5 Fakta Land of Happiness, Film Jo Jung-suk dan Lee Sun-kyun dari Kisah Nyata

Selasa, 10 September 2024 - 16:45 WIB
Film Korea Land of Happiness diangkat dari kisah nyata dan kini sudah tayang di bioskop Indonesia. Foto/Next Entertainment World
JAKARTA - Land of Happiness adalah film Korea yang sedang tayang di bioskop Indonesia. Film ini dibintangi oleh Ju Jung-suk dan Lee Sun-kyun dengan genre drama politik.

Land of Happiness mengisahkan tentang adanya insiden pembunuhan Presiden Korea Selatan Park Chung-hee. Dalam penyelidikannya, Sekretaris Badan Intelijen Korea Selatan Park Tae-joo (Lee Sun-kyun) diduga terlibat dalam pembunuhan tersebut. Ia lalu dibantu oleh pengacara Jung In-ho (Jo Jung-suk) dari tuduhan itu.

Film ini termasuk yang ditunggu-tunggu karena terinspirasi dari kisah nyata, dan menjadi film terakhir yang dibintangi mendiang Lee Sun-kyun. Berikut ini adalah fakta-fakta filmnya yang menarik untuk diketahui.





5 Fakta Film Korea Land of Happiness



1. Diangkat dari Peristiwa Nyata





Foto: Wikimedia

Land of Happiness diangkat dari peristiwa pembunuhan Presiden Korea Selatan Park Chung-hee pada 26 Oktober 1979. Chung-hee telah menjalankan kekuasaan diktator atas Korea Selatan selama hampir 18 tahun.

Dalam peristiwa pembunuhan tersebut, Park Chung-hee sedang mengadakan jamuan makan malam di kompleks Badan Intelijen Korea Selatan (KCIA). Dalam perjamuan tersebut hadir juga Kim Jae-gyu (Direktur KCIA), Cha Ji-chul (Kepala Satuan Pengamanan Presiden) Kim Gye-won (Sekretaris Utama Kepresidenan), dan dua penyanyi perempuan yang bertugas untuk menghibur makan malam mereka, Shim Soo-bong dan Shin Jae-soon.

Dalam perjamuan makan malam ini, Park Chung-hee dan Kim Jae-gyu memiliki perbedaan pendapat mengenai gagalnya kompetensi intelijen Korea Selatan, yang tidak bisa menghalau aksi protes terhadap kepemimpinannya. Hal ini menjadi pemicu kemarahan Kim Jae-gyu, yang selanjutnya menyebabkan Kim Jae-gyu menembak Park Chung-hee.

Sebagai tambahan informasi, Park Chung-hee dan Kim Jae-gyu adalah sepasang sahabat, tetapi karena perbedaan pendapat, maka terjadilah tragedi tersebut.

Dalam peristiwa ini ada enam orang yang tewas dalam peristiwa ini yaitu Park Chung-hee, Cha Ji-chul dan tiga pengawal presiden di tempat perjamuan makan malam, serta seorang sopir presiden di luar.

2. Digarap Sutradara Film Laris dengan 13,2 Juta Penonton





Foto:Next Entertainment World

Land of Happiness dibesut oleh sutradara Choo Chang-min yang juga seorang penulis naskah. Namanya terkenal sebagai sutradara Masquerade (2012), yang merupakan salah satu film Korea terlaris sepanjang masa dengan 13,2 juta penonton di bioskop.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More