Penjelasan Ending Manga Jujutsu Kaisen: Sukuna Akui Kekalahan, Bagaimana Nasib Gojo?

Senin, 30 September 2024 - 20:04 WIB
Ending manga Jujutse Kaisen mengundang pro dan kontra dari penggemar. Foto/Weekly Shonen Jump
JAKARTA - Ending manga Jujutsu Kaisen(JJK) mengundang pro dan kontra dari penggemar. Di satu sisi, sebagian merasa puas, tetapi ada juga yang kecewa karena kurang memenuhi harapan dan terbilang tergesa-gesa untuk tamat.

Setelah perjalanan panjang selama kurang lebih enam tahun, mangaka Gege Akutami resmi mengakhiri karya ikonisnya, yakni Jujutsu Kaisen. Manga JJK dinyatakan tamat di chapter 271 yang terbit Minggu (29/9/2024).





Bagian akhir cerita Jujutsu Kaisen berfokus pada karakter utama, Yuji Itadori. Chapter terakhir ini memberi pembaca gambaran sekilas tentang masa depan kehidupan setelah Culling Game berakhir.

Ending Manga Jujutsu Kaisen



Chapter 271 terdiri dari sekitar 25 halaman. Setelah pertempuran melawan Sukuna berakhir, Yuji dan timnya kembali menjalani misi. Bersama Megumi dan Nobara, mereka memiliki misi yang berhubungan dengan dampak langsung dari Culling Game.

Singkat cerita, sejumlah kota dipenuhi dengan energi kutukan yang tersisa dan kekuatan itu mendatangkan malapetaka di antara penduduk. Yuji dan timnya didatangkan guna membasmi energi kutukan tersebut.

Bab berlanjut, Yuji mengungkap obrolan terakhirnya dengan Gojo yang terjadi sebelum busur Shinjuku. Di sana, Gojo mewariskan keinginannya kepada Yuji. Untuk mewujudkannya, Yuji pun menjadikan dirinya sebagai mentor baru bagi komunitas jujutsu dengan harapan Gojo akan bangga dengan muridnya.

Lanjut ke bab berikutnya, adegan beralih memasuki alam baka. Di sini, Sukuna bertemu kembali dengan Uraume dan Mahito setelah kekalahannya.

Memunggungi Mahito, Sukuna memilih untuk pergi ke utara seperti yang dilakukan Gojo di alam baka bersama teman-temannya. Jujutsu Kaisen menjelaskan bahwa pergi ke utara setelah kematian memungkinkan jiwa untuk bereinkarnasi.

Di sini, Sukuna juga mengakui bahwa dirinya telah kalah. Ia pun bersiap untuk mengambil jalan berbeda jika mendapat kesempatan lain.

Setelah itu, panel beralih menampilkan para siswa yang bersatu kembali. Lengkap dari kru Yuta, ada juga Hakari dan tim Yuji.

Sementara di halaman terakhir, penonton mengetahui nasib jari terakhir Sukuna yang dibuat Yuji dari tangannya sendiri. Tempat penyimpanan itu dibuka karena tidak lagi menyimpan jiwa Sukuna dan dikembalikan ke SMA Jujutstu.

Penjelasan Ending Manga Jujutsu Kaisen



Ending Jujutsu Kaisen ditanggapi beragam oleh penggemar. Di satu sisi, banyak yang menyebutnya "happy Ending" karena antagonis utama kalah dan karakter seperti Yuji bisa berkumpul lagi dengan teman-temannya.

Hal ini sebenarnya terbilang sedikit mengejutkan, mengingat sebelumnya Gege Akutami dikenal sebagai mangaka sadis yang tak segan melenyapkan karakter penting dalam JJK. Sebut saja contohnya Satoru Gojo yang sampai manga tamat tidak pernah dihidupkan kembali.

Di sisi lain, tak sedikit penggemar yang kecewa karena menganggap Gege terlalu cepat mengakhiri JJK. Pertimbangan mereka adalah masih banyak penjelasan yang belum diungkap Gege, misalnya seperti latar belakang keluarga Yuji hingga asal usul kutukan dan roh terkutuk.



Jadi, terserah bagi pembaca untuk menentukan bagus atau tidaknya ending dari Jujutsu Kaisen. Satu hal yang pasti, Gege Akutami adalah penulisnya, sehingga dia bebas menjadikan apa pun imajinasinya untuk cerita JJK.

Itulah penjelasan ending manga Jujutsu Kaisen yang mengakhiri ceritanya di chapter 271.
(ita)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More