3 Alasan Film Captain America: Brave New World Diboikot, Terkait Israel

Sabtu, 13 Juli 2024 - 10:49 WIB
Protes ini makin kencang setelah aksi kekerasan dan genosida terhadap rakyat Palestina semakin meningkat sejak 7 Oktober 2023.

2. Sabra Diperankan Aktris Mantan Sukarelawan IDF



Foto: Eyal Nevo/Times of Israel

Tak hanya karakternya yang problematik, pemerannya yaitu Shira Haas juga memiliki latar belakang yang tidak disukai.

Shira Haas adalah aktris asal Israel berusia 29 tahun. Ia lahir di Tel Aviv dari keluarga Yahudi-Polandia, dan hingga 2020 dikabarkan masih bermukim di sana.

Shira pernah menjadi sukarelawan jangka pendek di unit pertunjukan teater Pasukan Pertahanan Israel alias IDF, meski sebenarnya ia dibebaskan dari wajib militer karena alasan medis.

3. BDS Menganjurkan Boikot Produk Marvel





Foto: bdsmovement.net

Pada November 2023 saat momen Black Friday atau acara pemberian diskon besar-besaran di toko-toko ritel, gerakan Boycott, Divestment, and Sanctions (BDS) dalam laman resminya mengajak konsumen untuk memboikot produk Marvel, selain Puma dan HP.

Alasannya adalah karena ketiga produk tersebut "mendukung atau memberikan perlindungan bagi rezim pendudukan militer dan apartheid Israel".

Dalam foto yang menyertai pernyataan tersebut juga tercantum informasi bahwa film Captain America berikutnya akan menampilkan Sabra/Ruth Bat-Seraph yang digambarkan sebagai superhero Israel.

Selain itu, dalam daftar BDS, Disney juga masuk dalam kategori "pressure (non-boycott) targets" atau target yang disasar untuk ditekan agar menjauhkan diri dari hal-hal yang menguntungkan Israel.



Komentar Disney atas Protes terhadap Sabra dan Captain America 4



Foto: Walt Disney Studios Motion Pictures


Setelah Disney mengumumkan kemunculan karakter Sabra yang diperankan Shira Haas pada September 2022, studio raksasa di Hollywood ini mengatakan pada Variety bahwa mereka akan mengambil pendekatan yang berbeda dengan komik yang dibuat lebih dari 40 tahun yang lalu itu.

Pada deskripsi karakternya yang beredar Jumat (12/7/2024), karakter Sabra memang hanya disebut bernama Ruth. Ia juga tidak disebutkan sebagai agen Mossad, melainkan mantan anggota Black Widow yang kini menjadi orang kepercayaan Presiden Amerika Serikat Thaddeus Ross (Harrison Ford).

Meski begitu, mereka yang menganjurkan boikot tetap menekankan fakta bahwa Shira Haas pernah menjadi sukarelawan IDF, yang menurut mereka sudah cukup untuk tidak menonton filmnya di bioskop.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More