5 Album BTS yang Mendapat Daesang Sepanjang Sejarah MAMA Awards

5 Album BTS yang Mendapat Daesang Sepanjang Sejarah MAMA Awards
BTS sejauh ini telah mendapatkan lima piala daesang untuk Album of the Year MAMA Awards sepanjang masa. Foto/BigHit Music
JAKARTA - Daesang atau yang berarti penghargaan utama dalam ajang MAMA Awards (dulu bernama Mnet Asian Music Awards), menjadi salah satu torehan membanggakan bagi artis maupun grup musik di Korea Selatan.

Ada empat penghargaan dalam MAMA Awards yang masuk kategori daesang, yaitu Artist of the Year,Album of the Year,Song of the Year, dan Worldwide Icon of the Year. Yang disebut terakhir baru diberikan sejak 2018.

Dalam hal peraihan daesang, BTS menjadi yang terbanyak mendapatkannya dalam sejarah MAMA Awards, yaitu hingga 20 buah. Adapun untuk kategori Album of the Year, BTS sudah meraihnya sebanyak lima kali. Sebelumnya, ada EXO yang sudah mencatat rekor yang sama, yaitu pada 2013-2017.

Perlu diketahui, kriteria untuk memenangkan Album of the Year MAMA Awards adalah 60% penjualan album fisik dan 40% suara dari para juri.

Berikut ini lima album BTS yang mendapatkan daesang sepanjang sejarah MAMA Awards.

1. Love Yourself: Tear - 2018

5 Album BTS yang Mendapat Daesang Sepanjang Sejarah MAMA Awards

Foto: BigHit Music

Bisa dibilang, tahun 2018 merupakan tahun BTS mulai menampakkan popularitasnya sejak terbentuk pada 2013. Ini merupakan perjalanan yang panjang hingga mereka mendapat penghargaan tersebut.

Pada ajang MAMA yang diselenggarakan di Hong Kong tersebut, BTS berhasil menyabet daesang untuk Album of the Year, dan ini merupakan pertama kalinya mereka mendapat penghargaan tersebut.

Saat menerima Album of the Year, leader BTS RM pertama kali mengatakan dia ingin memberikan kehormatan penghargaan tersebut kepada semua ARMY yang menonton di seluruh dunia. Adapun dari album ini lahir lagu hit seperti Fake Love dan Magic Shop.

2. Map of the Soul: Persona - 2019

5 Album BTS yang Mendapat Daesang Sepanjang Sejarah MAMA Awards

Foto: BigHit Music

Tahun berikutnya, BTS semakin menggila dengan menyapu bersih seluruh kategori daesang yang ada. Mulai dari Artist of the Year, Album of the Year, Song of the Year untuk lagu Boy With Luv, hingga Worldwide Icon of the Year.

Selain itu mereka memenangkan Best Male Group, Qoo10 Favorite Male Artist, Best Music Video, dan Best Dance Performance Male Group. Bisa dibilang, tahun 2019 menjadi awal popularitas BTS yang sangat sulit ditandingi artis mana pun di Korea Selatan.

Baca Juga: 7 Variety Show Pribadi dari Idol K-Pop, Terbaru Suga BTS

3. Map of the Soul: 7 - 2020


5 Album BTS yang Mendapat Daesang Sepanjang Sejarah MAMA Awards

Foto: BigHit Music

Pada tahun berikutnya BTS kembali melakukan hal yang sama, memborong seluruh piala daesang.Mulai dari Artist of the Year, Album of the Year, Song of the Year untuk lagu Dynamite, dan Worldwide Icon of the Year.

Kemudian mereka juga menang dalam nominasi Best Male Group, dan Best Music Video.

4. BE - 2021
halaman ke-1
Share: