Bedah Makna di Balik Kostum Ikonik Serial Money Heist

Senin, 06 April 2020 - 14:00 WIB
Bedah Makna di Balik Kostum Ikonik Serial Money Heist
Bedah Makna di Balik Kostum Ikonik Serial Money Heist
A A A
Jumat (3/4) lalu, Netflix baru aja meluncurkan serial "Money Heist" atau "La Casa de Papel" season 4. Siapa, nih, yang udah selesai nonton semuanya?

Setelah menunggu sekian lama, akhirnya penonton bisa nonton lagi aksi keren Profesor dan kawan-kawannya. Serial bergenre drama dan kriminal ini merupakan serial asli asal Spanyol.

"Money Heist" bercerita tentang sekelompok perampok bertopeng yang pertama kali memulai aksi pembobolannya di Royal Mint of Spain, sebuah pabrik percetakan uang di Spanyol. Serial ini sukses memperoleh banyak pujian sejak musim pertamanya diluncurkan.

Bedah Makna di Balik Kostum Ikonik Serial Money Heist

Foto: Netflix

Nah, buat penggemar serial ini, pasti gak asing, dong, dengan jumpsuit merah dan topeng ikonik yang dipakai Tokyo, Denver, Nairobi, Helsinki, dan geng serta para sandera? Mungkin banyak yang berpikir kalau kostum tersebut hanyalah sebuah bentuk penyamaran untuk menutupi identitas mereka aja.

Eits, tapi kostum itu bukan sembarang kostum untuk penyamaran doang. Profesor, sih, menyebut kostum tersebut sebagai simbol fisik dari perlawanan terhadap sistem. We're La Resistencia!

1. TOPENG SALVADOR DALI

Bedah Makna di Balik Kostum Ikonik Serial Money Heist

Foto: Catawiki

Bentuk kumis yang ikonik dengan mata bulat terbelalak membuat topeng ini menjadi ciri khas utama dari para perampok dalam "Money Heist". Gak cuma sekadar gambar, topeng ini sebenarnya merupakan wajah seorang tokoh asli di dunia nyata. Yap! Dia adalah Salvador Dalì.

Pertanyaannya, kenapa Dalì? Kenapa gak tokoh lain aja ya?

Dalì adalah seorang seniman terkenal asal Spanyol yang mendukung gerakan Dada, sebuah gerakan protes terhadap masyarakat kapitalis modern melalui karya seni bergaya surealis yang ia ciptakan. Fokus utama Dalì dalam perlawanan terhadap sistem ini dinilai selaras dengan fokus utama para perampok dalam "Money Heist" yang selalu bertentangan dengan sistem.

Melansir dari Medium, pemeran Raquel, Itziar Ituno, menganggap bahwa topeng tersebut adalah representasi dari kegilaan Salvador Dalì. “Ketika kamu menggunakan topeng itu, kamu akan mulai melihat dunia dari sudut pandang yang berbeda. Itulah simbol kegilaan luar biasa yang Dalì miliki dalam hidupnya,” tegas Itziar.

2. JUMPSUIT MERAH

Bedah Makna di Balik Kostum Ikonik Serial Money Heist

Foto: Netflix

Setelah topeng, starter pack para perampok selanjutnya adalah jumpsuit merah bertudung. Gak cuma sekadar asal menentukan warna, jumpsuit merah yang digunakan juga ternyata punya makna di dalamnya.

Dikutip dari oprahmag.com, setelah melewati sejarah panjang revolusi-revolusi yang ada di dunia, warna merah digunakan sebagai lambang kebebasan. Selain itu, merah juga merupakan simbol banyak hal seperti cinta, kematian, dan perlawanan. Makna ini serupa dengan perjuangan yang ingin diwujudkan oleh Profesor dan kawan-kawan.

Bukan cuma sekadar di layar kaca, ketenaran "Money Heist" yang mendunia membuat kostum ikonik ini ramai pula digunakan untuk perayaan Halloween. Gak cuma sampai situ, bahkan kostum ini telah menginspirasi para demonstran untuk mengenakannya saat melakukan aksi protes politik di dunia nyata, lho. Asli, jadi serial yang berpengaruh banget!

Silmi Safriyantini
Kontributor GenSINDO
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Instagram: @silmisafr
(her)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.5209 seconds (0.1#10.140)