CERMIN: Betulkah Denis Villeneuve Mereduksi Nilai-Nilai Islam dalam Dune?

Jum'at, 01 Maret 2024 - 14:48 WIB


Foto: Warner Bros. Pictures

Ia juga menggilai novel Dune sejak remaja hingga bersedia mewujudkan impian terbesarnya mengadaptasinya menjadi film. Haris A Durrani, mahasiswa pascasarjana dari Universitas Princeton membuat ulasan menarik yang dimuat di The Washington Post pada 28 Oktober 2021 berjudul The Novel Dune Had Deep Islamic Influences. The Movie Erases Them.

Dalam tulisan tersebut, penulis skenario Dune dan Dune: Part Two, Jon Spaihts, mengklaim bahwa pengaruh novel tersebut adalah kostum “eksotis”, yang “tidak berlaku saat ini”. Padahal, dalam kata-katanya sendiri, “Islam adalah bagian dari dunia kita”.



Selain ambigu, pernyataan Jon ini juga kontradiktif satu dengan lainnya. Haris akhirnya menilai film yang dihasilkan lebih bersifat orientalis dibandingkan novelnya dan kurang berani.

Namunmemang akan selalu ada penafsiran hingga reduksi yang terjadi atas materi asli adaptasi ketika akhirnya mewujud menjadi sebuah film. Dengan pemakluman ini, kita masih bisa menikmati Dune: Part Two sebagai sebuah pengalaman menonton yang menggetarkan selama 166 menit di bioskop. Well, this is cinema!

Dune: Part Two

Produser: Cale Boyter, Amanda Confavreux, Tanya Lapointe, Robbie McAree, Patrick McCormick, Mary Parent, Denis Villeneuve

Sutradara: Denis Villeneuve

Penulis Skenario: Denis Villenueve, Jon Spaihts

Pemain: Timothy Chalamet, Zendaya, Rebecca Ferguson

Ichwan Persada

Sutradara/produser/penulis skenario, pernah menjadi dosen di Universitas Padjajaran dan SAE Institute, bisa dikontak via Instagram @ichwanpersada
(ita)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More