Sering Diributkan Idol K-Pop, Bokong ada 1 atau 2? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Sering Diributkan Idol K-Pop, Bokong ada 1 atau 2? Ini Penjelasan Ilmiahnya
Perdebatan soal jumlah bokong tak pernah habis dibahas berbagai grup idol K-pop, termasuk BTS. Foto/Vlive BTS
JAKARTA - Buat kamu penggemar K-pop sejati, pasti pernah mendengar perdebatan seru nan kocak di antara berbagai grup, yaitu soal apakah kita punya satu atau dua bokong (pantat).

Perdebatan ini dimulai oleh girl group GFriend. Dalam video yang diunggah oleh kanal YouTube dingo music pada akhir tahun lalu, para member dari grup yang telah bubar itu diminta memberikan jawaban atas pertanyaan itu.

Yuju lalu menyampaikan pendapatnya bahwa bokong manusia ada dua. Alasannya, karena bokong adalah bagian dari kaki. Karena manusia punya dua kaki, maka bokong pun ada dua.

Sementara Umji tak setuju dengan argumen itu. Menurutnya, bokong sama saja dengan sarung tangan dan kaus kaki. "Mereka sepasang, satu, jadi bokong juga mestinya dihitung satu," katanya.

Sering Diributkan Idol K-Pop, Bokong ada 1 atau 2? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Foto: YouTube Dingo Music

Perdebatan panas, tapi kocak itu akhirnya berujung pada voting yang dilakukan oleh staf Dingo Music. Hasilnya, mayoritas berpendapat bahwa bokong hanya ada satu.

Baca Juga: Data TikTok: Indonesia Paling Banyak Buat Konten K-Pop, BTS dan Lisa BLACKPINK Paling Top

Tapi rupanya, perdebatan soal bokong ini tak selesai sampai di situ. Berbagai grup lainnya mulai ikut berdebat soal ini. Mulai dari Cosmic Girls, (G)I-DLE, Seventeen, GOT7, Atezz, ITZY, Astro, hingga TXT, masing-masing saling berdebat atau mengemukakan pendapat mereka tentang "isu panas" ini.

Para member TXT bahkan membahas soal bokongtersebut pada pukul satu pagi di Weverse, dan sampai membuatnya jadi trending di Naver.

Terakhir, BTS pun ikut membahasnya dalam Run BTS episode 155 yang tayang Oktober lalu. Sama seperti yang lainnya, grup terpecah dalam dua kubu. Sama seperti Umji GFriend pula, Suga mengatakan bahwa bokong memang ada dua, tapi tetap dihitung satu.

Argumen lainnya yang setuju bahwa bokong hanya ada satu adalah bahwa saat dibawa bergerak, bokong hanya bergerak ke satu arah, tidak bisa bergerak ke arah yang berlawanan seperti kaki dan tangan.

Sama pula dengan pemungutan suara yang dilakukan Dingo Music, mayoritas netizen juga beranggapan bahwa bokong manusia hanya satu.



Namun ternyata, jawaban ini salah. Menurut ilmu anatomi tubuh, bokong manusia ada dua, yaitu bokong kiri dan bokong kanan, masing-masing terhubung dengan tiap kaki.

"Bokong kanan milik kaki kanan, demikian sebaliknya," ujar dr. Erfen Gustiawan Suwangto, Sp.KKLP, SH, MH (Kes.), dokter spesialis kedokteran keluarga sekaligus pengajar Ilmu Hukum Kedokteran di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unika Atma Jaya Jakarta, saat dihubungi SINDOnews, Kamis (11/11).

Erfen juga membantah argumen bahwa bokong hanya bisa bergerak bersamaan. "Lihat atlet yang lari, apalagi kalau sprinter, bokongnya akan bergerak mengikuti gerak kaki masing-masing," kata Erfen menjelaskan.

Baca Juga: 6 Bintang yang Tak Malu Tampil 'Jelek' demi Peran dalam Drama Korea

Lebih lanjut, Erfen juga mengatakan bahwa bokong bisa bergerak sendiri-sendiri, layaknya dada. "Kalau kita lihat di film atau TikTok, kan ada orang yang bisa menggerakkan dada kiri atau kanannya saja. Bokong juga bisa begitu kalau dilatih," imbuhnya.

Masih menurut Erfen, bokong terlihat seolah-olah hanya ada satu karena kedua bokong hanya dibatasi oleh satu tulang panggul dan satu tulang sakrum di tengahnya. "Makanya seakan mereka satu kesatuan," terangnya.

Sering Diributkan Idol K-Pop, Bokong ada 1 atau 2? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Foto: Dok. dr Erfen
halaman ke-1
Share: