Mematikan! Jangan Sentuh 5 Hewan Ini Saat Menyelam

Jum'at, 27 September 2019 - 18:19 WIB
Mematikan! Jangan Sentuh 5 Hewan Ini Saat Menyelam
Mematikan! Jangan Sentuh 5 Hewan Ini Saat Menyelam
A A A
Bagi kamu yang punya hobi menyelam atau scuba diving, kegiatan ini bukan hanya menyenangkan tapi juga menyehatkan, lho. Tapi tetap juga harus waspada, apalagi kalo ketemu hewan-hewan tertentu.

Waktu menyelam, sembari menikmati indahnya panorama bawah laut yang menakjubkan, kamu juga bisa sekalian melepas stres. Jadi tubuh bisa lebih rileks.

Serunya menyelam salah satunya juga karena kamu bisa ketemu dengan hewan-hewan unik di bawah laut. Tapi kamu perlu banget tau, nih,
bahwa hewan-hewan yang terlihat menggemaskan tersebut, ternyata ada yang mematikan.

Nah, penasaran, kan, apa aja hewan-hewan berbahaya itu? Yuk, simak 5 ulasannya di bawah ini.

1. SIPUT KERUCUT PREDATOR

Mematikan! Jangan Sentuh 5 Hewan Ini Saat Menyelam


Hewan kecil yang biasa hidup di pesisir tropis Indo-Pasifik ini punya bentuk tubuh yang sama seperti siput pada umumnya. Tapi jangan anggap remeh siput yang satu ini.

Sebuah jurnal penelitian Journal Bioterorisme and Biodefense mengemukakan racun dari siput kerucut predator (Conus Geographus) bisa bikin kejang, tekanan pernapasan pada jantung tanpa henti, plus kelumpuhan otot.

2. GURITA CINCIN BIRU

Mematikan! Jangan Sentuh 5 Hewan Ini Saat Menyelam


Tampilan biota laut dengan bulatan mirip cincin berwarna biru terang ini memang cakep banget. Tapi kalo kamu pegang, hewan dengan nama latin hapalochlaena ini bisa mengeluarkan racun yang sanggup membunuh 26 orang dewasa cuma dalam hitungan menit!

Pernyataan itu dikeluarkan oleh para peneliti di Ocean Conservancy. Hewan yang biasanya hidup di laut dangkal pada kedalaman kurang dari 30 meter ini gampang dilihat di Australia dan Asia tenggara, termasuk Indonesia.

3. UBUR-UBUR KOTAK

Mematikan! Jangan Sentuh 5 Hewan Ini Saat Menyelam


Box jellyfish termasuk dalam hewan beracun berbahaya yang hidup di wilayah pesisir Australia sebelah Utara. Dilansir dari National Geographic, racun dari ubur-ubur kotak bisa langsung menyerang sistem saraf, jantung, dan sel-sel kulit.

Sebutan khas hewan mematikan ini yaitu tawon laut atau si penyengat laut. Lebih ngeri lagi karena hewan ini susah dilihat di dalam laut.

4. IKAN BATU

Mematikan! Jangan Sentuh 5 Hewan Ini Saat Menyelam


Ikan ini punya reputasi sebagai hewan yang jago menipu sekaligus paling beracun di dunia untuk kawasan perairan Indo-Pasifik. Menurut Journal of Occupational Medicine and Toxicology, Ikan Batu (Stonefish) punya kemampuan berkamuflase yang luar biasa. Mereka bisa berubah warna menjadi abu-abu atau belang dan mengubur diri di pasir supaya enggak kelihatan.

Selain itu, ikan ini juga punya racun yang kuat banget kalau sudah masuk ke tubuh manusia. Hewan ini akan menyuntikkan racunnya sebanding dengan tekanan yang diberikan kepadanya. Jadi jangan sampe nginjek dia, deh. Bahaya banget!

5. CACING BULU LAUT

Mematikan! Jangan Sentuh 5 Hewan Ini Saat Menyelam


Enggak cuma di darat, ternyata cacing bulu atau ulat bulu ini juga ada yang hidup di laut dan pastinya berbahaya. Berdasarkan penelitian dari Queensland Museum, cacing bulu laut (Chloeia Flava) punya warna menonjol dengan insang berwarna merah terang, berbintik ungu, serta mayoritas warna kuning pada tubuhnya.

Selain itu, cacing bulu laut juga punya bulu-bulu tembus cahaya yang cakep banget. Tapi kalo kamu pegang cacing ini, bulu-bulunya bakal menyebar ke seluruh kulit dan bisa bikin iritasi parah.

Nah, udah tahu kan hewan - hewan apa saja yang harus kamu waspadai saat menyelam. Jangan sampai menyentuh atau menginjaknya, ya. Enjoy your time but still be careful!

Vica Nurul Aini
Kontributor GenSINDO
Politeknik Negeri Jakarta
Instagram: @vicaaan
(her)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7768 seconds (0.1#10.140)