Mana yang Lebih Menguntungkan, Tabungan atau Investasi?

Jum'at, 09 Agustus 2019 - 17:31 WIB
Mana yang Lebih Menguntungkan, Tabungan atau Investasi?
Mana yang Lebih Menguntungkan, Tabungan atau Investasi?
A A A
Pusing gara-gara enggak punya uang alias kantong kering? Atau pusing kebanyakan uang dan nggak tau mau dikemanain?

Nah, ada beberapa alternatif yang bisa dipilih antara nabung atau investasi. Kira-kira langkah apa ya, yang bisa dipilih dan nggak bikin pusing? Kita simak yuk, pandangan dari beberapa anak muda berikut ini.

Amalia Azzahra
Jurusan Manajemen, Universitas Islam Indonesia
Kalau disuruh memilih investasi atau menabung, kita lihat dulu kebutuhan berdasarkan jangka panjang atau pendek.

Kalau investasi, uang yang masuk enggak bisa diambil semena-mena. Tapi kalau hanya sekadar untuk menabung, tentunya bisa diambil kapan aja dan cocok untuk persiapan kebutuhan jangka pendek.

Kalau melihat jangka panjang, ada baiknya investasi tetapi tetap ada nilai positif dan negatifnya.

Positifnya, kalau investor benar-benar mengerti dengan saham yang sedang dipakai, income-nya akan bagus. Negatifnya, kalau investor mengalokasikan uangnya ke akun bodong, otomatis investor akan rugi.

Sebaiknya kalau mau ingin investasi ke saham, harus lakukan riset dan hindari sikap ikut-ikutan atau mudah percaya. Kalau sudah benar-benar mengerti dan paham mengenai bentuk dari invest, lebih baik invest saja karena keuntungan yang didapatkan akan berkali lipat dari menabung.

Tetapi, kalau untuk anak muda yang masih tabu dengan invest lebih baik menabung biasa. Selagi menabung, bisa sambil belajar trading. Sejalan dengan itu, siapa tau dapat mengembangkan ilmunya tentang invest.

Mana yang Lebih Menguntungkan, Tabungan atau Investasi?


Fachriza
Jurusan Teknik Informatika, Universitas Mercu Buana Jakarta
Saya hampir mencoba investasi di beberapa perusahaan trading seperti Forex, Binomo, tetapi karena belum paham saya urungkan.

Sebagai investor pemula, kita harus tau uang yang dikeluarkan difungsikan untuk apa dan harus paham pasti mengenai saham. Jadi, tidak asal mencoba.

Terlebih kita pun harus mengetahui latar belakang dari perusahaan yang menjadi tempat investasi kita serta profit yang diterima oleh investor sebelumnya.

Kalau belum mengerti mengenai investasi lebih baik menabung, namun jika sudah mengerti, ya, investasi saja.

Ada salah satu quote yang pernah saya dengar, “Jangan mengeluarkan uang untuk hal yang belum kamu pahami.” Nah, jadi harus paham dulu jika memang benar tertarik dengan investasi, jika sudah paham boleh dicoba karena selain menguntungkan, investasi pun bisa saja rugi. Informasi mengenai investasi bisa didapatkan baik itu dari teman, medsos, maupun iklan.

Mana yang Lebih Menguntungkan, Tabungan atau Investasi?


Mega Juliyani Putri
Jurusan Manajemen, Universitas Teknologi Yogyakarta
Investasi sangat cocok dijadikan tabungan untuk anak muda, yang penting mengetahui teori investasinya agar tidak rugi.

Jika ingin terjun ke pasar modal, sebaiknya pelajari dulu ‘apa itu pasar modal?’ dan ‘bagaimana cara kerjanya di pasar modal’ supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Para investor muda tentunya akan mendapat profit yang bisa menambah uang jajan, tapi belum tahu kapan waktu yang tepat untuk menjual atau membeli karena investasi tidak dapat diramalkan secara pasti, bisa naik dan juga turun.

Mana yang Lebih Menguntungkan, Tabungan atau Investasi?


Amelia Ratna Monica
Kontributor Gen Sindo
Universitas Singaperbangsa Karawang
Instagram: @pray_note
Facebook: Amelia Ratna Monica
(her)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2645 seconds (0.1#10.140)