Film-film India yang Mengingatkan Kita pada Kebesaran Industri Film Bollywood

Selasa, 18 Agustus 2020 - 21:47 WIB
PK adalah film yang sangat “kaya”, dalam artian, ia mengajarkan kita banyak nilai penting soal kehidupan di tengah masyarakat multikultural yang tentunya erat banget dengan kehidupan kita hari ini. Film ini menyoroti perjalanan seorang alien yang tersesat di bumi dalam mendefinisikan bagaimana agama, budaya, dan latar belakang manusia, seharusnya menjadi nilai yang mengajarkan pada kebaikan, alih-alih mengkotak-kotakkan dan memecah belah mereka.

Sayangnya, di tengah perjalanan, dia menemukan banyak sekali jenis manusia yang menjual dan menjadikan agama dan atau kebudayaannya sebagai alat untuk semata mendapatkan keuntungan material yang menguntungkan diri dan kelompoknya sendiri dan mengecilkan kelompok lain, dan itu semua dilakukan dengan mengesampingkan hingga mengubah ajaran itu sendiri.

Di tengah perjalanan, dia juga bertemu dengan seorang perempuan jurnalis yang baru ditinggal pacarnya karena alasan perbedaan agama dan latar belakang. Uniknya, semua nilai penting dalam film ini gakcuma disampaikan lewat cara yang serius, tapi juga lewat satire dan komedi yang bisa bikin kita ketawa, sekaligus tertampar selama menonton film ini.

"PK" sempat mengundang banyak pro dan kontra lantaran dinilai mengangkat topik yang sungguh sensitif bagi masyarakat India, termasuk konflik antara umat Islam dan Hindu di sana.

4. 3 IDIOT



Foto: Reliance Entertainment

Film "3 Idiot" menceritakan sisi lain dari dunia dan sistem pendidikan yang umumnya cuma menuntut para siswa untuk mendapatkan nilai yang bagus. Film ini mengajarkan gimana nilai bukanlah segalanya, dan nilai yang baik gak lantas akan menjadikan seseorang menjadi manusia yang sukses, atau lebih sukses dari orang-orang lain di sekitarnya. Apa yang akan menentukan kualitas seorang manusia, selain kecerdasan, adalah gimana ia selalu memanusiakan manusia lainnya.

Dua contohnya adalah menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain selain dirinya sendiri, dan gak menyakiti orang lain atau meremehkan mereka. Persahabatan tiga sekawan dalam film ini yang punya latar belakang keluarga dan kecerdasan akademis yang berbeda benar-benar penuh warna.

Ada banyak humor yang sarat pelajaran hidup dan nilai-nilai persahabatan, yang bikin kaget karena bisa keluar dari mulut tiga orang muda yang sering disepelekan. Film ini berhasil meraih banyak penghargaan, seperti film terbaik, aktor terbaik, sutradara terbaik, dan cerita terbaik. (Baca Juga: Jangan Nonton! Ini 5 Film Horor Bollywood yang Bisa Bikin Jantung Serasa Mau Copot)

Selma Kirana Haryadi

Kontributor GenSINDO

Universitas Padjadjaran

Instagram: @selma.kirana
(it)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More