5 Teori Unik tentang Dunia Paralel

Rabu, 04 September 2019 - 19:35 WIB
5 Teori Unik tentang Dunia Paralel
5 Teori Unik tentang Dunia Paralel
A A A
Dari film "The Matrix" sampai "Spider-Man: Far From Home", cerita tentang dunia paralel selalu bikin penasaran. Beneran ada, enggak, sih?

Secara singkat dan gampangnya, dunia paralel adalah kondisi saat ada kehidupan lain yang mirip seperti kita, yang berjalan di luar planet Bumi. Dengan kata lain, ada banyak versi dari kehidupan kita.

Contoh yang paling gampang bisa kamu lihat, misalnya, dalam film "Spider-Man: Into the Spider-Verse". Di sana digambarkan, Spider-Man di Bumi sudah mati, tapi Spider-Man di dunia paralel masih hidup, tapi dengan kondisi kehidupan yang menyedihkan.

Nah, karena sampai saat ini dunia paralel masih misteri, maka banyak beredar beberapa teori soal hal ini. Berikut di antaranya.

1. DISEBUT STEPHEN HAWKING

5 Teori Unik tentang Dunia Paralel

Foto: newsweek.co

sosok fisikawan ternama, mendiang Hawking pernah menulis dalam makalah berjudul "A Smooth Exit from Eternal Inflation" bahwa kita dapat menemukan alam semesta "lain",

Dikutip dari Huffington Post, Karya ini dibuat untuk membuktikan teori multiverse mengenai alam semesta. Penelitian Hawking yang dibantu Thomas Hertog ini mengemukakan bahwa melalui radiasi latar yang berasal dari alam semesta, multiverse dapat diukur dan dibuktikan. Radiasi ini pun diklaim harus menggunakan penyidik luar angkasa yang juga memiliki sensor yang sesuai.

2. FENOMENA DEJA VU

5 Teori Unik tentang Dunia Paralel

Foto: experiments.withgoogle.com

Deja vu adalah saat kalian merasa pernah melakukan, melihat, mengalami suatu kejadian yang pada kenyataannya kalian alami sekarang. Ternyata, banyak pihak yang menyambungkan fenomena deja vu dengan dunia pararel.

Dikutip dari Quora, teorinya, deja vu terjadi karena kita dapat merasa atau mendapat potongan ingatan dari diri kita yang berada di semesta lain. Saat kita mengalami deja vu, ada indikasi kita tengah bersinggungan dengan diri kita yang lain dari semesta yang lain. Ayo coba diingat kapan terakhir kali kamu merasakan deja vu?

3. MANDELA EFFECT

5 Teori Unik tentang Dunia Paralel

Foto: britannica.com

Nelson Mandela merupakan tokoh besar Afrika Selatan, pejuang anti-apartheid (anti-rasialisme) yang bertahun-tahun dipenjara, tapi akhirnya menjadi presiden di sana pada 1994. Dia meninggal pada 2013.

Yang menarik, dikutip dari Forbes, ada sekelompok orang yang mengingat bahwa Mandela telah dibunuh di penjara pada 1980. Banyak yang beranggapan hal ini dapat terjadi karena mungkin saja orang- orang yang menganggap Mandela telah meninggal saat itu telah masuk ke dalam semesta lain, tapi berhasil keluar dan dihadapkan dengan kenyataan yang berbeda dengan apa yang mereka saksikan.

4. RENCANA MEMBUKA PORTAL DUNIA PARALEL

5 Teori Unik tentang Dunia Paralel

Foto: world2day.net

Para Ilmuan di Ridge National Laboratory mencanangkan tahun 2019 sebagai tahun manusia dapat membuka portal dunia pararel yang akan menjadi babak baru bagi peradaban manusia.

Dikutip dari National Geographic, teori ini diilhami fakta bahwa pada suatu eksperimen ada dua masa hidup neutron yang terpisah. Namun kini para ilmuwan akan mencoba eksperimen dengan menembakkan neutron pada dinding yang tak bisa ditembus.

5. FALSE MEMORY DAN MIND HACKING

5 Teori Unik tentang Dunia Paralel

Foto: original.securityintelligence.com

Psikolog kriminal Julia Shaw menggatakan bahwa ingatan berasal dari sel- sel jaringan otak yang mungkin saja melalui bagian yang berbeda di otak kita dan senantiasa berubah.

Menurut Julia, dikutip Vice, seseorang yang bukan merupakan saksi sebuah kejadian dapat ditanamkan ingatan, sehingga ia dapat menjadi seorang saksi. Tentu saja false memory serta praktik mind hacking dapat menghasilkan konsekuensi buruk dengan memberi kesaksian yang salah.

Tetapi praktik ini juga mampu menjelaskan impossible memories ,misalnya orang-orang yang bersaksi atas sesuatu yang tidak logis atau pengalaman kesehatan mental yang kini dapat dijelaskan dengan praktik tersebut.

Bulan Kamillah
Kontributor GenSINDO
Universitas Indonesia
Instagram: @bulankamill
(her)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3189 seconds (0.1#10.140)
pixels