CERMIN: setelah 6 Tahun, Apa Lagi yang Ingin Dibicarakan Dilan?

Sabtu, 13 Januari 2024 - 10:16 WIB
Foto: MD Pictures

Mungkin kita bisa melihat Dilan dalam dimensi yang berbeda, dimensi yang lebih berani memperlihatkan kerapuhannya sebagai seorang laki-laki. Atau bisa juga dimensi yang lebih menantang Dilan untuk memperlihatkan segala kontradiksi yang dialaminya dalam perjalanan menjadi dewasa.



Tak mudah menciptakan sosok ikonis seperti Dilan dan rasanya karakter ini perlu dijaga dari waktu ke waktu, dari novel ke film, juga dari film ke film. Sehingga setiap generasi yang bertemu Dilan pada masa mereka tetap bisa terkoneksi dengannya. Kita tak perlu bertemu dengan sosok Dilan yang terjebak pada masa lalu dan kita tak terhubung dengannya.

Kita bisa melihat bahwa Dilan lebih dari sekadar seseorang yang lihai melontarkan gombalan-gombalan usang dan garing itu. Mungkin kita bisa berharap melihat Dilan yang lebih kritis dan lebih reseptif dengan apa pun yang terjadi di sekelilingnya?

Ancika: Dia yang Bersamaku 1995

Produser: Budi Ismato, Manoj Punjabi

Sutradara: Benni Setiawan

Penulis Skenario: Tubagus Deddy, Benni Setiawan

Pemain: Zee JKT48, Arbani Yasiz, Daffa Wardhana

Ichwan Persada

Sutradara/produser/penulis skenario, pernah menjadi dosen di Universitas Padjajaran dan SAE Institute, bisa dikontak via Instagram @ichwanpersada
(ita)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. SINDOnews.com tidak terlibat dalam materi konten ini.
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More