Makna 10 Lagu dari Album Indigo RM BTS, Bisa Jadi Panduan Hidup!

Selasa, 06 Desember 2022 - 12:52 WIB
loading...
A A A
Di luar itu, All Day juga berisi gambaran kehidupan sosial di tengah masyarakat, saat algoritma dan hal-hal yang populer di internet bisa sangat mempengaruhi pemikiran kita. "Algoritma membuat kita sulit mendengar suara kita sendiri," ujarnya.

Adapun dalam liriknya, Tablo dan RM juga memasukkan penggalan lirik dari lagu Fly milik Epik High, yaitu bagian "We know we fly all day". Juga lirik "We got Dynamite in our DNA" yang menggabungkan judul lagu Dynamite dan DNA milik BTS.

Baca Juga: 5 Album BTS yang Mendapat Daesang Sepanjang Sejarah MAMA Awards

4. Forg_tful



Lagu folk ini menjadi bagian kedua dari kronologi album Indigo, karena RM membagi albumnya menjadi lagu 1,2,3, lalu lagu 4,5,6 selanjutnya 7 dan 8 serta terakhir lagu ke-9 dan ke-10.

Forg_tful memberikan lirik yang lugas tentang RM yang sangat pelupa. Ini membuatnya sering merasa bersalah pada teman-temannya. Yang menarik, judul lagunya sengaja menghilangkan huruf "e" karena kebiasaan pelupa RM.

5. Closer



Lagu Closer dibawakan bersama penyanyi, penulis lagu, dan produser Korea yang bermukim di Kanada, Paul Blanco, juga penyanyi Jamaika-Inggris Mahalia. Ini adalah lagu saat dua orang merasa saling tertarik, tapi hubungan mereka tak bisa berlanjut lebih jauh lagi karena suatu hal.

Lirik "stay where you are" ("diam saja di tempatmu berada") yang dinyanyikan berulang-ulang oleh RM terasa pilu, menggambarkan kesadaran bahwa jika hubungan mereka menjadi lebih dekat, ini akan merepotkan bagi kedua belah pihak. Lirik sedih ini terasa kontras dengan musiknya yang upbeat.

6. Change pt.2



RM pernah membuat lagu Change bersama Wale, tapi lagu ini tak ada hubungannya sama sekali dengan yang masuk dalam album Indigo. Lagu yang dinyanyikannya seorang diri ini sangat menarik secara genre, karena dimulai sebagai lagu rock, tapi lantas berubah di tengah-tengah lagu menjadi bernuansa jazz.

Yang juga menarik, vokal RM dalam lagu ini sebenarnya hanyalah versi demo guide saja, serta direkam saat kondisi dirinya tengah mabuk. Saat komposisi lagu sudah jadi 100 persen, RM mengaku tak bisa mendapatkan rekaman suara dengan atmosfer sesuai keinginannya. Ia pun akhirnya memilih memakai rekaman suara saat mabuk itu.

Meski begitu, vokal RM di sini justru sesuai dengan lirik yang dinyanyikannya, tentang rasa putus asa tapi juga pasrah bahwa manusia berubah, teman-teman kita berubah, hidup berubah, bahkan diri kita pun ikut berubah.

7. Lonely



Ini lagu yang dinyanyikan RM seorang diri, persis seperti judul lagunya. Lagu tentang perasaan sepi di tempat yang asing ini muncul saat RM merasa sangat bosan tinggal di hotel di Las Vegas untuk tur mereka pada April 2022 lalu.

Saat itu, kondisi pandemi memang masih cukup kuat, membuat mereka tak bisa pergi keluar hotel. Ini membuatnya merindukan teman-temannya yang jauh di Korea. Secara keseluruhan, RM memang tak suka berdiam lama di kamar hotel, dan ia ingin perasaan itu bisa terekam dalam abum ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1941 seconds (0.1#10.140)