Selain Jinni NMIXX, Ini 7 Idol K-Pop yang Keluar dari Grup sebelum Setahun Debut

Jum'at, 09 Desember 2022 - 13:21 WIB
loading...
Selain Jinni NMIXX, Ini 7 Idol K-Pop yang Keluar dari Grup sebelum Setahun Debut
Jinni NMIXX dan sejumlah idol K-pop lain keluar dari grupnya meski belum setahun debut. Foto/JYP Entertainment
A A A
JAKARTA - Berita Jinni NMIXX yang keluar dari grup meski baru sembilan bulan debut membuat pencinta musik K-pop kaget. Pasalnya, pengumuman mundurnya Jinni ini dianggap mendadak.

Lewat pernyataan resmi JYP Entertainment pada Jumat (9/12), Jinni resmi keluar dari NMIXX dengan alasan pribadi yang tidak diungkapkan secara detail. Sebelumnya, tidak ada berita apa pun tentang Jinni yang mengindikasikan bahwa ia punya masalah, apalagi skandal.

Mundurnya idol K-pop berusia 18 tahun ini dirasa sangat menyedihkan buat NSWER, nama fandom NMIXX. Pasalnya, sebelum debut pada 22 Februari 2022, Jinni telah menjadi trainee di JYP Entertainment selama enam tahun.

Jinni sudah menjadi trainee sejak usianya 12 tahun. Ia tak hanya jago menyanyi dan nge-rap, tapi juga menari.

Meski berita keluarnya Jinni dari NMIXX mengejutkan, tapi ini bukan pertama kalinya seorang idol K-pop keluar dari grup sebelum usia grup tersebut mencapai satu tahun. Bahkan, jumlahnya lebih banyak dari yang bisa dibayangkan.

Berikut ini delapan idol K-pop yang keluar dari grupnya meski baru saja debut, dengan alasannya.

1. HyunA Wonder Girls

Selain Jinni NMIXX, Ini 7 Idol K-Pop yang Keluar dari Grup sebelum Setahun Debut

Foto: JYP Entertainment

Sebelum menjadi solois seperti sekarang, mantan kekasih Dawn ini pernah bergabung dalam dua grup, yaitu Wonder Girls dan 4Minute. Sejarah HyunA dalam dua grup ini semuanya berakhir 'tragis'.

Awalnya, HyunA debut bersama Wonder Girls pada Februari 2007 di bawah JYP Entertainment. Namun baru lima bulan debut, HyunA memutuskan keluar secara resmi.

Alasan HyunA memutuskan mundur dari Wonder Girls adalah karena ia mengidap penyakit gastritis kronis, yaitu peradangan di dinding lambung yang terjadi dalam waktu lama dan tidak diobati. Akibat penyakit ini, HyunA tak bisa melakukan promosinya dengan baik.

Dua tahun kemudian atau pada 2009, HyunA debut bersama 4Minute di bawah Cube Entertainment. Namun pada 2018, ia dipecat karena berpacaran dengan Dawn yang juga satu agensi dengannya.

Setelah itu, HyunA memutuskan menjadi solois hingga kini di bawah payung agensi milik PSY, P Nation. Meski begitu, beredar kabar bahwa HyunA akan pindah ke agensi milik Jay Park, MORE VISION. Agensi tersebut membenarkan pertemuan mereka dengan HyunA, tapi belum ada keputusan resmi dari kedua pihak.

2. Kim Garam LE SSERAFIM

Selain Jinni NMIXX, Ini 7 Idol K-Pop yang Keluar dari Grup sebelum Setahun Debut

Foto: Source Music

Berita K-pop terheboh pada tahun 2022 bisa jadi adalah tentang tuduhan aksi perisakan yang dilakukan Kim Garam dari LE SSER AFIM. Bahkan sebelum grupnya debut, Garam sudah mendapat tuduhan bermacam-macam terkait reputasinya di sekolah.

Tuduhan tersebut sudah muncul saat Garam diperkenalkan ke publik oleh Source Music, label di bawah perusahaan HYBE, pada awal April 2022. Meski reputasinya dipermasalahkan, Garam tetap bisa debut bersama LE SSERAFIM pada 2 Mei 2022.

Namun gencarnya berita perisakan yang dituduhkan kepada Garam membuat Source Music akhirnya memutuskan agar Garam hiatus. Namun pada 10 Juli 2022 atau hanya dua bulan setelah debut, Garam akhirnya resmi diputus kontraknya sebagai anggota LE SSERAFIM dan artis Source Music.

Setelah itu, Garam sempat membela diri, tapi lantas menghilang. Namun belum lama ini, beredar sebuah foto Garam, yang membuat spekulasi bahwa dirinya akan kembali ke dunia hiburan menjadi merebak.

3. Somin April

Selain Jinni NMIXX, Ini 7 Idol K-Pop yang Keluar dari Grup sebelum Setahun Debut

Foto: DSP Media

Somin kini tergabung dalam grup Kard, tapi sebelumnya ia adalah member dari April. Keduanya merupakan grup bentukan DSP Media. Somin debut bersama April pada April 2015, tapi keluar meski baru tiga bulan debut.

Saat itu, beredar rumor bahwa Somin tak suka dengan konsep girl group April yang cute. Gosip ini terasa masuk akal, karena setelah itu ia masuk dalam grup campuran Kard yang juga milik agensi yang sama tapi dengan citra yang jauh berbeda.

Kard debut pada Juli 2017 dengan lagu-lagunya yang bergenre hip hop dengan gaya reggae. Somin pun berubah citranya menjadi perempuan yang lebih tangguh. Adapun April akhirnya dibubarkan pada awal 2022.

Baca Juga: Makna 10 Lagu dari Album Indigo RM BTS, Bisa Jadi Panduan Hidup!

4. Junhyeok Day6

Selain Jinni NMIXX, Ini 7 Idol K-Pop yang Keluar dari Grup sebelum Setahun Debut

Foto: JYP Entertainment

Junhyeok debut bersama band Day6 pada 2015 sebagai vokalis dan pemain keyboard. Namun baru lima bulan bergabung, ia memutuskan keluar dari band tersebut dengan alasan pribadi.

Meski tak dijelaskan alasannya secara detail, tapi rumor beredar bahwa Junhyeok keluar karena ia berpacaran dengan penggemarnya. Sementara saat itu, JYP Entertainment disebutkan punya aturan bahwa seorang idol dilarang berkencan selama tiga tahun setelah debut.

Pada Oktober 2015, ia bergabung dalam band Be-Blossom, tapi keluar pada Maret 2017. Pada tahun yang sama tersebut, saat tampil dalam reality show KBS The Unit, ia mengatakan bahwa dirinya keluar dari Day6 karena merasa dirinya bisa membuat citra grup buruk karena kontroversi yang melibatkannya.

5. Jisun dan Jiin Girl's Day

Selain Jinni NMIXX, Ini 7 Idol K-Pop yang Keluar dari Grup sebelum Setahun Debut

Foto:Dream T Entertainment

Girl's Day debut pada 2010, tapi Jiin dan Jisun memutuskan keluar setelah dua bulan debut dengan alasan ingin mengembangkan kariernya.

Jiin keluar karena ingin menjadi aktris. Namun ia malah kembali bergabung dengan girl group Bebop meski akhirnya keluar.

Kini ia tetap menjadi penyanyi, meski berganti menjadi genre trot. Penyanyi bernama asli Lee Jiin itu kini menyandang nama Jang Hyeri.

Adapun Jisun setelah keluar sempat menjadi member grup New F.O pada 2011, tapi grup ini langsung dibubarkan tak lama setelah debut. Ia lalu bergabung bersama S#aFLA pada 2018, tapi grupnya kembali dibubarkan pada 2019.

Pada 29 Mei 2022, ia resmi menikah dengan member boy group U-Kiss, Hoon.

Baca Juga: Aktor Korea Beken yang Ternyata Bukan Warga Negara Korea Selatan

6. Suenghee DIA

Selain Jinni NMIXX, Ini 7 Idol K-Pop yang Keluar dari Grup sebelum Setahun Debut

Foto: MBK Entertainment

Suenghee DIA debut bersama grupnya pada September 2015, tapi tujuh bulan kemudian dia memutuskan keluar dengan alasan ingin mengejar karier dalam dunia akting. Sebelumnya, ia pernah bergabung dalam grup F-ve Dolls pada 2010, yang bubar empat tahun kemudian.

Kini, Suenghee berganti nama menjadi Cho Yi-hyun, dan sudah bermain dalam beberapa drama antara lain Mr. Back, Triangle, dan The Producers.
(ita)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1186 seconds (0.1#10.140)