pagi Kang-In menabrak dua buah taksi yang sedang parkir dan melarikan diri. Tak hanya itu, ternyata Kang-in juga sedang mabuk karena 5 jam setelahnya, saat ia tiba di kantor polisi, kadar alkohol dalam darahnya tercatat sebesar 0,082%.

Pada 24 Mei 2016, Kang-in terlibat dalam insiden tabrak lari karena mengemudi dalam pengaruh alkohol lainnya, untuk kemudian ia menyerahkan diri setelah beberapa jam. Ia kemudian ditemukan memiliki kadar alkohol dalam darah sebesar 0,05%.

SM Entertainment telah mengeluarkan pernyataan, yang menyatakan bahwa aktivitasnya pada masa mendatang dibatalkan.

Terakhir, pada 17 November 2017, polisi menerima laporan bahwa, Kang-in mabuk dan menyerang seorang perempuan di sebuah bar escort di lingkungan Nonhyeon, Seoul. Setelah diselidiki, polisi menggambarkannya sebagai "perselisihan kecil, dan kedua belah pihak berdamai di tempat kejadian dan mengambil tindakan untuk pulang ke rumah".

Tidak ada korban luka, dan tidak ada pihak yang menginginkan tuntutan diajukan, jadi Kang-in dikeluarkan dengan peringatan dan tidak secara resmi didakwa atas tuduhan apa pun.

5. Chanyeol - EXO

10 Kasus Artis SM Entertainment Paling Kontroversial, Terbaru Seunghan

Foto:Instagram @real__pcy.

Chanyeol juga pernah dirumorkan terlibat dalam sebuah skandal percintaan. Dalam sebuah komunitas daring, seorang mantan pacar Chanyeol menuduh pria itu telah berselingkuh berkali-kali selama tiga tahun hubungan mereka.

Baik Chanyeol maupun SM Entertainment tidak mengomentari masalah tersebut. Namun penggemar di Korea dengan cepat menuntutnya untuk meninggalkan grup, dengan mengunggah pernyataan di komunitas penggemar daring lainnya.

Chanyeol sempat menghilang selama beberapa saat dan akhirnya kembali ke media sosial pada awal 2021, dengan mengunggah surat yang menyentuh hati kepada penggemar.

SM Entertainment menggugat penuduhnya pada Maret karena menyebarkan rumor palsu. Adapun Chanyeol berpartisipasi dalam comeback EXO pada Juni 2021.

6. Seunghan - Mantan Member RIIZE

10 Kasus Artis SM Entertainment Paling Kontroversial, Terbaru Seunghan

Foto: SM Entertainment

Seunghan baru-baru ini memutuskan untuk keluar dari RIIZE, setelah sebelumnya agensi dan dirinya mengonfirmasi akan aktif kembali setelah hiatus selama kurang lebih 10 bulan. Absennya itu terkait foto-foto sebelum debut yang memperlihatkan dirinya mencium seorang perempuan yang diduga adalah pacarnya, juga foto dan video yang menunjukkan sedang merokok.

Setelah pengumuman bahwa Seunghan akan kembali, sebagian penggemar marah dan menuntut Seunghan keluar sambil mengirim karangan bunga ke kantor SM Entertainment. Dua hari kemudian, Seunghan dan agensi akhirnya mengumumkan Seunghan akan keluar dari RIIZE.

Namun keluarnya Seunghan juga membuat sebagian penggemar lainnya marah, terutama penggemar internasional. Mereka bahkan membuat petisi agar Seunghan kembali ke grupnya.

7. Kris Wu - Mantan Member EXO

10 Kasus Artis SM Entertainment Paling Kontroversial, Terbaru Seunghan

Foto:SM Entertainment

Kris Wu pernah terlibat kasus kekerasan seksual. Kasus ini bermula ketika Du Meizhu, seorang mahasiswa China berusia 19 tahun membuat sebuah unggahan di akun Weibo miliknya pada 8 Juli 2021. Di situ, ia menuduh Kris Wu memerkosanya dan 30 perempuan lainnya (termasuk anak di bawah umur).

Perkiraan tentang jumlah korban kemudian diubah menjadi 24 dan akhirnya menjadi 8 dalam unggahan berikutnya.Namun hal ini dibantah oleh Kris.

Pada 31 Juli 2021, Kris Wu ditahan oleh polisi Beijing atas dugaan pemerkosaan. Lalu pada 25 November 2022, Kris divonis bersalah di pengadilan China atas dua dakwaan, yaitu memperkosa "tiga perempuan mabuk" di rumahnya pada November dan Desember 2020. Kedua, melakukan hubungan seksual secara berkelompok, dengan dua perempuan lain di rumahnya pada tanggal 1 Juli 2018.

Pengadilan menjatuhkan hukuman tetap selama 13 tahun setelah mempertimbangkan 11,5 tahun penjara untuk dakwaan pertama, dan 1 tahun 10 bulan untuk dakwaan kedua, yang diikuti dengan deportasi dari China.

Ia juga didenda 600 juta yuan (Rp1,3 triliun) karena penggelapan pajak. Kris Wu sempat mengajukan banding di pengadilan. Namun, pada 24 November 2023, bandingnya ditolak.

8. Onew - SHINee

10 Kasus Artis SM Entertainment Paling Kontroversial, Terbaru Seunghan

Foto:SM Entertainment

Onew juga pernah terseret dalam kasus pelecehan seksual. Pada Agustus 2017, Onew dituduh melakukan pelecehan seksual. Korban menyatakan bahwa pada 12 Agustus di sebuah klub malam di Gangnam, Onew, yang mabuk, menyentuh kakinya dua atau tiga kali saat dia mencoba berdiri.

Hal ini terjadi kira-kira selama dua jam saat dia menari di salah satu dari beberapa panggung dansa klub yang berdekatan dengan tempat Onew duduk. Namun, pada akhirnya ia mencabut dakwaan tersebut meskipun tetap bersikukuh bahwa pelecehan memang terjadi.

Kasus tersebut tetap diteruskan ke jaksa penuntut sebagai rekomendasi untuk dakwaan tanpa penahanan. Setelah jeda empat bulan, Onew mengunggah surat permintaan maaf, yang diterima secara luas untuk para penggemarnya.

Namun, ada juga beberapa penggemar yang menyerukan agar dia mengundurkan diri dari SHINee. Pada 5 April 2018, SM Entertainment mengumumkan bahwa tuduhan terhadap Onew telah dibatalkan oleh jaksa penuntut.

9. Taeil - Mantan Member NCT

10 Kasus Artis SM Entertainment Paling Kontroversial, Terbaru Seunghan

Foto:SM Entertainment

Taeil dikeluarkan dari NCT karena keterlibatannya dalam kasus kekerasan seksual. Ia mendapat tuduhan memperkosa perempuan yang dalam kondisi mabuk, bersama dua orang temannya, pada Juni 2024.

Kasus ini menjadi kasus yang sangat serius, karena termasuk ke dalam kasus pemerkosaan khusus. Hal yang dimaksudkan adalah saat pelaku menggunakan senjata, atau jika dua orang atau lebih bekerja sama untuk memerkosa seseorang yang tidak sadarkan diri atau tidak memiliki cara untuk membalas.

Hingga saat ini, Taeil masih dalam status pemeriksaan oleh pihak yang berwajib dan belum ada keterangan lebih lanjut. Meski dikeluarkan dari NCT, tapi kontrak Taeil di SM Entertainment masih berlaku.


10. Lucas - Mantan Member NCT

10 Kasus Artis SM Entertainment Paling Kontroversial, Terbaru Seunghan

Foto:SM Entertainment

Lucas juga sempat terlibat kasus skandal kencan, gaslighting, hingga pelecehan seksual yang ia lakukan kepada beberapa perempuan yang menjadi penggemarnya.

Melansir dari Koreaboo, kasus Lucas ini mulai memanas saat 2023. Seseorang dengan username @ooooshiiim di X (Twitter) menulis bahwa ia adalah mantan pacar sekaligus korban Lucas.

Ia menyampaikan di sebuah forum bahwa Lucas sengaja mendekatinya dan mengajaknya berhubungan intim di hotel, hingga mengambil uang miliknya. Tak hanya itu, ia juga menyampaikan bahwa Lucas juga melakukan gaslighting kepada dirinya dan memanipulasi pikirannya bahwa mereka bukanlah sepasang kekasih melainkan hanya pasangan seks.

Selain itu, selama mereka menjalani hubungan, pemilik username @ooooshiiim juga mengaku bahwa ia selalu membayar berbagai kebutuhan Lucas hingga beberapa hadiah bermerek karena Lucas tidak bisa menggunakan kartunya. Luas beralasan bahwa ia akan ketahuan berpacaran jika menggunakan kartunya, dan hal itu tidak boleh terjadi karena ia adalah seorang idol.

Pemilik akun tersebut juga mengatakan bahwa korban Lucas tak hanya dirinya melainkan masih ada beberapa perempuan yang menjadi korbannya. Oleh karena kasus inilah Lucas akhirnya memutuskan untuk keluar dari NCT.

Itulah 10 kasus artis SM Entertainment yang dianggap paling kontroversial oleh netizen.

MG/ Priscilla Waworuntu
(ita)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2061 seconds (0.1#10.140)